Belajar Teknik Dasar Mengontrol Bola Sepak Bola [PRO]

2 min read

cara mengontrol bola dengan baik
0
()

Belajar Teknik Dasar Mengontrol Bola

Teknik Dasar Mengontrol Bola Dalam Permainan Sepak Bola – Permainan sepak bola makin ke sini makin digemari banyak orang. Tak hanya kaum pria, namun juga banyak wanita yang menyukai olahraga ini. Entah terpesona dengan para atlet/pemain pria ataupun memang menyukai olahraganya.

Baca Juga : Belajar Teknik Dasar Menendang Bola Dengan Baik

Bahkan, kini sudah mulai banyak kompetisi sepak bola yang dimainkan khusus perempuan. Mulai dari kompetisi nasional, hingga tingkat klub sudah banyak kompetisi tersebut.

Banyak hal menarik dari permainan ini, mulai dari tiap gol yang terjadi hingga penyelamatan indah oleh kiper yang terbang menghalau bola. Namun, proses-proses lain juga tak kalah menarik.

Pemain lincah melewati lawannya satu per satu, umpan akurat kepada teman yang berada jauh darinya, hingga cara pemain mengontrol/menahan bola. Dalam menahan bola, perlu mengetahui teknik yang tepat dan benar.

Kali ini kita akan membahas teknik dasar mengontrol bola. Untuk kalian yang ingin menjadi pemain sepak bola atau sekedar mahir dalam bermain, wajib untuk mengetahui teknik-teknik dasar mengontrol bola. Berikut akan kami ulas.

Teknik Dasar Mengontrol Bola Dengan Kaki

  1. Dengan Telapak Kaki

Teknik mengontrol bola dengan telapak kaki lebih sering digunakan dalam olahraga futsal. Futsal adalah olahraga mirip sepak bola yang dimainkan dilapangan indoor dengan luas lapangan yang lebih kecil.

Teknik ini menggunakan telapak kaki untuk menahan bola. Caranya adalah memposisikan diri dan badan dengan tepat. Fokuskan pandangan pada arah datangnya bola. Buka kaki bagian dalam menghadap keluar. Sedikit angkat kaki yang akan digunakan. Kontrol atau tahan bola perlahan setelah bola tepat dibawah telapak kaki dan hentikan bola.

Mengontrol dengan bagian telapak kaki biasanya digunakan untuk menghentikan bola hingga bola benar-benar berhenti.

  1. Dengan Punggung Kaki

Mengontrol atau menghentikan bola dengan punggung kaki dapat dilakukan dengan cara memposisikan diri terlebih dahulu. Tunggu bola datang dan sedikit angkat kaki. Tekuk sedikit ke bawah pergelangan kaki. Posisikan badan agak condong ke depan kemudian hentikan bola saat bola menyentuh punggung kaki.

  1. Dengan Paha

Mengontrol bola dengan paha dapat dilakukan dengan memperhatikan arah datangnya bola. Mengontrol dengan paha lebih tepat dilakukan jika bola yang datang tingginya sekitar setengah meter.

Posisikan badan dan pastikan bola datang ke tempat berdiri tepat di paha. Kaki diangkat dan ditekuk bagian lututnya. Saat bola menyentuh paha, jangan ayunkan paha berlawanan arah dengan datangnya bola. Tubuh harus tetap dalam keadaan seimbang.

Teknik Dasar Mengontrol Bola Dengan Anggota Badan Lain

Selain menggunakan kaki, menahan atau mengontrol bola dapat dilakukan dengan bagian tubuh yang lain kecuali tangan. Berikut beberapa cara mengontrol bola selain dengan kaki.

  1. Dengan Perut

Mengontrol bola dengan perut dapat delakukan dengan cara memposisikan tubuh agak condong ke belakang. Gunakan tangan untuk menstablikan posisi tubuh. Kuatkan otot perut ketika bola akan datang. Tahan ketegangan otot perut hingga bola berhasil dikontrol. Saat bola datang, tahan bola hingga bola jatuh ke tanah dan dapat kita kuasai.

Mengontrol menggunakan perut kurang tepat dilakukan jika bola yang datang mengarah ke tubuh dengan keras.

  1. Dengan Dada

Mengontrol atau menahan bola dengan dada sering dilakukan para pemain sepak bola professional. Kontrol dada adalah kontrol yang paling tepat dilakukan ketika menerima umpan lambung. Perlu kehati-hatian saat mengontrol bola dengan dada. Karena jika bola tidak tepat mengenai dada dan malah terkena bagian diafragma atau bagian jantung dengan cukup keras dapat menyebabkan sesak nafas sementara.

Mengontrol bola menggunakan dada dapat dilakukan dengan memposisikan tubuh agak condong ke belakang. Buka dada sedikit lebar. Fokuskan pandangan pada arah datangnya bola. Tunggu bola datang dan ketika bola menyentuh dada tahan bola hingga bola jatuh ke tanah atau bisa dijatuhkan ke paha.

Pada praktiknya, mengontrol bola masih bisa menggunakan anggota badan yang lain. Namun, kelima cara tersebut adalah yang paling populer dan ideal untuk digunakan.

Mengontrol bola dapat dilakukan pula dengan kepala dan punggung. Namun, perlu latihan rutin untuk bisa menguasai teknik kontrol tersebut.

Apabila bola terlalu datar maka tidak bisa menggunakan kontrol dada ataupun paha. Sebaliknya, bola atas tidak bisa dikontrol dengan kaki bagian dalam ataupun telapak kaki.

Pertimbangan lainnya adalah harus bisa mengira-ngira kekuatan dan kecepatan bola yang datang. Bola yang terlalu kencang akan lebih sulit dikontrol dengan kepala, maka lebih disarankan menggunakan dada.

Dalam melakukan latihan, lebih baik sesuai urutan dari kaki, paha, baru dada dan anggotan tubuh lain. Selamat berlatih, Okers!

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!