Frida Saya senang mencari tahu, lalu menerjemahkan apa yang saya ketahui ke dalam tulisan.

Rekomendasi Film Nuansa Jadul Ini Bikin Betah di Rumah Aja

3 min read

film nuansa jadul
0
()

Rekomendasi Film Nuansa Jadul – Tahun 2020 ini sepertinya menjadi masa “liburan” terpanjang buat kita. Sejak awal tahun hingga mendekati akhir tahun ini, aktivitas kita belum normal seperti sedia kala.

Terutama teman-teman yang bersekolah dan berkuliah, kayaknya masih harus dibetah-betahin buat di rumah aja. Kelamaan di rumah buat kita bosan, kadang kala sampai-sampai stok film dan drama korea habis, saking lamanya kita di rumah aja.

Nah, kali ini kami akan merekomendasikan kepada kalian beberapa film dengan latar belakang jadul yang mungkin bisa jadi stok tontonan seru selanjutnya. Selain bisa menghilangkan rasa bosan, sepertinya lewat film-film ini sedikit demi sedikit kita juga bisa belajar sejarah, lho!

Yuk, langsung simak deretan rekomendasi film dengan nuansa jadul dibawah ini :

Marie Antoinette (2006)

1. Marie Antoinette (2006)
Film yang dibintangi oleh aktris ternama Kirsten Dunst ini bercerita mengenai kehidupan Ratu Prancis paling fenomenal akan gaya hidupnya yang glamour, yaitu Marie Antoinette.  Ia merupakan istri dari Raja Prancis, Louis XVI.

Berlatar belakang abad ke-18 di Prancis, film ini banyak menunjukkan gaya hidup hedon ala Ratu Prancis tersebut, perannya dalam politik kerajaan, hingga kematiannya di tangan algojo menjelang revolusi Prancis. Untuk kalian yang tertarik mengamati mode Prancis masa tersebut, film ini cukup memuaskan mata kalian dengan banyaknya pernak-pernik dan kilau mode ala bangsawan Prancis kala itu.

Sejak rilis pada tahun 2006, film Marie Antoinette berhasil memenangkan penghargaan Oscar untuk kategori Best Achievement in Costume Design, lho!

The Other Boleyn Girl (2008)

2. The Other Boleyn Girl (2008)
Masih dengan film yang menampilkan sosok ikonik, film The Other Boleyn Girl yang rilis pada tahun 2008 bertema politik dan skandal yang mengangkat kisah nyata Raja Henry VIII dari Britania Raya dan dua saudari Boleyn yang bersaing untuk memenangkan hati sang Raja dan berambisi menjadi Ratu Kerajaan Britania Raya.

Melalui produksi BBC, film ini menampilkan Natalie Portman dan Scarlet Johanson sebagai dua bersaudari Boleyn yang berseteru. Menonton film ini, kita seperti terbawa suasana rumitnya kehidupan kerajaan pada masa itu karena ambisi politik yang terbawa dalam kehidupan sehari-hari.

Film Victoria and Abdul (2017)

3. Victoria and Abdul (2017)
Sama seperti daftar film sebelumnya, film kali ini juga mengangkat kisah kehidupan Ratu Britania Raya yang memerintah selama 63 tahun. Yap, Ratu Victoria. Film Victoria and Abdul mengisahkan persahabatan antar ras Ratu Victoria dengan Abdul Karim, seorang sipir dari Agra, India yang mendapat kehormatan mengunjungi Britania Raya.

Sedikit berbeda dengan film kebanyakan yang dibumbui dengan kisah romansa antara pria dan wanita, di film ini kisah yang diangkat adalah persahabatan dua manusia dewasa dengan ras dan kedudukan sosial dan politik yang berbeda.

Walaupun memperlihatkan hubungan persahabatan yang kuat, rupanya film ini juga menuai kontroversi, lho, sebab pada cerita sebenarnya keluarga Ratu Victoria merasa cemburu dengan perhatian sang Ratu yang dianggap berlebihan kepada Abdul Karim karena merasa Abdul Karim tidak sederajat dengan mereka.

Nah, karena ini juga keluarga Ratu Victoria berusaha menutup-nutupi kisah persahabatan antara Ratu Victoria dan Abdul Karim. Setelah dirilis pada tahun 2017, film ini memperoleh rating 6,8/10 di IMDb. Wah, sepertinya film ini layak untuk ditonton!

