admin Tugasnya Menjaga Okeylah Media

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online | Legal, Terpercaya dan Tanpa Ribet

4 min read

rekomendasi pinjaman online legal tanpa ribet dan terpercaya
5
(1)

Aplikasi Pinjaman Online – Kebutuhan dana konsumtif di era sekarang sangatlah tinggi. Dengan pendapatan sesuai UMR tentu kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di era 90-an, gadget dan kuota internet bukanlah kebutuhan primer, akan tetapi di era sekarang gadget dan kuota internet mungkin menjadi kebutuhan primer selain sandang, pangan dan papan.


Untuk memenuhi kebutuhan tambahan atau mendadak tentu pilihan kita adalah dengan mengambil sebagian dana cadangan yang sudah kita sisihkan sehari-hari.

Baca Juga : Mencari Pinjaman Uang di Lembaga Bank dan Non Bank Untuk Karyawan


Bagaimana jika kita tidak memiliki dana cadangan ? Ini Solusi nya mencari pinjaman :

Solusi yang pertama adalah dengan meminjam kepada teman atau saudara. Karena biasanya jika kita meminjam dana kepada teman atau saudara, kita bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga ( mungkin ). Tapi belum tentu teman atau saudara kita memiliki dana yang cukup untuk meminjamkan kepada kita, bahkan mungkin saja mereka sedang mencari dana tambahan juga.


Solusi yang kedua adalah dengan mengajukan dana di KTA bank. siapa yang belum tahu apa itu Bank ? kalau belum tahu silahkan searching di google. Bank menyediakan fasilitas pinjaman dengan bunga yang rendah, karena dikontrol oleh otoritas jasa keuangan ( OJK ). Akan tetapi meminjam di bank proses nya sangat ribet dan panjang, karena mereka harus melakukan analisa yang mendalam terhadap kelayakan kita menerima pinjaman dari mereka. Bank menyalurkan dana pinjaman dari tabungan nasabah, jadi mereka harus bisa mempertanggungjawabkan segala sesuatu aktivitas usaha mereka terhadap nasabah.


Solusi yang ketiga atau terakhir adalah dengan mengajukan pinjaman via online. Di era sekarang semua serba online, belanja, gojek, pijat, jasa kebersihan, bahkan sekolah pun sekarang online. Mengajukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online tidaklah sulit, cukup bermodalkan gadget ( yang berisi kartu sim ), identitas diri ( NPWP , KTP dan SIM), serta sosial media individu sudah bisa langsung mengajukan pinjaman tanpa ribet.

Tapi semua hal tentu ada kelebihan dan kekurangan. Aplikasi pinjaman online atau pinjol juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus kita pahami sebelum memutuskan mengajukan pinjaman.

Kelebihan Aplikasi Pinjaman Online ( Pinjol )

  • Proses pengajuan sangat cepat, bahkan hitungan menit
  • Data yang diperlukan tidak selengkap meminjam di Bank
  • limit cukup untuk menutupi kebutuhan mendadak ( 1-10 juta )
  • Bisa meminjam dimana saja dengan modal gadget, tanpa ribet harus datang ke kantor pemberi pinjaman
  • Legal dan terpercaya karena di awasi oleh OJK. Hati-hati sekarang marak aplikasi pinjaman online yang tidak resmi, data pribadi bisa disalahgunakan oleh mereka untuk hal yang tidak baik.


