10 Restoran di Bali yang Wajib Dikunjungi, Yuk Mampir!!

8 min read

Restoran di Bali yang wajib dikunjungi
0
()

Restoran di Bali yang wajib dikunjungi – liburan masih berjalan pastinya kalian sedang menikmati liburan dengan menjelajahi tempat-tempat wisata dalam negeri atau bahkan luar negeri. Bali misalnya pulau kecil yang menyuguhkan wisata alam, wisata spiritual, dan wisata kuliner.

Rasanya tidak puas jika sudah jalan-jalan ke Bali, menikmati tempat-tempat wisata yang eksotik namun belum mencicipi makanan khas Bali di beberapa tempat makan. Setiap restoran pasti memiliki menu yang menarik pengunjung.

Nah, Okeylah akan merekomendasikan beberapa Restoran di Bali yang wajib dikunjungi. Pastinya dengan menu khas yang berbeda disetiap tempat.

1.        Warung Wardani

Rekomendasi Restoran di Bali yang wajib dikunjungi pertama ala Okeylah adalah Warung wardani. Warung yang menyediakan makanan halal yang ada di Bali sejak 30 tahun lalu. Menu yang banyak diminati adalah nasi campur meskipun ada beberapa menu lainnya seperti sate lilit, soto babad, soto ayam, gado-gado dan menu lainnya.

Hidangan nasi campur disajikan panas-panas sehingga menambah rasa nikmat pedas, manis dan gurih. Harga satu porsinya juga beragam mulai dari Rp. 30.000 hingga Rp. 45.000 tergantung dengan menu dan lauk pelengkapnya.

Harganya memang cukup mahal dibandingkan dengan warung nasi campur lainnya yang harganya mulai dari Rp. 12.000 hingga Rp. 15.000. Tapi ketika okers menikmati nasi camput ini, maka tidak akan menyesal mengeluarkan Rp. 30.000 untuk satu porsi nasi campur ini.

food.detik.com

Selain menu yang ditawarkan, suasana warung pun begitu nyaman meskipun sederhana. Terdapat sirkulasi udara yang baik sehingga okers tidak perlu khawatir kepanasan. Tak khayal jika banyak artis-artis yang mengunjungi tempat ini.

Warung ini memiliki dua kedai dengan porsi dan harga yang sama yang terletak di dekat bandara Jl. Waringin no 3 Kuta utara Patung Kuda Bandara Ngurai Rai dengan No. Telp: (0361)224398 dan di tengah kota Jl. Yudistira no 2 Denpasar dengan No. Telp: (0361)4752130. Okers dapat mengunjungi tempat ini pada pukul 08.00 hingga 16.00 WITA setiap harinya.

2.        Sate Plecing Arjuna

Sate plecing, makanan khas Bali yang aneh kedengarannya. Jika dilihat dari luar sate ini hampir sama dengan sate-sate pada umumnya. Daging hewan yang dipotong kecil-kecil dan ditusukkan ke bambu kecil tapi panjang kemudian di bakar. Tak lupa dilumuri bumbu sate yang khas.

Sate yang satu ini berbeda, sate ini menggunakan bumbu plecing yang terbuat dari racikan cabai, bawang putih, kemiri, dan terasi kemudian disiram dengan minyak dan jeruk limau. Membayangkanya saja membuat perut keroncongan, apalagi disantap saat masih hangat.

Travellingyuk.com

Restoran yang menjual sate plecing salah satunya Sate Plecing Arjuna, tempat ini sudah terkenal diseluruh masyarakat bali. Pelanggan rela mengantri panjang untuk mendapatkan tempat duduk, maklum tempat makan ini memiliki ruangan yang cukup sempit.

Tempat ini masih menggunakan bakaran yang tradisional yaitu menggunakan arang. Sehingga menambah aroma khas dari sate ini. Bumbu satenya pun dihaluskan dengan cara yang tradisional, menggunakan cobek.

Okers hanya mengeluarkan Rp. 24.000 sudah mendapatkan satu porsi sate plecing ini. Tempat ini berada di tengah kota sehingga mudah sekali ditemukan di Jl. Arjuna No.47, Dauh Puri Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80232 dengan No. Telp: 0878-6778-9002. Tempat ini buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 16.30.

Tak perlu khawatir bila okers yang tidak memakan daging babi, tempat ini juga menjual sate plecing daging sapi sate sumsum sapi, soto daging sapi, soto bakso sapi, bakso sapi. Harganya pun mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 per porsinya. Nah, okers dijamin tidak akan merogoh koceh dalam-dalam bukan.

Baca juga : Tempat Wisata di Ubud, Bali – Daerah Kecil yang Menyimpan Tempat Ala Surga

3.        Warung Made Kuta

Warung Made sudah didirikan sejak tahun 1969, awalnya warung ini hanya warung tradisional yang buka dipinggir jalan. Berjalannya waktu dan perkembangan zaman warung ini berkembang menjadi restoran kosmopolitan.

