5 Wisata Keluarga di Jogja, Cocok Untuk Weekend

3 min read

wisata keluarga di jogja
0
()

Wisata Keluarga di Jogja – Kira-kira kapan ya terakhir liburan bareng keluarga?

Weekend adalah waktu yang tepat untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Lupakan masalah pekerjaan sejenak dan ajaklah keluargamu berlibur sebentar. Ngomong-ngomong masalah liburan, ada tempat menarik yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Jogja.

Yaps, Yogyakarta. Kota sejarah yang selalu bikin rindu. Meskipun sudah berulang kali kesana, rasanya tak akan bosan jika terus mengulanginya lagi.

Kota ini sangat cocok untuk liburan bareng keluarga, okers. Wisata-wisata disana dapat menambah wawasan si kecil dan pemandangannya juga indah. Selain itu, okers juga dapat berbelanja dengan harga yang murah sekali. Apalagi jajanan khasnya, mantab jiwa pastinya.

Nah okeylah akan merekomendasikan beberapa tempat wisata di Jogja yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga nih. Supaya okers tidak bingung berkunjung kemana saja ketika sampai di Jogja.

1.    Candi Prambanan

Tempat wisata keluarga di Jogja yang pertama direkomendasikan adalah Candi Pranbanan yang terletak di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No. 16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DIY 55571 dengan jam bua pukul 06.00 s.d 17.00 setiap harinya.

wisata keluarga di Jogjavisitingjogja

Candi yang menyajikan ornamen-ornamen yang mengangumkan. Sebenarnya ada sekitar 240 candi dengan berbagai ukuran. Sekitar 18 Candi yang memiliki tinggi yang sama yaitu 47 meter, 1 candi berbentuk patung putri kerajaan, dan sisanya candi berukuran kecil. Ditambah lagi relief yang menghiasi seluruh candi.

Keindahan candi ini hingga mendapat penghargaan sebagai candi terindah di Asia Tenggara. Halaman candi yang ditumbuhi rumput-rumput menambah keelokkannya. Okers sekeluarga dapat menikmati candi sembari duduk di halaman. Harga masuk wisata ini sangat murah  Rp. 50.000 untuk dewasa dan Rp. 25.000 untuk anak anak.

2.    Taman Pintar

Taman ini memiliki banyak sekali wahana yang berwawasan. Wahana diwisata ini didukung oleh teknologi interakti digital sehingga anak mampu mengolah edukasi melalui imajinasinya sendiri. Wahana disini memiliki 5 zona dengan 3.500 alat peraga permainan edukatif: zona gedung oval, zona planetarium, zona play ground, zona wahana bahari, zona lalu lintas dan ada tambahan wahana program kreatifitas.

wisata keluarga di Jogjagudeg.net

Setelah puas beredukasi dengan berbagai alat peraga di setiap zona yang ada, okers dapat menikmati fasilitas rest area seperti food court dan shopping center. Tak perlu jauh-jauh keluar dari wisata ini jika okers ingin beribadah (Sholat) karena wisata ini juga menyediakan musholla beserta toilet.

Sangat mudah untuk menemukan wisata ini karena terletak di Jl. Panembahan, Senopati, No. 1-3, Yogyakarta, 55112 dan berjarak 500 meter dari pusat kota. Sehingga okers dapat berjalan kaki dari pusat kota. Harga masuk wisata ini sangat murah sekali Rp. 20.000 untuk dewasa dan Rp. 12.000 untuk anak anak. Sedangkan untuk tiket masuk ke wahananya:

  • Zona pelatihan robotik : Rp. 50.000 per orang
  • Zona planetarium : Rp. 22.000 per orang
  • Zona oval – kotak : Rp. 12.000 (anak-anak) dan Rp. 20.000 (dewasa)
  • Zona theater 3D : Rp. 20.000 per orang
  • Zona dino adventure : Rp. 20.000 per orang
  • Zona broadcasting presenter TV : Rp. 15.000 per orang
  • Zona theater 4D : Rp. 15.000 per orang
  • Zona kreasi batik : Rp. 13.000 per orang
  • Zona hand on science : Rp. 10.000 per orang
  • Zona lalu lintas : Rp. 12.000 per orang
  • Zona wisata bahari : Rp. 4.000 per orang

Okers dapat mengunjungi wisata ini pad hari selasa hingga minggu pukul 08.00 hingga 16.15. jangan datang selagi hai senin, wisata ini tutup pada hari senin. Anda dapat mengunjungi website www.tamanpintar.com untuk mendapatkan infomasi lebih lanjut.