Kekurangan Aplikasi Pinjaman Online ( Pinjol )

  • Limit yang lebih rendah dari Bank. Jika kita meminjam di KTA bank, kita bisa mendapatkan limit pinjaman diatas 10 juta, bahkan hingga ratusan juta.
  • Bunga dan denda yang sangat tinggi. OJK sudah mengeluarkan himbauan, agar bunga pinjol tidak melebihi 0,8 % perhari, tapi hal tersebut bukanlah regulasi resmi, hanya peraturan kode etik di asosiasi AFPI ( Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama ). Bunga pinjol tentu kalah jauh dibandingkan bunga di Bank yang memiliki aturan yang sangat ketat, bunga 1 hari di pinjol sama dengan bunga 1 bulan pinjaman di bank )
  • Aturan OJK yang belum banyak mengatur tentang aplikasi pinjaman online.
  • Data pribadi yang sangat riskan di pihak ketiga. Memang ada ketentuan saat meminjam yang mengatakan data kita aman, akan tetapi saya setelah meminjam di aplikasi pinjaman online dan memiliki reputasi pembayaran yang baik, setiap hari mendapatkan sms dan wa promosi bertubi-tubi. Adakah oknum dalam yang bermain ?
  • Proses penagihan yang sangat mengganggu. Sebenarnya saya belum mengalami, tapi jika kita coba menjelajahi tentang keluhan peminjam yang suka telat, pasti rata-rata akan mengeluhkan cara penagihan yang brutal, kasar dan tidak pada tempatnya. Jangan lupa saat kita meminjam mereka akan bisa melihat data kontak kita, disana ada peluang untuk menagih secara brutal ke nomor orang-orang yang kita kenal. Tentu hal tersebut sangat mengganggu. Jika tidak siap menjadi peminjam yang baik, lebih baik jangan meminjam.

Dibalik kelebihan dan kekurangannya aplikasi pinjaman online ada fenomena akan kebutuhan konsumtif yang sangat tinggi untuk rakyat indonesia. Mungkin hal tersebut kurangnya edukasi perencanaan keuangan yang baik untuk masyarakat.


Sebelum mulai meminjam selayaknya anda menimbang dengan baik, apakah memang perlu meminjam? kebutuhan sangat mendesak ? apakah saya bisa membayara ? dari mana sumber uang saya membayar ?


Hal tersebut perlu anda pikirkan matang-matang, jangan sampai menjadi pisau bermata dua, yang akan menghujami anda di saat-saat terakhir.

Tapi apabila anda sudah matang dan membulatkan tekad untuk meminjam, saya akan memberikan 5 aplikasi pinjaman online yang sudah pernah saya ajukan dan acc tanpa ribet dan terpercaya, legal tentu nya.


Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Legal, Terpercaya, dan Tanpa Ribet

Menurut saya ini aplikasi yang proses pengajuannya sederhana dan cepat acc. saya sudah mencoba lebih dari 10 aplikasi dan hanya 5 aplikasi ini saja yang acc, karena keterbatasan data yang saya miliki, karena saya sendiri bukan seorang pegawai yang bernaung di bawah perusahaan ( Freelancer ). Saya tidak punya kontak perusahaan ( hanya memasukkan nomer rumah pribadi sebagai alamat perusahaan ) dan tidak punya slip gaji.


Disclaimer : Hasil dari proses pengajuan mungkin berbeda setiap orang

Aplikasi Indodana


Saya meletakkan aplikasi indodana sebagai pilihan terfavorit, kenapa ?
Aplikasi ini menurut saya tidak ribet dalam proses pengajuan dan limit pinjaman pun hingga 8 juta rupiah dan bisa dicicil hingga 6 bulan ( limit awal biasanya lebih rendah jika kita memiliki riwayat pembayaran yang baik, perlahan limit akan naik )


Aplikasi ini tentunya legal dan terpercaya karena sudah resmi tercatat di OJK sejak bulan Maret 2018 ( OJK S- 235/NB.213/2018 ) dengan nama perusahaan PT Artha Dana Teknologi.


Total nasabah dari aplikasi indodana sebanyak 250 ribu lebih dan sudah menyalurkan pinjaman diatas 1 Triliun Rupiah ( data hingga 19 Agustus 2020 ). Kelebihan dari aplikasi indodana adalah fitur paylater, untuk belanja secara online di aplikasi mereka dan dana tunai untuk menyalurkan pinjaman online.

