Tips Membeli Rumah KPR

2 min read

Tips Membeli Rumah KPR
0
()

Rumah menjadi salah satu hal yang sulit dimiliki belakangan ini. Dana yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rumah tak sedikit. Membeli rumah langsung huni pun tak bisa dibilang murah. Apalagi jika anda menginginkan sebuah rumah di perkotaan, memilikinya bagaikan sebuah mimpi. Namun, kini anda tak perlu khawatir. Beberapa bank berusaha mewujudkan mimpi anda dengan mengeluarkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tetapi sebagian masyarakat masih ragu menggunakan layanan tersebut. Banyak alasan yang membuat ragu, salah satunya adalah takut tidak dapat melunasi hutang tersebut. Bagi anda yang ingin memiliki rumah tersebut, berikut beberapa tips membeli rumah KPR yang perlu anda ketahui.

Baca juga : Cara Mengumpulkan Uang Untuk Membangun Rumah

  1. Jangan Salah Pilih (Cari Tahu Informasi Bank dan Produk KPR)

Ada banyak bank di Indonesia yang menawarkan kredit pemilikan rumah (KPR). Ada bank milik negara (BUMN), bank swasta, dan juga ada bank asing. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing bank yang menawarkan layanan produk KPR. Anda sangat disarankan untuk mendatangi bank tersebut satu-persatu dan bertanya mengenai KPR yang mereka tawarkan. Setelah itu, bandingkan fasilitas KPR yang ditawarkan tiap bank. Jangan mengambil keputusan terburu-buru. Pilihlah paket yang ditawarkan bank yang paling murah. Jangan sampai anda salah pilih.

Tips Membeli Rumah KPR Jangan ragu untuk bertanya kepada Bank seputar skema KPR

  1. Siapkan Uang Tunai

Uang tunai perlu anda persiapkan walaupun rumah yang akan anda beli menggunakan pinjaman bank. Tetapi uang tunai tetap anda perlukan untuk mengurusi pembelian rumah tersebut. Berikut beberapa keperluan yang membutuhkan uang tunai.

  1. Biaya administrasi booking fee, penilaian jaminan, administrasi kredit dan provisi
  2. Asuransi jiwa menutupi debitur dan asuransi kebakaran untuk rumah yang dijadikan agunan
  3. Biaya pengikatan kredit secara hukum yang terdiri dari biaya Akta Pengakuan Utang dan Perjanjian Kredit, Akta Pemberian Hak Tanggungan, Akta jual beli biaya balik nama sertifikat, BPHTB, dan notaris
  1. Track Record

Transaksi rekaman anda harus dijaga dengan baik di bank manapun. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda dari penolakan kredit karena bank bisa saja melakukan crosscheck antar bank di pihak Bank Indonesia melalui fasilitas Daftar Hitam Nasabah (DHN) untuk melihat riwayat transaksi yang telah anda lakukan.

  1. Siapkan Penampilan Terbaik Anda 

Penampilan anda akan mempengaruhi penilaian pihak bank terhadap anda. Terutama penampilan anda dalam keuangan. Tunjukkan bahwa rekening anda aktif dalam bertransaksi (baik itu dana masuk ataupun dana keluar). Dengan demikian pihak bank akan yakin jika anda memiliki kemampuan untuk mengembalikan KPR yang anda ajukan tersebut.

Tips Membeli Rumah KPR

  1. Tentukan Jangka Waktu KPR

Indonesia memberlakukan jangka waktu maksimal lima belas tahun untuk KPR. Semakin lama anda membayarnya, maka akan semakin banyak pula bunga yang dibebankan kepada anda. Akan lebih baik jika anda mengajukan jangka waktu KPR terpanjang sehingga cicilan per bulan yang dibebankan kepada anda relatif rendah. Biasanya jangka waktu KPR disarankan dengan mengambil jangka waktu terpanjang mengingat investasi rumah nilainya selalu meningkat tiap tahun

Baca juga : Panduan Step by Step Cara Pengajuan KPR (Kredit Rumah) Syariah Cepat ACC

  1. Bijak Tentukan Besarnya Cicilan

Jika anda telah memutuskan untuk membeli rumah KPR maka anda harus menyediakan dana uang muka rumah sebesar 30 % dari harga rumah dan pinjaman KPR kepada pihak bank tak boleh melebihi 70 % dari harga rumah tersebut. Maka tips membeli rumah KPR berikutnya adalah usahakan besarnya KPR yang anda ambil tidak melebihi 30 % dari jumlah pendapatan anda tiap bulan. Dengan demikian, anda tidak akan tergerus oleh cicilan hutang dan bank tidak akan menolak permohonan kredit anda.

Demikian beberapa tips membeli rumah KPR yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi anda.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!