Warung ini sudah membuka empat cabang yang terletak di:

  • Made’s Warung di kawasan tempat wisata Kuta Bali : Jl. Pantai Kuta, Banjar Pande Mas, Kuta, Bali
  • Made’s warung di Seminyak : Jl. Cornelis Krusemanstraat 3, 1075 NB, Amsterdam
  • Made’s warung di Pelabuhan Benoa : Jl. Raya Pelabuhan Benoa 7X, Pedungan, Kota Denpasar, Bali
  • Made’s warung di Bandara Ngurah Rai : Jl. Raya Gusti Ngurah Rai, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Empat cabang tersebut memiliki menu makanan dengan harga dan jam operasional yang sama mulai pukul 10.00 hingga 01.00 (dini hari) setiap harinya. Suasana yang dihadirkan khas budaya Bali yang modern. Tak hanya itu disekitar warung terdapat beberapa toko seperti Bin House, Milo’s, Emax, Lotus de Vivre dan beberapa tempat lainnya.

Kintamani.id

Menu yang disediakan sangat beragam mulaidari menu breakfast, toast, yoghurt, sandwiches, noodles, curries, pasta, makanan jepang, appetizers, aneka soup, aneka salad, aneka makanan Bali, aneka daging, aneka masakan daging ayam, aneka nasi, aneka masakan lokal, seafood, aneka western food. Harganya pun terjangkau sekali mulai dari Rp. 8.000 hingga Rp. 210.000 tergantung dengan pesanan makanan.

Akan tetapi wisatawan Indonesia memiliki pilihan menu favorit tersendiri yaitu sate lilit daging sapi dengan harga Rp. 80.000 per porsi dan sate lilit daging ayam dengan harga Rp. 40.000 per porsinya, yang disajikan tanpa tusuk sate sehingga mempermudah pelanggan untuk menyantapnya.

4.        Murni’s Warung

Warung Murni tak kalah hits dengan warung lainnya. Warung yang didirikan sejak 1974 ini memamerkan suasana alami warung makan tradisional dan memiliki lahan yang luas. Okers akan menikmati sajian kuliner dengan view sungai yang alami dengan pepohonan yang rindang. Warung ini memiliki 4 lantai bangunan yang sepenuhnya digunakan untuk tempat makan dengan dekorasi unik disetiap lantainya.

Lokasi warung berada di daerah Ubud tepatnya Jl. Raya Campuan, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Hanya berjarak 800 meter dari Pasar Ubud. Tak hanya menyajikan restoran, tempat ini juga menyediakan fasilitas kolam renang, spa dan pusat kesehatan, kamar keluarga, dan akses internet.

Murni’s.com

Menu yang disediakan juga beraneka ragam namun yang menjadi favorit wisatawan adalah kuliner tradisional Nasi Tutu’s Ayam yang terdiri dari lawar, nasi kuning, cah kangkung, ayam betutu, sayur-sayuran, daging cincang dengan bumbu khas Bali. Harganya juga cukup terjangkau untuk satu porsinya dikenakan Rp. 75.000. Selain itu ada beberapa menu lain seperti:

  • Aneka teh untuk sore hari
  • Aneka menu cart la carte
  • Aneka minuman sehat (tradisional)
  • Aneka masakan prasmanan untuk 12 hingga 80 orang
  • Aneka masakan prasmanan vegetarian untuk 12 hingga 80 orang
  • Aneka masakan satu set untuk 2 hingga 80 orang
  • Aneka masakan satu set vegetarian untuk 2 hingga 80 orang
  • Aneka kue ulang tahun dan kue pernikahan

Kisaran harga per porsinya mulai dari Rp. 9.000 hingga Rp. 300.000 tergantung dengan pesanan. Menu yang disediakan terdapat tiga jenis yaitu menu makanan, menu minuman, dan menu bar. Okers dapat menikmati hidangan di Warung Murni’s mulai pukul 08.00 hingga 23.00 yang buka setiap hari.

5.        Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Ayam betutu, siapa yang tidak mengenal makanan khas daerah Bali ini. Masakan ini menyajikan satu ekor ayam utuh yang sudah dibersihkan dengan baluran bumbu khas bali (base genep) di seluruh daging ayam hingga rongga abdomennya. Setelah dibumbui merata ayam tersebut dibakar hingga memunculkan aroma khas dari ayam betutu.

Salah satu restoran yang menyediakan masakan ini adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk yang terletak di Jl. Merdeka No.88 No.5, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali 80239 dengan No. Telp: (0361) 4746029. Jam operasional restoran ini mulai pukul 10.00 hingga 22.00 pada hari senin hingga minggu.