Film EMMA (2020)

4. EMMA (2020)
Daftar film sebelumnya mengangkat kisah dari tokoh non-fiksi. Nah, kali ini kita rekomendasikan film dengan tokoh fiksi dalam film EMMA. Film EMMA menjadi film terbaru yang rilis pada tahun ini.

Diangkat dari novel berjudul sama karya Jane Austen, film ini berkisah dari sudut pandang pemeran utama yaitu Emma Woodhouse sebagai wanita bangsawan dari sebuah desa di Inggris. Film ini terkesan lebih hidup dan “nyata” dibanding pada novel.

Di film ini kita bisa melihat kedudukan wanita dalam kehidupan sosial dan keluarga pada tahun 1800-an. Kisah cinta unik dan lucu yang dialami Emma dan teman-temannya juga menambah daya tarik dari film ini.

Film Pride and Prejudice (2005)

5. Pride and Prejudice (2005)
Masih dengan karya Jane Austen, film ini diangkat dari salah satu novel best seller karyanya yang berjudul Pride and Prejudice. Nah, karena Jane Austen adalah penulis novel wanita yang hidup antara abad ke-18 dan ke-19, maka semua novelnya mengambil latar waktu tahun 1800-an di Inggris, termasuk Pride and Prejudice.

Film Pride and Prejudice dirilis pada tahun 2005 dan setelahnya mendapat apresiasi yang baik dari penikmat film dengan menjadi salah satu film box office di Amerika Serikat pada waktu itu. Hampir sama dengan film EMMA, tokoh utama dari film ini adalah seorang wanita dengan karakter kuat bernama Elizabeth yang terlibat love-hate relationship dengan pria pendatang di kotanya.

Sempat menolak dijodohkan dan membenci pria tersebut, rupanya Elizabeth “termakan omongan”nya sendiri. Serupa dengan novel lain karya Jane Austen sekaligus menjadi ciri khasnya, film ini juga banyak memperlihatkan kehidupan sosial masyarakat Inggris yang seringkali menjodohkan putri mereka dengan orang berpendidikan dan terjamin secara harta untuk melindungi kehidupan ekonomi mereka.

Film The Secret Garden (2020)

6. The Secret Garden (2020)
Kalau baca judul ini, kebanyakan dari kalian pasti ingat drama korea Secret Garden yang dibintangi Hyun Bin, kan? Bukan kok, bukan itu. Kali ini yang akan dibahas adalah film berjudul The Secret Garden yang diangkat ke layar lebar dari novel berjudul sama karya Frances Hodgson Burnett yang terbit pada tahun 1911.

Nah, novel The Secret Garden ini sebenarnya sudah pernah diangkat menjadi sebuah film. Tapi, di tahun 2020 ini, perusahaan produksi Studio Canal dan Heyday Films kembali membuat film The Secret Garden dengan tatanan yang lebih “real” dan kualitas film yang lebih baik tentunya.

Berlatar pada pertengahan abad ke-20, film ini berkisah seorang anak kecil dengan kedua orangtua berkebangsaan Inggris yang tinggal di India. Sayangnya, ketika bangun di pagi hari, ia tiba-tiba menjadi yatim piatu setelah kedua orang tua dan seluruh pelayan di  rumahnya meninggal karena kolera.

Berstatus sebagai anak kecil yatim piatu membuat pemerintah Inggris harus mengirimkannya kembali ke negara asalnya untuk tinggal bersama sang paman di suatu desa di Yorkshire. Memiliki paman yang dingin membuatnya sangat merasa kesepian di rumah besar tersebut, memaksanya untuk bertualang mengelilingi sekitar rumah.

Tak disangka, petualangannya mencari tahu dan menjelajahi setiap sudut rumah mengantarkannya pada sebuah rahasia tak terduga yang nantinya merubah rumah besar suram dan dingin tersebut menjadi lebih hangat.

Setelah melihat deretan film diatas, apakah kalian tertarik menontonnya? Selain menghilangkan rasa bosan, kalian juga bisa sekalian belajar sejarah saat menonton film diatas.

IMDb

Author’s another stories

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Frida Saya senang mencari tahu, lalu menerjemahkan apa yang saya ketahui ke dalam tulisan.
error: Content is protected !!