5 Wisata Dekat Malioboro dengan Rute Terdekat dan Terjangkau

3 min read

Wisata Dekat dengan Malioboro
0
()

Wisata Dekat dengan Malioboro – Kota kecil dengan sejuta keromantisan, Yogyakarta. Kota ini memiliki ikon khas, tugu Yogyakarta yang terletak dekat di Jl. Malioboro. Malioboro salah satu jalan yang terkenal di Yogyakarta. Selain dapar berbelanja di pasar yang ada di pinggir jalan Malioboro, masyarakat dapat berfoto-foto ria.

Terdapat beberapa spot foto yang ada di jalan ini. Seperti kursi-kursi yang terletak di depan toko-toko dan terdapat juga beberapa tulisan seperti “Yogyakarta terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan” serta beberapa tulisan lainnya yang terletak di Jl. Malioboro.

Selesai menikmati berbelanja dan foto-foto di Malioboro, bingung mau kemana lagi okers?

Nah, okeylah akan merekomendasikan beberapa tempat wisata dekat dengan Malioboro. Tentunya rutenya mudah dilewati apalagi untuk okers yang datang ke Yogyakarta backpakeran atau membawa keluarga.

1.    Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah rekomendasi tempat wisata pertama dari Okeylah. Kenapa? Alasannya sangat jelas, meskipun keraton ini menjadi tempat wisata tetapi tempat ini juga masih menjadi rumah tinggal untuk Sultan Hamengku Buwono.

Keraton yang memiliki luas tanah kurang lebih 1,5 km2 dan terbagi menjadi delapan komplek bangunan dengan nama khas Jawa. Keraton ini memiliki desain arsitektur budaya Eropa dipadukan dengan budaya Jawa, sehingga menampilkan kemewahan dan kemegahan bangunan.

Wisata Dekat dengan MalioboroIDN Times Jogja

Delapan komplek bangunan tersebut ada beberapa yang tidak boleh dikunjungi oleh masyarakat dan hanya penghuni keraton saja yang diperbolehkan. Keraton ini memamerkan sejarah yang dibingkai apik, lukisan-lukisan bersejarah, benda-benda pusaka khas Yogyakarta, perangkat music jawa (gamelan), kereta-kereta kencana yang dipakai jaman dahulu kala. S

Selain pameran tersebut, keraton ini juga memamerkan pagelaran seni setiap harinya pada jam 09.30. Pada hari senin, selasa, rabu terdapat pertunjukan seni wayang golek. Pada kamisnya ada pertunjukan tari. Jum’at pagelaran suka macapat. Sabtu terdapat pagelaran wayang kulit dan minggunya ada pertunjukan tari.

Harga tiket masuk wisata ini sangat murah hanya Rp. 7.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 15.000 untuk wisatawan asing. Okers dapat menemukan wisata ini di Jl. Rotowijayan Blok No. 01, Panembahan, Kec. Kraton, Yogyakarta, DIY No. Telp: (0274) 373721 dengan jam buka untuk wisata ini mulai pukul 08.00 s.d 14.00 setiap harinya dan pada hari jum’at pukul 08.00 s.d 12.00

2.    Benteng Museum Vredeburg

Benteng Vredeburg ini didirikan sekitar tahun 1760 an oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda yang tujuan awalnya untuk menjaga keamanan keraton Yogyakarta dan sekitarnya namun beralih menjadi memumdahkan Belanda untuk mengkontrol perkembangan yang ada di dalam keraton.

Museum ini memiliki empat macam koleksi yang pertama koleksi bangunannya, koleksi realia yang berfungsi untuk bahan ajar pengunjung yang datang tentang benda material yang dulunya digunakan saat peristiwa sejarah seperti senjata perang, alat-alat rumah tangga, pakaian, alat-alat dapur da masih banyak lagi.

Wisata Dekat dengan Malioboroalodiatour.com

Sedangkan koleksi selanjutnya adalah koleksi foto, replika, lukisan, miniatur yang menunjukkan keadaan jaman dahulu di sekitar benteng ini. Terakhir adalah koleksi diorama yang menggambarkan peristiwa sejarah, peristiwa kemerdekaan, dan peristiwa penting lainnya.

Sangat mudah menemukan lokasi wisata ini, berada di sebelah selatan Jl. Malioboro berjarak sekitar 1 km saja namun lebih tepatnya di Jl. Margo Mulyo No. 06, Ngupasan, gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY dengan jam buka mulai 07.30 s.d 16.00 setiap harinya. Harga tiket masuknya sangat terjangkau sekali hanya Rp. 3000 s.d Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 10.000 untuk wisatawan asing. Ketahui info selanjutnya melalui No. Telp (0274) 586934 atau di www.vredeburg.id

Baca juga : Daftar Pusat Oleh-Oleh di Bali

3.    Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Terletak disebelah Jl. Malioboro berjakark 500 km, tepatnya di Jl. Pengurakan No. 1, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122 yang buka setiap harinya 24 jam nonstop. Konon katanya tempat ini menjadi denyut nadi Kota Yogyakarta dan awal dimulainya segala kisah tentang kota ini. Pasalnya tempat ini dekat dengan beberapa kawasan penting seperti gedung bank Indonesia dan gedung kantor pos.