Magazine.job-like.com

Harga per porsi ayam betutu juga beragam untuk porsi ayam dengan ¼ ekor mulai dari Rp. 33.000 hingga Rp. 44.000, untuk porsi ayam dengan ½ ekor mulai dari Rp. 52.000 hingga Rp. 64.000, untuk porsi ayam utuh (1 ekor) mulai dari Rp. 95.000 hingga Rp. 110.000. Terdapat pula menu lainnya yang disediakan seperti nasi campur dengan harga Rp. 20.000 hingga Rp. 35.000 tergantung lauk yang dipesan.

Selain restoran Ayam Betutu Khas Gilimanuk terdapat beberapa tempat yang menjual ayam betutu di beberapa daerah Bali misalnya:

  • WR. Ayam Betutu Khas Gilimanuk : Jl. Buluh Indah No.51X, Pemecutan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80118
  • Ayam Betutu Bu Nia : Jl. Merdeka No.1, Renon, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80239
  • Warung Liku Nasi Bali : Jl. Tukad Musi No.19 A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80239
  • Ayam Betutu Pak Man : Jl. Kubu Anyar No.72x, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
  • Ayam Betutu Bu Lina Gilimanuk Kuta : Pertokoan Kuta Indah Permai B6-B7, Jalan Raya Kuta, Kuta, Kabupaten Badung 80361

6.        Sate Lilit Khas Bali

Selain ayam betutu, terdapat sate lilit khas bali yang menjadi ikon makanan daerah wisata satu ini. Tak perlu khawatir mencari tempat makan yang menyediakan sate lilit, sekarang ini banyak warung dan restoran yang menyediakan makanan ini. Rasanya kurang jika warung makan tanpa sate lilit khas bali.

IDNTimes.com

Harga untuk satu porsi sate lilit ini mulai dari Rp. 8.000 hingga Rp. 30.000 tergantung dari daging satenya sendiri. Banyak sekali otlet yang menjual sate lilit khas bali seperti:

  • Warung Ngurah Sate Lilit Ikan Laut : Jl. Nangka Utara No.236, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80239 dengan No. Telp : 0853-3349-2215 dan jam operasional mulai 05.00 hingga 14.00 setiap harinya.
  • Sate lilit : Jl. Pulau Kawe No.36, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80114 dengan No. Telp : 0889-9663-274 dan jam buka mulai pukul 7 malam setiap harinya.
  • Warung Sate Lilit : Jl. Pulau Buru No.10, Dauh Puri, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80232 dengan No. Telp : 0812-3969-5665 dan jam buka mulai pukul 07.30 hingga 15.00 setiap harinya.
  • Sate Lilit Be Pasih Van Rangga : Jl. Dharmawangsa No.1A, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361 No. Telp : 0878-5040-6238 dengan jam buka 10.00 hingga 20.00 pada hari senin hingga minggu, namun khusus hari sabtu buka setiap jam 10.00 hingga 22.00
  • Sate Lilit Tuna Klungkung : Jl. Pulau Bungin, Pedungan, Denpasar Selatan, Pedungan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80114 dengan No. Telp: 0821-4586-3644 dan jam operasional mulai pukul 11.00 hingga 19.00 setiap harinya.

7.        Warung Pedas Ibu Andika

Warung ini terletak di Jl. Raya Kuta Depan Supernova/ Joger yang sudah beroperasi sejak 30 tahun lalu. Mudah sekali menemukan warung ini karena terletak berseberangan dengan toko Supernova dan bersebelahan dengan toko dan pabrik baju kaos kata kata Joger Bali.

Warung Pedas Ibu Andika termasuk Restoran di Bali yang Wajib dikunjungi. Warung ini memiliki dua cabang yang terletak di Jl. Patih Jelantik Ruko No.9, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80232 dan di Jl. Blambangan No.55, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361

ikutilangkahkaki.com

Warung ini terkenal dengan harganya yang murah. Menu makanan yang disajikan juga beragam mulai dari ayam suwir, ayam goreng, ikan goreng, sayur lawar, sayur singkong, sayur labu , kulit ayam goreng, dan berbagai macam lauk lainnya.

Jika dilihat dari tampilannya tidak ada yang berbeda dengan nasi campur lainnya, namun jika sudah ditambah dengan sambal buatan Bu Andika maka rasanya akan berbeda. Sambelnya yang super pedas menjadi favorit wisatawan domestik. Harganya cukup terjangkau berkisar Rp. 19.000 per porsinya.

Tempatnya yang luas menambah kenyamanan pelanggan, jika ingin memakan nasi campur di tempat. Jangan takut kepanasan saat menyantap nasi pedas ini, sirkulasi udaranya cukup baik ditambah kipas angin diatas setiap mejanya.

Bagi okers pecinta makanan pedas dan sedang menikmati liburan di Bali, wajib mencoba warung pedas satu ini. Dijamin bakalan ketagihan dan nambah terus.

