Home » Jalan Bareng » Urutan Film Harry Potter [Terlengkap] : 8 Kisah Ajaib

Urutan Film Harry Potter [Terlengkap] : 8 Kisah Ajaib

by Silvera Riduan
urutan film harry potter

Urutan Film Harry Potter Lengkap Dari Awal Sampai Akhir

Urutan Film Harry Potter – Bagi okers pecinta film fantasi pastinya sudah tidak asing lagi dengan film Harry Potter. Film yang secara keseluruhan menceritakan petualangan anak muda di dunia sihir. Film ini memiliki delapan series dimana setiap seriesnya menguak satu per satu hal tentang Harry potter dan Voldermort.

Nah, kali ini Okeylah akan mengulas satu per satu series Harry Potter mulai dari urutan rilis film pertama hingga film terakhir. Simak penjelasan lebih lanjut urutan film Harry Potter.

1. Harry Potter and Sorcerer’s Stone ( 2001 )

IMDb 7.6/10 Rotten Tomatoes 81 % 

Film yang rilis pada akhir tahun 2001 ini disutradarai oleh Chris Columbus. Diadaptasi dari novel best seller karya J.K.Rowling ini menceritakan tentang seorang pemuda yang baru berusia 11 tahun bernama, Harry Potter. Setelah ulang tahunnya ke 11 tahun, pemuda ini mendapatkan undangan dari sekolah sihir di Hogwarts.

urutan film harry potter

Disinilah pertarungannya dengan Lord Voldemort bermula. Lord Voldemort yang merupakah raja kejahatan dan berhasil membunuh kedua orang tua Harry Potter. Dia juga berusaha membunuh Harry, sayangnya gagal dan menyisakan goresan petir di dahinya.

Kedua kalinya dia berusaha membunuh Harry Potter dengan merasuki tubuh guru baru di sekolah tersebut. Kali ini tak hanya mengincar Harry Potter namun juga batu ajaib yang dijaga oleh kepala sekolah.

Baca Juga : Film Fantasi Terbaik

Seperti yang dilihat film series pertama ini menduduki film ketiga terlaris sepanjang masa setelah Titanic dan The Lord of The Ring. Film ini juga berhasil masuk dalam tiga nominasi Oscar 2002. Tak hanya itu film ini mendapatkan tanggapan positif dari penonton, berdasarkan Rotten Tomatoes memperoleh skor 81% dan berdasarkan IMDb memperoleh rating 7,6/10

2. Harry Potter and The Chamber of Secrets ( 2002 ) 

IMDb 7.4/10 Rotten Tomatoes 83 % 

Film series kedua yang dibintai oleh Daniel Radcliffe as Harry Potter ini menceritakan tentang tahun kedua Harry Potter berada di sekolah sihir tersebut. Namun lagi-lagi bahaya mengancamnya. Dia mendapatkan peringatan bahwa Hogwarts dalam zona bahaya dan tidak aman lagi.

urutan film harry potter

Serangan-serangan kepada siswa terus terjadi seperti kejadian misteri dan raungan suara. Harry potter berusaha mencari dan menyelidiki penyebab kejadian aneh dan misterius yang terjadi. Namun justru Harry menemukan kamar rahasia yang berada di toilet tempat Myrtle Merana berada. Tak hanya itu Harry juga menemukan jelmaan Lord Voldemort dari horcruxnya.

Film series kedua ini masih di sutradara oleh orang yang sama. Tayang pada akhir tahun 2002 lantas tak membuat rating film ini turun. Justru semakin naik, dilansir dari beberapa sumber salah satunya Rotter Tomatoes memperoleh 83%. Memperoleh nilai A+ di poling CinemaScore dan menempati peringkat pertama di box office selama penanyangan.

3. Harry Potter and The Prisoner Of Azkaban (2004)

IMDb 7.9/10 Rotten Tomatoes 90 % 

Film berdurasi 142 menit ini merupakan series ketiga dari film Harry potter. Harry Potter and The Prisoner Of Azkaban ini menceritakan tentang kelanjutan dua series film sebelumnya namun film ini lebih berfokus pada kehidupan pribadi dan keluarga Harry.

Baca Juga : Film Animasi Terbaik

urutan film harry potter

Dikisahkah film ini adalah tahun ketiga Harry Potter di Hogwarts, bermula dari tahanan yang diduga adalah anak buah Voldemort bernama Sirius Black. Black berhasil kabur dari tahanan terketat yang ada di dunia. Dilansir kaburnya Black untuk mencari Harry dan membunuhnya.

Black berhasil menemukan Harry di sebuah pondok rahasia. Disana Harry menemukan kebenaran atas kedua orang tuanya, keluarganya, teman-teman sekolah ayahnya dahulu, Voldemort dan Sirius Black.