Wisata Dekat dengan MalioboroTravellingyuk.com

 Tempat ini tak pernah sepi pengunjung karena menjadi pusat kota dan jalan utama kota. Pepohonan yang rindang dipadukan dengan bangku-bangku taman yang unik menampak epic tempat wisata ini. Suasana semakin indah kala menuju petang, banyak aneka pemusik seperti keroncong, akustik dan pemusik lainnya.

Tak hanya itu tempat ini sangat cocok digunakan untuk menonton karnaval dan pawai budaya tingkat daerah hingga tingkat insternasional yang diselenggarakan setiap tahunnya. Okers tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis.

Baca juga : Tempat Makan Enak di Semarang

4.    Tugu Yogyakarta

Rasanya belum lengkap jika datang ke Yogyakarta tetapi tidak mengunjungi ikon satu ini. Tugu ini tidak pernah sepi penghujung. Jika ingin mendapatkan foto yang bagus sebaiknya datang pada dini hari. Jalanan yang mulai sepi akan mendukung foto-foto okers.

Tugu bersejarah ini didirikan sejak tahun 1755 yang bertujuan menggambarkan “Manunggaling Kawula Gusti” yang memiliki arti persatuan antar rakyat dan pemimpin untuk satu tujuan bersama. Tugu ini sempat runtuh dikarenakan bencana alam namun akhirnya dibangun kembali dengan bentuk yang sedikit berbeda.

Wisata Dekat dengan MalioboroIklan Jogja

Letak tugu yang sangat strategis dan terhubung dengan titik nol kilometer Yogyakarta. Tepatnya berada di Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DIY 55233 yang juga dekat dengan hotel dan tempat makan. Tiket masuknya okers tidak dikenakan biaya tetapi terdapat biaya parkir Rp. 2.000 s.d Rp. 5.000 per kendaraan.

Suasana Yogyakarta akan semakin semarak kala menuju pagi, matahari akan terbit dibalik tugu ini. Menyingsing perlahan sehingga membentuk semburat biru nan indah. Menambah semangat pagi ketika melewati tugu ini.

5.    Pasar Beringharjo

Rekomendasi terakhir adalah pasar yang terletak 1 km dari Malioboro tepatnya di Jl. Margo Mulyo No. 06, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122. Pasar yang berdiri tahun 1758 kemudian direnovasi oleh Sultan Hamengku Buwono IIIX pada tahun 1925 supaya menjadi pasar yang permanen dan lebih tertata rapi.

Pasar ini buka pada pukul 08.30 s.d 21.00 setiap harinya. Banyak sekali barang yang dijual dipasar ini salah satu yang terkenal adalah kain batiknya yang khas. Batik yang dijual hasil karya sendiri dengan cara yang masih tradisional.

Wisata Dekat dengan MalioboroGo Trip Indonesia

Jangan khawatir okers. Pasar ini tak hanya menjual kain batik saja, ada lagi seperti tas dari rotan dan anyaman bambu, pakaian wanita, pria, dan anak anak, aksesoris, angklung sampai sayur mayur. Salah satu pasar yang lengkap di Yogyakarta.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah dan masih bisa dinegosiasikan seperti tas kain dengan berbagai warna hanya dibandrol Rp. 30.000 s.d  45.000, travel bag mulai Rp. 55.000 s.d Rp. 75.000, kaos dengan gambar pewayangan mulai Rp. 35.000 s.d Rp. 45.000, pakaian dewasa hanya Rp. 75.000, dan untuk kain batik cap halus mulai Rp. 150.000 per lembar.

Tak hanya pakaian, pasar ini juga menyediakan oleh-oleh khas Yogyakarta yaitu bakpia patok yang dibandrol dengan harga Rp. 25.000 per kotaknya. Harga yang ditawarkan cukup variatif, okers harus tawar menawar dengan teliti dan tentunya saling menguntungkan.

Baca juga : Mie Ongklok Wonosobo

Nah okers bagaimana tempat wisata dekat dengan Malioboro? Tentunya anda langsung mencari jadwal kapan harus mengunjungi tempat-tempat yang direkomendasikan bukan. Sampai bertemu di postingan selanjutnya, okers. Selalu kunjungi blog Okeylah.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan tempat wisata lainnya.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!