Tutorial : Teknik Dasar Menyundul ( Heading ) Pemain Sepakbola Pro

2 min read

teknik dasar menyundul bola
5
(1)

Teknik Dasar Menyundul ( Heading ) Pemain Sepakbola Pro

Teknik Dasar Menyundul ( Heading ) Bola – Sepak bola adalah permainan atau olahraga yang perkembangannya sangat pesat. Kini olahraga bukan hanya sekedar permainan yang dimainkan 22 orang dengan satu bola dan 2 gawang.

Lebih dari itu, sepak bola kini dijadikan sebagai ladang bisnis dan juga panggung hiburan. Aturan sepak bola pun kini sudah semakin ketat. Bahkan teknologi yang digunakan juga ikut berkembang dengan sangat pesat.

Untuk bermain sepak bola perlu menguasai teknik dasar permainan ini. Teknik dasar tersebut antara lain menendang, menahan dan menggiring bola. Untuk melakukan ketiga Gerakan dasar itu, dapat digunakan seluruh anggota tubuh kecuali tangan. Mulai dari kaki, paha, dada, hingga kepala boleh digunakan.

Baca Juga :

Belajar Teknik Dasar Menendang Bola Dengan Baik

Belajar Teknik Dasar Goalkeeper (Penjaga Gawang) Sepakbola Pro

Belajar Strategi Pola Penyerangan dan Pertahanan Permainan Sepak Bola

Pada materi kali ini, kita akan berfokus pada Gerakan dasar sepak bola menggunakan kepala atau yang disebut menyundul (heading). Dalam permainan sepak bola, dapat dikatakan kepala merupakan bagian penting yang sebisa mungkin dihindari kontak fisik dengan lawan.

Meskipun begitu, gerakan menyundul bola juga tak kalah penting karena sering digunakan pemain sepak bola. Untuk dapat menyundul bola dengan baik perlu latihan yang rutin dan berkelanjutan.

Berikut teknik dasar menyundul bola dengan baik.

Cara Menyundul Bola yang Baik dan Benar

Perlu dan penting untuk mengetahui prinsip dasar menyundul bola sebelum melakukan praktik langsung. Berikut prinsip dasar dalam menyundul bola:

  1. Menempatkan posisi berdiri sesuai arah jatuhnya bola.
  2. Arahkan pandangan mata pada bola.
  3. Kuatkan otot leher.
  4. Ambil ancang-ancang dengan menarik badan ke belakang lalu ayunkan ke depan.
  5. Ayunkan kepala ke depan dan gunakan dahi untuk menyundul bola.
  6. Jangan memejamkan mata pada saat menyundul.
  7. Perhatikan kemana bola akan datang dan lakukan gerakan menyongsong bola.
  8. Pastikan bola yang didorong dengan kepala kita, bukan bola sekedar membentur kepala kita.

Fungsi dan Kegunaan Teknik Menyundul Bola

teknik dasar menyundul bola kearah gawang

Menyundul bola kini bukan lagi menjadi kemampuan lebih dari seorang pemain sepak bola. Menyundul sudah menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pemain bola.

  1. Mempercepat aliran bola.

Kita dapat melakukan sundulan untuk mempercepat aliran bola. Aliran bola yang dimaksud bisa berupa pola penyerangan yang sedang dibangun.

Dalam sepak bola satu detik sangatlah berharga, inilah yang disebut momentum. Terlambat mengumpan bola satu detik saja bisa menggagalkan serangan yang sedang dibangun.

Untuk itu, jika ingin melakukan umpan satu-dua dan kebetulan mendapat umpan lambung bola bisa langsung kita sundul tanpa perlu menendang dengan kaki karena perlu menunggu bola turun dan dalam posisi yang ideal. Sekali lagi, perlu diingat sepersekian detik sangatlah menentukan.

  1. Mencetak gol.

Pemain dapat mencetak gol dengan seluruh anggota badannya (kecuali tangan), termasuk kepala. Biasanya kondisi ini terjadi ketika mendapat umpan lambung atau umpan lambung dari samping (crossing). Umpan tersebut bisa kita manfaatkan dengan menyundul bola yang datang ke arah gawang.

  1. Memberi umpan kepada teman.

Selain mencetak gol, sebuah sundulan juga bisa digunakan sebagai sarana mengumpan bola kepada teman. Hal ini berkaitan erat dengan mempercepat aliran bola. Namun, mengumpan dengan sundulan memiliki keterbatasan jarak. Jarak umpan sundulan dengan tendangan tentu berbeda jauh.

  1. Merebut bola.

Merebut bola dengan sebuah sundulan sering terjadi saat bola melambung dan terdapat pemain lawan yang berusaha merebut bola. Kondisi ini sering disebut ‘duel’ karena terjadi situasi satu lawan satu untuk merebut bola.

Dalam melakukan duel udara, digunakan kepala untuk menyundul bola. Maka dari itu, perlu berhati-hati dalam melakukan duel udara. Karena, jika kepala terkena sikutan pemain ataupun tidak sengaja menyundul kepala lawan akan berakibat fatal.

  1. Menggiring bola.

Pemain yang hebat dapat melakukan giringan dengan kepala. Giringan dengan kepala pada dasarnya hampi sama dengan giringan dengan kaki. Hanya saja bola tidak menyentuh tanah dan kepala digunakan untuk mengarahkan bola.

  1. Menghalau serangan lawan.

Menghalau serangan lawan dengan sundulan sering dilakukan oleh pemain bertahan. Kondisi ini terjadi saat ada bola lambung yang menuju ke pemain penyerang lawan. Saat itu juga pemain bertahan bisa melakukan duel ataupun sundulan secara langsung untuk membuang bola. Tujuannya adalah mengamankan gawang dengan menjauhkan bola dari gawang.

Jenis Teknik Dasar Menyundul Bola

teknik dasar menyundul heading bola kedepan
Teknik dasar menyundul heading bola kedepan
  1. Menyundul bola berdasarkan arah datangnya.

  • Ke arah depan
  • Ke arah samping
  • Ke arah belakang
  1. Menyundul bola berdasarkan sikap badan pemain.

Teknik dasar menyundul bola ke arah samping
Teknik dasar menyundul bola ke arah samping
  • Pemain dalam posisi berdiri

Jika ingin melakukan sundulan saat berdiri, pastikan otot leher dikeraskan dan lakukan ayunan badan dari belakang ke depan. Sehingga, dorongan kepada bola memiliki energi dan bola terdorong kuat.

  • Pemain dalam posisi berlari

Jika ingin melakukan sundulan saat sedang berlari, maka tidak perlu melakukan ayunan badan yang terlalu kuat. Yang terpenting adalah melakukan gerak ikutan sehingga bola terdorong kuat.

  • Pemain dalam posisi melompat

Jika ingin melakukan sundulan saat melompat maka, perlu melakukan lompatan yang baik. Saat berduel dengan lawan, biasanya sundulan dimenangkan oleh pemain yang melompat lebih tinggi.

 Tetap semangat berlatih, Okers!

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!