Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai

2 min read

Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai
0
()

Dewasa ini Proses jual beli rumah memang cukup mudah. Karena merebaknya perantara jual beli rumah yang membantu menyelesaikan proses ini hingga selesai. Pembeli hanya cukup menyiapkan persyaratan yang diajukan, dan perantara akan mengurus segala perijinan dalam jual beli tersebut. Walaupun begitu, Anda perlu memahami Proses jual beli rumah beserta biaya yang diperlukan dalam proses tersebut. Sehingga Anda sebagai pihak penjual atau pembeli rumah tidak merasa dibohongi oleh besarnya biaya yang dikeluarkan.

Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai

Ketika kedua belah pihak (penjual dan pembeli) rumah telah sepakat mengenai transaksi atau objek akadnya, maka anda sebagai penjual rumah harus melakukan langkah sebagai berikut:
Anda harus Menunjukkan bukti kepemilikan atas rumah berupa sertifikat asli, Akta Jual Beli (AJB) asli, bukti pembayaran PBB, dan blueprint rumah. Berkas tersebut hanya sebagai bukti.

Kemudian Setelah Pembeli setuju untuk melanjutkan transaksi, maka penjual dibolehkan meminta uang muka tanda jadi (DP). DP ini tidak bersifat mengikat untuk besar jumlahnya. Ingat, transaksi ini harus tertulis dan dilanjutkan dengan notaris membuat Surat Pengikat Perjanjian Jual Beli (SPPJB).

Lalu Pembeli melanjutkan proses dengan pihak notaris yang telah ditunjuk untuk mengurus Akta Jual Beli (AJB). Biaya notaris ini merupakan tanggungan pembeli. Sedangkan anda sebagai pihak penjual wajib memberikan data asli kepemilikan rumah seperti sertifikat, AJB, PBB, IMB, serta KTP dan KK kepada pihak notaris yang telah ditunjuk. Dan notaris akan memberikan tanda terima untuk pengambilan dilain waktu.

Baca juga : Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman

Dan Surat-surat asli tersebut akan dicari kebenaran surat-surat tersebut pada Badan Pertanahan Nasional oleh notaris. Bila dalam proses tersebut bersih, dan tidak ada proses sengketa, maka notaris akan membuat jadwal bagi penjual dan pembeli untuk melakukan tanda tangan bersama dengan saksi-saksi yang telah ditunjuk.

Setelah proses ini, pembeli harus melunasi harga jual rumah. Sedangkan bukti tanda terima surat-surat asli kepemilikan rumah tadi diberikan pada pembeli untuk mengambil surat-surat asli kepemilikan rumah yang telah berpindah tangan.

Proses selanjutnya bagi pihak pembeli yaitu melakukan pendaftaran balik nama rumah dan bangunan. dari Penjual ke pembeli dan ke Kantor BPK menggunakan sertifikat AJB, fotokopi KTP, bukti pembayaran PBB, IMB, dan dan KK penjual dan pembeli.

Macam Biaya Yang Harus Diketahui Saat Proses Jual Beli Rumah 

Biaya-biaya yang wajib anda ketahui selama proses jual beli. Yaitu:

  1. Biaya Pengecekan Sertifikat

Biaya yang timbul dalam rposes jual beli rumah yaitu biaya pengecekan sertifikat rumah atau bangunan. Pembeli melalui bantuan notaris melakukan pengecekan sertifikat tersebut ke Kantor BPN untuk memastikan kebenaran sertifikat tersebut.

Proses Jual Beli Rumah Secara TunaiSertifikat merupakan barang yang penting untuk diperiksa dalam proses jual beli rumah

  1. Biaya Akta Jual Beli

Selanjutnya dalam proses jual beli rumah yaitu biaya pembuatan AJB. Proses ini dilakukan oleh PPAT. Kemudian PPAT meminta jasa sebesar 1% dari nilai transaksi yang disepakati.

  1. Biaya Surat Kuasa untuk Menjual

Kuasa ini dikeluarkan apabila pihak penjual menunjuk perwakilannya. Surat kuasa ini harus melalui pihak PPAT. Biaya untuk membuat surat kuasa untuk ini sebesar 1% dari dari nilai transaksi yang disepakati.

  1. Biaya Balik Nama

Proses mengubah nama dari pemilik lama ke pemilik baru. Prosesnya ini diajukan ke BPN oleh pihak PPAT dengan membayar biaya yang sudah ditetapkan oleh pihak BPN.

Baca juga : Tips Membeli Rumah KPR

  1. Biaya PPh (Pajak Penghasilan)

Besarnya PPh sebesar 2,5% dari besarnya transaksi. PPh ini dibayar sebelum ditandatanganinya AJB dan kemudian disetorkan melalui bank penerima pembayaran. Biaya PPh ini menjadi tanggung jawab anda sebagai penjual.

Proses Jual Beli Rumah Secara TunaiJangan lupa membayar pajak saat transaksi jual beli rumah

Itulah sekelumit proses jual beli rumah secara tunai dan juga biaya-biaya yang ada di dalamnya. Anda harus tetap hati-hati dalam melakukan transaksi jual beli apapun itu. Dan jangan lupa untuk selalu mencatat apapun mengenai transaksi yang anda lakukan.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!