Aplikasi Akulaku

Download dan daftar aplikasi akulaku : disini

Ini pilihan kedua favorit menurut saya. Akulaku mirip seperti aplikasi indodana, cuma sudah terintegrasi dengan website e-commerce. Mereka memiliki fitur paylater untuk belanja online, dan juga fitur pinjaman melalui asetku. Dan menariknya mereka memiliki fitur pinjaman dengan nama dana cicil dengan limit hingga 15 juta rupiah dengan bunga yang lebih rendah dan tenor yang lebih panjang. Menarik bukan ?


Cuma saya sendiri hingga saat ini belum acc untuk mendapatkan fasilitas pinjaman di fitur dana cicil, makanya saya letakkan di pilihan favorit nomer dua. hehehe

Akulaku adalah perusahaan pinjaman besar di asia tenggara yang legal dan terpercaya dengan wilayah aktivitas mereka di Indonesia, Vietnam, Malaysia dan Filipina. Di Indonesia sendiri mereka menyalurkan pinjaman melalui divisi P2P lending yaitu asetku dengan nama perusahaan PT Pintar Inovasi Digital dan terdaftar di OJK ( No.KEP-436/NB.11/2018 ). Total mereka sudah menyalurkan pinjaman hingga 5 Triliun rupiah!

Aplikasi Kredit Pintar

Download dan daftar aplikasi kredit pintar : disini

Aplikasi kredit pintar, rekomendasi pilihan ke tiga dari saya. limit pinjaman dari aplikasi kredit pintar menurut saya masih kalah dibandingkan aplikasi diatas, karena hingga saat ini limit saya maksimal 2 juta rupiah.
Bunga pinjaman yang diberikan oleh aplikasi ini berkisar antara 0.5 % hingga 1% hari, menariknya tenor bisa dibagi menjadi dua.


Total pinjaman yang sudah disalurkan mencapai 2 Triliun rupiah dengan nasabah aktif diatas 350 ribu orang.

Aplikasi Kredit Pintar sudah terdaftar resmi di OJK ( KEP -83/D.05/2019 ) dan menjadi anggota AFPI

Aplikasi Tunai Kita

Aplikasi tunai kita berada di posisi keempat sebagai aplikasi pinjaman online pilihan saya. Aplikasi ini sama simpel nya dengan aplikasi pinjaman online diatas, akan tetapi menurut saya biaya administrasi dan bunga yang lumayan saat kita meminjam. Tapi jika tidak ada pilihan lain dan mendesak bisa menggunakan aplikasi pinjaman dari tunai kita.
Aplikasi Tunai kita terdaftar resmi di OJK dan anggota AFPI.


Saya sertakan gambar contoh riwayat pinjaman saya sebelumnya di aplikasi ini.

Aplikasi Uang Me

Download dan Daftar aplikasi uangme : disini

Aplikasi uang me berada di pilihan saya nomor 5, paling terakhir. Aplikasi ini sudah resmi terdaftar di OJK dan menjadi anggota AFPI. Kenapa saya menjadikan rekomendasi ke 5 ? coba lihat gambar dibawah.

Biaya layanan yang sangat tinggi, membuat saya menjadikan aplikasi ini sebagai alternatif paling akhir.

Demikian 5 aplikasi pinajaman online rekomendasi saya , untuk anda yang sedang mencari alternatif pinjaman tanpa ribet, legal dan terpercaya.

Pesan dari saya, utang itu tidak baik, gunakanlah utang dengan bijak , pikirkan perencanaan sebelum mulai meminjam.

Pertimbangkan matang-matang, jika memang kebutuhan tersebut bisa ditunda lebih baik kita tunda, sambil mengumpulkan uang dari gaji atau bisnis.

Semoga bermanfaat untuk okers , salam sukses!

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

admin Tugasnya Menjaga Okeylah Media
error: Content is protected !!