Film yang rilis pertengahan tahun 2004 ini lagi-lagi menyita perhatian masyarakat. Memperoleh rating yang lebih tinggi dari sebelumnya berdasarkan website seperti Rotten Tomatoes hingga 90% sementara di IMDb hingga 7,9/10 serta di box office lagi-lagi menempati posisi pertama saat penayangannya.

BACA JUGA :  7 Tempat Wisata Anak di Kota Bogor – Liburan Sambil Belajar

4. Harry Potter and the Goblet of Fire (2005)

IMDb 7.7/10 Rotten Tomatoes 88 % 

Tak hanya diperankan oleh Daniel Radcliffe sebagai Harry Potter namun juga beberapa artis muda lainnya seperti Rupert Grint, Emma Watson, Michael Gambon dan artis berbakat lainnya. Sekali lagi film ini mampu menyita perhatian penonton dan penggemar film fantasi.

urutan film harry potter

Di film yang rilis pada akhir tahun 2005 ini menceritakan tentang turnamen ‘Quidditch World Cup’ dengan taruhan yaitu kedamaian bumi di Hogwarts. Harry datang bersama dua orang sahabatnya. Jika Harry sampai kalah di turnamen ini secara otomatis Voldemort akan menguasai Hogwarts dengan kekuatannya.

Konflik semakin memanas saat Harry terjebak di sebuah turnamen antar sekolah penyihir, Triwizard. Dia harus bertahan dan mengalahkan lawannya dari Beauxbatons Academy dan Durmstrang Institute. Dua lawannya tersebut lebih unggul dan terkenal licik. Mereka akan melakukan segala cara untuk memenangkan piala api.

Film yang dilansir dari beberapa website ini memperoleh rating sedikit menurun dari film sebelumnya, berdasarkan Rotten Tomatoes memperoleh 88% dan IMDb memperoleh 7,7/10. Meskipun demikian film ini masih menduduki posisi pertama di box office selama penayangan.

Baca Juga : Film Lucu Indonesia

5. Harry Potter and The Order of The Phoenix (2007)

IMDb 7.5/10 Rotten Tomatoes 78 % 

Film yang tayang pada pertengahan 2007 ini adalah series kelima dari film Harry Potter, seorang pemuda yang bersekolah di Hogwarts. Sekali lagi film ini menarik perhatian pecinta film fantasi ditunjukkan dari rating yang diperoleh 7,5/10 berdasarkan IMDb dan 78% berdasarkan Rotten Tomatoes.

urutan film harry potter

Dikisahkan Harry sudah menginjak tahun kelima disekolahnya. Kenyataan bahwa Voldemort telah kembali tidak dipercaya termasuk kementrian sihir sendiri. Bahkan Harry dan Dumbledore disangka berbohong dan menyebarkan berita hoax. Akan tetapi itu justru tidak membuat mental mereka lemah.

Orde Phoenix adalah satu kelompok rahasia yang didirikan oleh Dumbledore dan mempercayai kalau Voldemort telah kembali. Adanya tidakan kampanye negatif di Koran Daily Prophet membuat gerak-gerik mereka dilakukan secara rahasia. Hal ini untuk menghindari kecurigaan kementrian. Mereka mengawasi Harry siang dan malam, hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan Harry.

Harry sempat mendatangi persidangan karena menggunakan sihir kepada Dudley. Terdapat pula guru pertahanan, Cornelius Fudge untuk menjaga Dumbledore dan siswa lainnya. Namun kelas dan cara mengajarnya tak sesuai prediksi murid dan justru membuat para murid terkekang. Hal ini membuat Orde Phoenix harus mempersiapkan pertempuran yang sudah menanti mereka. Disini Harry mengajarkan mereka untuk melawan ilmu hitam.

Baca Juga : Drama Korea Romantis

6. Harry Potter and The Half-blood Prince (2009)

IMDb 7.6/10 Rotten Tomatoes 83 % 

Film series Harry Potter yang rilis pada tahun 2009 adalah series keenam dari film ini. Dalam film ini menceritakan kelanjutan cerita dari film sebelumnya, bermula saat Harry kembali ke Hogwarts atas bujukan dari Professor Horace Slugron. Disisi lain Death Eater mulai berani membuat masalah di dunia sihir maupun di dunia Muggle. Saat kembali ke Hogwarts Harry, Ron, dan Harmonie memperoleh pengajar baru dalam bidang ramuan bernama Slughorn dan pengajar pertahanan terhadap ilmu hitam bernama Snape.

urutan film harry potter

Suatu ketika Harry menemukan buku ramuannya sendiri yang dulu kala dimiliki oleh Haff-Blood Prince. Buku tersebut sangat membantunya, dia melewati perjalanan ramuan dengan cepat dan melampaui jauh dari teman sekelasnya.

Konflik bermula saat Dumbledore menunjukkan kepada Harry tentang memori Voldemort berada di sebuah Pensieve. Disana ditunjukkan bahwa Voldemort sedang berbicara serius dengan Slughorn. Dumbledore kemudian menugaskan Harry untuk mencari tahu pertanyaan yang diajukan Voldemort ke Slugron.

