Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

4 min read

posisi pemain sepakbola dan tugasnya
3
(2)

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya – Sepak bola adalah permainan olahraga yang paling terkenal di dunia. Permainan ini memiliki aturan yang dibuat oleh organisasi yang disebut FIFA (Federation of Internationale de Football Association). Salah satu aturan yang diatur adalah jumlah pemain yang dimainkan dalam satu pertandingan.

Dalam aturan FIFA, jumlah pemain tiap tim pada satu pertandingan adalah 11 orang. Sehingga, banyak yang menyebut suatu tim dengan kesebelasan. Tiap pemain memiliki tugas masing-masing.

Tugas pemain yang berbeda-beda ini diperlukan untuk meraih satu tujuan yang sama, yaitu tujuan dari permainan sepak bola. Tiap tim yang bertanding pasti memiliki tujuan, yaitu mencetak gol ke gawang lawan sebanyak-banyaknya dan mempertahankan gawang dari kebobolan.

Permainan sepak bola pada dasarnya memiliki 4 posisi berbeda yang terdiri dari kiper, pemain bertahan (bek), tengah (gelandang), dan depan (penyerang). Tiap-tiap posisi tersebut memili peran yang berbeda.

Dalam permainan sepak bola, setiap tim memiliki formasi yang bisa saja berbeda-beda. Namun, yang disebut dalam sebuah formasi hanyalah 10 pemain aktif. Satu pemain lain disebut pemain pasif, yaitu kiper, yang pasti hanya diperankan satu orang biasanya tidak dituliskan. Misal formasi 4-4-2 berarti 1 kiper, 4 bek, 4 gelandang, dan 2 penyerang.

Formasi berkaitan erat dengan sistem ataupun strategi yang akan dimainkan suatu tim. Dalam perkembangan sepak bola modern, semakin banyak istilah posisi ataupun peran pemain dalam suatu formasi. Misal penyerang masih bisa dibedakan menjadi penyerang tunggal, second striker, false nine, dan masih banyak lagi.

 

  1. Goal Keeper atau Penjaga Gawang (Kiper)

penjaga gawang
penjaga gawang dalam permainan sepakbola

Penjaga gawang merupakan pemain paling belakang dari sebuah tim. Tentu tugas utamanya adalah menjaga gawang. Penjaga gawang memiliki keistimewaan boleh menyentuh bola menggunakan tangannya selama berada di kotak penaltinya sendiri.

Untuk membedakan sang kiper dengan pemain lain, biasanya mereka menggunakan sarung tangan dan memakai kostum yang berbeda dari 10 pemain lainnya.

Berikut tugas dari seorang penjaga gawang:

  • Menyelamatkan gawang dari kebobolan (saving). Penyelamatan seorang penjaga gawang adalah penyelamatan terakhir yang bisa dilakukan oleh suatu tim dari kebobolan, karena kiper merupakan pemain bertahan terakhir. Contoh Gerakan saving adalah menepis tendangan lawan yang mengarah ke gawangnya.
  • Menyapu bola (clearing). Clearing adalah usaha membuang atau menjauhkan bola dari gawang yang dijaga. Clearing sering dilakukan pemain bertahan, termasuk seorang kiper.
  • Memberikan instruksi kepada pemain di depannya. Kiper merupakan permain paling belakang, sehingga pandangannya dalam suatu permainan lebih luas dan bisa membaca permainan secara keseluruhan. Pemain bertahan adalah pemain yang paling sering mereka beri instruksi.
  • Mendistribusikan bola. Selain melakukan clearing, kiper juga harus bisa melakukan distribusi bola kepada teman. Singkatnya, perbedaan antara clearing dan distribusi bola yaitu distribusi bola adalah clearing yang mengarah ke teman satu tim atau dapat dikatakan sebuah operan.

Karena tugas-tugasnya tersebut seorang kiper biasanya dituntut untuk memiliki pembacaan permainan yang baik, refleks tubuh sempurna, dan fisik tubuh yang baik. Fisik yang baik diperlukan karena tak jarang kiper harus berduel ataupun kontak fisik dengan lawan saat berebut bola.

  1. Bek (Defender)

bek sepakbola
bek atau defender dalam permainan sepakbola

Pemain bertahan atau bek bertugas untuk menjaga pertahanan dan menggagalkan serangan lawan. Dalam tugasnya menjaga pertahanan, pemain bertahan kurang lebih juga harus memiliki kemampuan dalam membaca serangan lawan, berduel fisik dengan lawan, dan melakukan clearing.

Selain dituntut untuk menjaga pertahanan, bek juga harus bisa membantu penyerangan. Mereka adalah pembangun serangan awal. Distribusi bola juga dapat dimulai dari bek, tidak hanya dari seorang gelandang.

Pada dasarnya ada dua jenis bek dalam sepak bola, yaitu bek sayap (wings back) dan bek tengah (center back). Bek tengah lebih bisa fokus dalam bertahan dan sesuai Namanya mereka berada di garis pertahanan bagian tengah.