Baca juga : Wisata dekat dengan Malioboro

3.    De Arca Museum

De Arca Museum adalah museum patung pertama yang ada di Indonesia, museum ini terletak di XR Square, Jl. Veteran Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY 55161 yang merupakan museum terbesar didunia. Sebenarnya De Arca adalah salah satu dari 3 museum di XR Square. Keduanya yaitu De Mata dan D’Walik yang sama sama menyajikan wisata berwawasan dan spot foto yang keren.

wisata keluarga di Jogjaeksotisjogja

Wisata ini menyediakan beberapa zona yaitu zona tokoh national, zona presiden dunia, dan zona tokoh dunia. Sehingga okers dapat berfoto bersama pahlawan dan tokoh dunia tanpa perlu bingung. Hal ini juga akan mengajarkan kepada anak-anak untuk mengetahui secara visual siapa-siapa saja yang berperan untuk membuat dunia lebih baik lagi. Selain itu anak juga dapat beredukasi tentang tokoh nasional hingga presiden-presiden dunia.

Koleksi patung di museum ini juga memiliki skala 1:1 yang terbuat dari resin atau getah dari beberapa tumbuhan tertentu dan sudah disesuaikan dengan iklim di Kota Jogja.

Harga tiket masuk museum ini sangat murah sekali untuk mendapatkan fasilitas yang keren:

  • Senin – Jum’at pukul 10.00 s.d 15.00 : Rp. 35.000 per orang
  • Senin – Jum;at pukul 15.00 s.d 20.00 : Rp. 50.000 per orang
  • Sabtu – Minggu pukul 10.00 s.d 22.00 : Rp. 60.000 per orang

Okers dapat mengunjungi museum ini mulai pukul 10.00 s.d 22.00 setiap harinya, tetapi dengan harga tiket masuk yang berbeda.

4.    Kampung Dolanan

Seperti namanya, wisata ini terletak di Desa Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, DIY 55188 menyediakan wisata dolanan jamn dahulu kala. Sangat cocok bukan untuk menambah wawasan anak tentang permainan tradisional jaman dulu. Selain itu okers juga dapat bernostalgia tentang masa kecil.

Tak hanya tempat wisata namun kampung ini anak-anak dapat belajar langsung bagaimana membuat permainan tradisional seperti othok-othok, kitiran, wayang kertas, manukan, angkrek dan masih banyak lagi.

wisata keluarga di Jogjafatkhur.id

Terdapat pula alat-alat musik gamelan, dimana anak anak dapat belajar memainkan musik tradisional ini ditambah dengan guru seni yang membimbing anak-anak. Terlebih lagi ada kawasan outbond dan track yang pastinya seru untuk dimainkan.

Oker juga dapat membawa pulang permainan tradisional yang dibuat sendiri yang dikenakan biaya Rp. 2.500 s.d Rp. 25.000 tergantung dengan jenis dan bahan yang digunakan. Okers dapat mengunjungi tempat wisata ini mulai jam 09.00 s.d 17.00 setiap harinya. Untuk tiket masuknya sendiri okers tidak akan dikenakan biaya namun okers harus tetap menjaga kesopanan dan tata karma ya.

Bca juga : Tempat Nongkrong Malam di Bali

5.    Pantai Parangtritis

Rekomendasi tempat wisata keluarga di Jogja adalah Pantai Parangtritis yang memiliki pemandangan sunset teromantis di Jogja. Setelah lelah mengunjungi tempat-tempat wisata sebelumnya. Okers sekeluarga dapat merelaksasikan tubuh dan pikiran dengan melihat sunset di pantai ini.

Tenang saja. Tak perlu khawatir tutup, karena wisata ini buka setiap hari 24 jam nonstop. Sehingga okers dapat menikmati gemuruh ombak pantai hingga malam hari ditemani dengan temaram kedai-kedai yang menyajikan makanan di tepi pantai.

wisata keluarga di Jogjamuh-amin.com

Pantai ini juga menyediakan aktivitas berkuda di pinggir pantai. Bendi namanya. Okers hanya dikenakan biaya sekitar Rp. 100.000 sekeluarga. Permainan lainnya adalah penyewaan ATV mulai dari Rp. 50.000 sepuasnya.

Letaknya cukup dekat dengan pusat kota sekitar 30 km atau sekitar 1 jam perjalanan, tepatnya di Jl. Parangtritis Km. 28 Parangtritis Yogyakarta Indonesia 55188

Baca juga : Villa murah di Bali dengan kolam renang pribadi

So, bagiamana okers?

Mantul kan rekomendasi wisata keluarga di Jogja ala Okeylah.

Siap liburan dengan keluarga ke kota penuh sejarah ini. Pastinya okers sudah memasukkan ke list travelling bukan. Nah kalau begitu, sekian dulu dari Okeylah. Sampai bertemu di postingan selanjutnya. Selalu kunjungi blog Okeylah.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan tempat wisata lainnya.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!