Tidak Ingin Terjebak Sistem Kredit? Ini Cara Beli Rumah Cash Tunai !

1 min read

Cara beli rumah cash tunai
0
()

Cara Beli Rumah Cash. Apakah anda sedang merencanakan membeli rumah?

Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki rumah memang menjadi cita-cita dan impian bagi sebagian keluarga. Dewasa ini membeli rumah memang lebih dipermudah dengan kehadiran beberapa jasa developer yang menawarkan sistem kredit ataupun KPR.

Akan tetapi, bagi sebagian orang, sistem kredit bukan menjadi pilihan utama. Selain jangka waktunya cukup lama, sistem kredit kadang juga memiliki selisih harga yang sangat besar jika dibandingkan dengan harga cash.

Ketika berada di situasi yang seperti ini, tentu anda memilih untuk membeli rumah dengan sistem tunai atau cash. Ikutilah beberapa cara beli rumah cash berikut ini agar keinginanmu tercapai.

Cara Yang Perlu Dilakukan Untuk Membeli Rumah Dengan Sistem Cash

Membeli barang-barang khususnya rumah dengan sistem tunai memang memberikan banyak keuntungan. Selain harganya lebih terjangkau, membeli rumah secara cash juga tidak membuat anda merasa terbebani dengan cicilan setiap bulannya.

Akan tetapi membeli rumah secara cash juga belum tentu aman dan sesuai harapan. Berikut ini ada beberapa cara beli rumah cash yang perlu anda ketahui dan menjadi referensi bagi kebutuhan anda.

1. Menyediakan Anggaran Untuk Membeli Rumah Impian

Uang atau anggaran untuk pembelian rumah secara cash memang hal yang wajib dimiliki. Anda tidak bisa membeli rumah secara tunai tanpa adanya dana yang anda punya. Cara beli rumah cash yang pertama adalah anda bisa menyediakan anggaran dengan cara menabung sedikit demi sedikit.

Jangan terburu-buru untuk mencairkan ataupun mengambil uang tabungan rumah jika belum mendapatkan hunian yang cocok. Simpanlah uang anda di bank terlebih dahulu agar terhindar dari hal-hal yang tidak diduga dan tidak diinginkan.

2. Menentukan Pilihan Rumah Yang Cocok

Baca juga : Cara beli rumah dengan pinjaman Bank

Menentukan pilihan rumah yang diimpikan menjadi salah satu hal wajib yang harus dilakukan. Tentukanlah pilihan rumah yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan desain, lokasi dari rumah yang akan dibeli.

Akankah lebih baik jika anda mengunjungi langsung rumah yang akan dibeli. Selain melakukan survei lokasi, anda juga perlu memastikan kelengkapan dan keaslian surat-surat rumah tersebut. Jangan sampai anda mendapatkan rumah dengan harga miring namun statusnya masih sengketa. Biasanya, rumah-rumah hasil sitaan bank akan dilelang dengan harga yang cukup miring dan bersaing.

3. Menjalin Kesepakatan Dengan Pihak Penjual

Menjalin kesepakatan dengan penjual memang hal yang wajib dilakukan oleh para pencari rumah. Ketika anda sudah merasa cocok dengan lokasi, harga dan surat-surat rumah, maka lakukanlah kesepakatan dengan penjualnya. Hindari membeli rumah dengan sistem tunai melalui calo jika anda tidak ingin mengeluarkan uang untuk komisi lagi.

4. Membayar Uang Muka Atau DP

Biasanya ketika anda melakukan kesepakatan dengan penjual, salah satu hal wajib yang perlu dilakukan adalah memberikan uang muka. Uang muka ini berfungsi sebagai tanda jadi atau bukti keseriusan anda untuk membeli rumah tersebut. Sebaiknya jangan terlalu besar dalam memberi uang muka. Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Mengadakan Serah Terima Surat-Surat Rumah Dengan Menggandeng Notaris

Membeli rumah memang tidak semudah membeli mobil ataupun handphone. Ada proses panjang yang harus dilalui agar kepemilikan sah di mata hukum. Cara beli rumah cash selanjutnya adalah dengan melakukan serah terima dokumen rumah di hadapan notaris.

Ketika anda sudah merasa cocok dengan rumah yang diinginkan dan ingin melunasi pembayaran, maka meminta bantuan notaris adalah cara terbaik. Jasa notaris sangat diperlukan untuk mengurus segala proses pembelian hingga balik nama sertifikat rumah.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!