Baca juga : 7 Tempat Nongkrong Anak Muda Terhits di Bali yang Wajib Dikunjungi Saat Weekend

8.        Sate Bawah Pohon Kuta

Bagi okers pecinta sate, ada rekomendasi lain yang menjual sate khususnya sate babi nih. Sate Bawah Pohon Kuta. Seperti namanya, sate ini terletak di bawah pohon besar di Jl. Campuhan I – Dewi Sri, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361 yang buka pada jam 08.00 hingga 21.00 setiap harinya.

Tak hanya menyajikan sate nih okers, warung ini juga menyediakan soto babi dan pepes ikan tuna. Harga yang ditaksir juga terjangkau nih okers sekitar Rp. 45.000 saja, okers sudah mendapatkan satu porsi sate babi, satu porsi soto babi dan satu botol air mineral.

Tripadvisor.com

Pelayanannya juga cepat banget okers, tak perlu menunggu lama pesanan sudah datang dan disajikan dengan masih hangat loh. Kebayangkan enaknnya makan sate yang masih hangat dibawah pohon, nikmat bukan. Kalaupun okers mager untuk datang langsung ke tempatnya, okers juga dapat delivery order melalui No. Telp: 0819-3625-3567

Ibu-ibu penjualnya juga masih menggunakan arang untuk membakar si sate ini okers, jadi cita rasa asi dari sate babi ini tidak hilang okers. Tetap nikmat dan sedap. Selain itu sate babi ini dapat disantap menggunakan nasi ataupun lontong.

9. Warung Nasi Bali Men Weti

Jika okers sedang berlibur di Pantai Sanur dan bingung mencari tempat makan yang pas setelah lelah bermain di pantai. Warung Nasi Bali Men Weti, pilihan yang tepat untuk mengisi perut kosong anda.

Warung ini memiliki menu utama yaitu nasi campur dengan pilihan lauk seperti sayur urap bali, ayam suwir betutu, pindang sambel tomat, sambal matah, telur pindang rebus sambal tomat, kripik kulit ayam dan kacang tanah goreng.

qupas.id

Lokasinya sangat mudah di temui sekitar 5 meter dari bibir Pantai Sanur lebih tepatnya di Jl. Letda Reta No.52, Dangin Puri Klod, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali 80233 No. Telp: 0853-3850-9922, warung ini buka setiap harinya pada pukul 08.00 hingga 15.00.

Harga untuk nasi campur sederhana hanya Rp. 20.000 per porsinya. Harga yang terjangkau sehingga tak khayal jika warung ini terus ramai pengunjung. Selain itu, aroma kunyit yang khas dari ayam betutu menambah cita rasa saat menikmati hidangan ini.

Sayangnya, okers harus bersabar untuk mendapatkan pesanan. Pengunjung yang ramai membuat antri sekitar 15 menit hingga 20 menit. Maklum warung ini hanya memiliki 20 kursi saja.

10.    Warung Liku Bali

Dan Restoran di Bali yang Wajib dikunjungi terakhir adalah Warung Liku. Terletak di Jl. Nakula No.19A, Seminyak, Kuta, Legian, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Barat, Kabupaten Badung, Bali 80361 dengan No. Telp: 0851-0084-2009. Mudah sekali mencari warung ini dikarenakan dekat dengan DMZ (Dream Museum Zone).

Warung ini memiliki dua cabang yang terletak di Jl. Nakula no 19A (Jl. Tembus Sunset Road – Imam Bonjol) dan di Jl. Tukad Musi (Samping Greja Katedral) Denpasar Selatan. Sama halnya dengan lokasi pusat, warung ini menyediakan menu utama nasi campur dengan harga yang sama.

kumparan.com

Warung ini menyediakan berbagai aneka masakan khas Bali. Masakan yang menjadi menu utama adalah nasi campur dengan ayam betutu yang khas bumbu warung liku. Suwiran ayam memiliki rasa gurih, asin, dan rasa rempah-rempah yang meresap ke daging ayamnya.

Warung makan ini buka sekitar jam 09.00 hingga 15.00 pada setiap harinya. Okers dapat datang agak siangan supaya lauk yang diinginkan sudah lengkap. Hanya Rp. 15.000 okers sudah mendapatkan satu porsi paket lengkap, nasi putih dengan 5 lauk. Sedangkan untuk ayam betutu per ekornya dikenai harga Rp. 75.000

Baca juga : 4 Cara ke Nusa Penida Nggak Perlu Ribet – Fasilitas Keren dengan Budget Kere

Nah gimana okers tertarik mencicipi makanan di salah satu restoran rekomendasi Okeylah. Jangan lupa mampir ya okers. So, sekian dulu dari Okeylah. Selalu kunjungi blog Okeylah.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan tempat wisata lainnya.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!