Sedangkan, bek sayap biasanya dituntut untuk membantu penyerangan hingga melebihi garis tengah lapangan. Sehingga, fisik dan stamina kuat harus dimiliki bek sayap. Tak jarang bek sayap juga dituntut memiliki kemampuan dribbling dan crossing yang bagus selain tackling yang menjadi dasar dari seorang bek sayap.

Pada tahun 2000-an masih dikenal dengan istilah bek sweeper. Tugasnya adalah mengkoordinasi lini pertahanan, membaca permainan lawan dan merebut bola. Namun, kini sudah jarang digunakan tipe pemain sweeper.

  1. Gelandang (Midfielder)

xavi hernandez pemain tengah sepakbola
xavi hernandez pemain tengah sepakbola

Pemain tengah atau gelandang adalah pemain yang menjadi penghubung antara penyerang dan bek. Tugas seorang gelandang pun cukup banyak. Gelandang dituntut untuk bisa membantu pertahanan dan juga merancang penyerangan.

Kemampuan dasar sepakbola seperti dribbling, passing, dan control  bola merupakan teknik yang harus dikuasai dengan baik oleh gelandang. Saking vitalnya peran gelandang, tak jarang permainan tim bergantung pada kemampuan seorang gelandang.

Gelandang terdiri dari beberapa posisi yang lebih detail, yaitu gelandang bertahan (defender midfielder), gelandang tengah (center midfielder), dan gelandang serang (attacking midfielder). Selain itu, dunia sepak bola 2000-an masih mengenal istilah gelandang kanan dan kiri.

Gelandang bertahan (sering disingkat DM) merupakan pemain yang tepat berada di depan pemain bertaham. Tugas utama dari seorang DM adalah memutus serangan yang dibangun lawan, terutama ketika terjadi serangan balik. Seorang DM biasanya dituntut memiliki keberanian berduel dan pembacaan permainan lawan yang baik.

Gelaandang tengah (CM) adalah pemain yang berada di tengah lapangan. Tugas utamanya adalah mengatur ritme permainan, menghubungkan lini pertahanan dan penyerangan, dan membantu menjaga pertahanan maupun penyerangan secara langsung. Biasanya gelandang tengah dianggap sebagai nyawa permainan sebuah tim.

Gelandang serang (AM) adalah pemain tengah yang lebih berfokus untuk membantu serangan. Terkadang pemain ini diberi kebebasan untuk mengatur aliran bola dan juga mengatur ritme serangan. Kadangpula pelatih memberi kebebasan AM ini untuk memposisikan dirinya dimana saja. AM adalah otak serangan sebuah tim.

  1. Penyerang (Striker)

penyerang dalam permainan sepakbola
penyerang dalam permainan sepakbola

Penyerang adalah pemain yang memiliki tugas utama untuk mencetak gol. Biasanya penyerang dituntut memiliki kemampuan dribbling, shooting, dan kecepatan berlari (sprint) di atas rata-rata. Penyelesaian akhir dari sebuah penyerangan biasanya bergantung pada seorang penyerang. Tak jarang penyerang dipilih karena memiliki naluri atau bakat dalam hal finishing.

Pada perkembangan sepak bola, penyerang tidak hanya dituntut untuk mencetak gol. Mereka harus bisa membaca posisi kawan dan lawan. Konsepnya adalah gol lebih mudah dicetak oleh pemain yang berada dalam posisi lebih menguntungkan. Sehingga, penyerang juga tidak boleh mengedepankan egoism untuk mencetak gol.

Bahkan, dalam sepakbola modern ketika bola dikuasai oleh lawan maka seorang penyerang adalah pemain bertahan terdepan. Sistem pertahanan sudah dimulai dari seorang penyerang yang mengganggu pemain bertahan atau kiper lawan yang sedang menguasai bola.

Umumnya, ada dua jenis penyerang yaitu penyerang tengah (Center Forward/CF) dan penyerang sayap (Wings Forward/WF). Seorang penyerang tengah ditempatkan di tengah dan akan sering berduel dengan pemain bek tengah lawan. Sedangkan penyerang sayap bermain lebih melebar dan akan memiliki 2 opsi yakni melakukan crossing ke tengah atau melakukan penetrasi (cut inside) dengan menggiring bola melewati lawan.

Tiap formasi yang digunakan pelatih pasti memuat keempat jenis pemain tersebut. Hanya saja strategi dari pelatih bisa merubah fungsi dari posisi pemain. Misal seorang penyerang yang diperintah menjadi false nine akan lebih sering turun menjemput bola. Bahkan umumnya pemain ini jarang mencetak gol.

Demikian beberapa posisi pemain dan tugasnya. Jadi, menurutmu kamu cocok dimana nih, Okers?

Baca juga : Istilah-istilah dalam permainan sepakbola

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating 3 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!