BACA JUGA :  Penting! Persiapan Wisata Ke Thailand, Apa Saja yang Harus Dilakukan

Harry berhasil menanyakan hal tersebut, sayangnya Slugron terlihat tidak mengingat pertanyaan tersebut. Dengan bantuan dari Hagrid, Harry pun mengetahui bahwa Voldemort menanyakan tentang Hocrux. Setelah mengetahui hal tesebut, Harry dan teman-temannya memutuskan untuk melakukan petualangan mencari Hocrux dan tidak kembali ke Hogwarts di tahun setelahnya.

Film series keenam yang disutradarai oleh David Yates ini mendapat tanggapan positif lagi dari para kritikus. Meskipun mendapatkan rating yang cukup tinggi di IMDb sekitar 7,5/10 akan tetapi di Rotten Tomatoes film ini berhasil memperoleh 84% dan memenangkan 1 piala Oscar, 8 kemenangan, dan 30 nominasi di beberapa ajang penghargaan film di tahun tersebut.

7. Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1 (2010)

IMDb 7.7/10 Rotten Tomatoes 77 % 

Okers pasti masih ingat di film sebelumnya bahwa Harry, Ron, dan Harmione meninggalkan Hogwarts untuk mencari Voldemort dan menghancurkan kunci kekuatan Voldemort. Disisi lain Voldemort sudah merencanakan untuk membakar peperangan yang akan terjadi.

urutan film harry potter

Perjalanan mencari Voldemort, Harry menemukan rahasia kuno tentang legenda Deathly Hallows. Legenda yang memberikan Voldemort kekuatan yang selama ini dia inginkan. Sementara itu terjadi peperangan yang sudah direncanakan oleh Voldemort. Dia menugaskan Death Eaters untuk mengambil alih Hogwarts dan mencari Harry untuk diserahkan kepada Voldemort secara hidup-hidup.

Di film ini okers pasti memiliki pandangan yang samar-samar mengenai ending dari film the series Harry Potter ini. Bahkan akhir film ini juga diceritakan tentang penangkapan Harry, Ron dan Hermione kemudian disiksa oleh Bellatix Lestrange. Mereka berusaha untuk melarikan diri dan melanjutkan pencarian atas Voldemort.

Masih disutradarai oleh David Yates, film yang tayang pada akhir  2010 ini kembali menyita perhatian pecinta film animasi. Saat itu juga diumumkan bahwa Part 2 akan tayang pada 2011. Series ketujuh ini mampu memperoleh skor IMDb 7.7/10 dan Rotten Tomatoes rata-rata 77%

Baca Juga : Film Survival Terbaik

8. Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2 (2011)

IMDb 8.1/10 Rotten Tomatoes 96 % 

Film ini merupakan perjuangan akhir dari Harry Potter. Series terakhir ini melanjutnya cerita part 1 sebelumnya. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa akan ada part 2 yang rilis pada tahun 2011. Bemula dari Harry yang menguburkan Dobby di Shell Cottange,

Dobby dibunuh oleh Voldemort dikarenakan menyelamatkan Harry dan teman-temannya.

urutan film harry potter

Langkah selanjutnya Harry dan teman-temannya menyusun rencana untuk mencari Hocrux selanjutnya yang diyakini berada di Brankas milik Bellatrix. Kali ini Germione melakukan penyamaran sebagai Bellatix menggunakan polyjuice Potion dan meminta bantuan dari Griphook supaya dapat menyelinap ke dalam Griangotts.

Harry dan teman-temannya harus kembali ke Hogwarts. Kali ini Hogwarts sudah menjadi tempat yang menyeramkan bagi mereka. Setelah tiba di Hogwarts, mereka diselamatkan oleh Aberforth (Adik Albus Dumbledore) dari serangan Death Eater.

Berkat bantuan Aberforth, mereka melewati jalan rahasia yang ada di dalam kedai milik Aberforth . Kembalinya Harry menandakan bahwa peperangan sudah siap dimulai, akan tetapi disisi lain Harry harus menemukan Hocrux selanjutnya.

Perjalanannya mencari Hocrux, salah satu Death Eater yaitu Carrow bersaudara melihatnya dan segera melaporkan kepada Voldemort. Perperangan pun tak terbantahkan lagi, perang yang menentukan siapa yang harus hidup atau mati. Sebab dalam ramalan Sybill Trelawney dikatakan bahwa Voldemort sudah menandai sendiri siapa musuhnya, dilansir itu adalah Harry Potter. Dumbledore juga mengatakan bahwa Voldemort dan Harry harus saling membunuh untuk menyelamatkan Hogwarts dan kedamaian bumi.

Sekian infomasi yang disampaikan oleh Okeylah kali ini tentang urutan film harry potter. Sampai bertemu lagi di pembahasan-pembahasan lainnya mengenai film dan drama favorit kalian ya, okers.

Selamat menonton!

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment