Home » Sehat Bareng » 5 Hal ini Penyebab Asam Lambung Naik

5 Hal ini Penyebab Asam Lambung Naik

by Silvera Riduan
Penyebab asam lambung naik

Penyebab Asam Lambung NaikAsam lambung naik salah satu gangguan pencernaan yang disebabkan naiknya asam lambung menuju esophagus (kerongkongan). Banyak sekali hal yang dapat memicu terjadinya penyakit asam lambung meningkat. Penyakit jenis ini akan menimbulkan nyeri di ulu hati yang dibarengi dengan beberapa gejala seperti:

1.  Batuk kering secara terus-menerus kala malam hari

2.  Nyeri pada bagian dada

3.  Rasa terbakar yang muncul dibagian dada atau nyeri bagian ulu hati

4.  Makanan terasa asam dan pahit apabila melewati kerongkongan dan mulut

5.  Adanya bau tidak sedap pada napas

6.  Kesulitan menelan makanan

7. Gigi menjadi rusak

Apa penyebab utama produksi asam lambung naik dalam tubuh?

Umumnya penyakit hanya muncul satu atau dua kali dalam sebulan, namun jika lebih dari itu sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter. Dilansir oleh beberapa dokter Indonesia penyebab asam lambung naik seperti:

1.  Usia

Ketika usia semakin bertambah, otomatis tubuh kita akan semakin lamban untuk memproduksi sesuatu seperti kadar asam. Tubuh akan semakin sulit memproduksi kadar asam dengan seimbang, sehingga menyebabkan asam lambung cepat naik.

2.  Merokok

Okers pun tau kalau rokok memiliki banyak sekali hal yang akan menyebabkan timbulnya penyakit baru. Kandungan dalam rokok akan menganggu fungsi LES sehingga dapat meningkatkan sekresi asam dan mengurangi produksi air ludah dalam tubuh. Air ludah berfungsi untuk menetralkan efek asam dalam mulut. Sehingga dapat memicu terjadinya kenaikkan asam lambung.

Baca juga : Cara Menurunkan Kolesterol

3. Stress

Saat okers sedang mengalami gangguan fikian dan menyebabkan stress, maka hormon prostaglandin akan mengalami penurunan sehingga tubuh akan lebih sensitif dan mudah mengalami nyeri di ulu hati. Padahal diketahui bahwa hormone ini memiliki peran penting untuk melindungi lapisan lambung dari asam lambung.

4. Minuman Beralkohol

Kandungan dalam minuman beralkohol dapat menimbulkan mengikisnya lambung sedikit demi sedikit sehingga terdapat iritasi di dinding lambung. Sistem pencernaan akan lebih rentan dan memicu peningkatan produksi asam lambung dalam tubuh.

5. Hernia Hiatus

Hernia hiatus adalah kondisi dimana bagian atas perut menonjol sampai ke bagian bukaan diafragma. Hal ini biasanya terjadi karena luka pada area tersebut, tekanan yang intens di sekeliling otot dan keturunan.

Penyakit ini akan otomatis dibareng dengan naiknya asam lambung ke kerongkongan. Penyakit ini cukup berbahaya sehingga harus mendapat menangan khusus dari dokter spesialis pencernaan.

6. Makanan Pedas, Berlemak, dan Berminyak

Bagi okers yang menyukai makanan jenis ini, pastinya rentan terkena asam lambung naik. Kandungan cabe, lemak, dan minyak dapat merangsang peningkatan asam lambung dalam tubuh. Biasanya naiknya asam lambung dibarengi dengan BAB yang berair dan terasa panas di anus.

7. Defesiensi Magnesium

Penyakit ini dilansir kurangnya kadar magnesium yang menyebabkan gangguan pad tulang okers loh. Tulang akan mudah rapuh karena menurunnya kadar kalsium dalam darah. Sehingga LES dalam tubuh tidak berfungsi secara normal. Hal ini akan menyebabkan ganguan keseimbangan produksi asam lanbung akibat kekurangan vitamin dan mineral.

Apa Penyebab Produksi Asam Lambung Naik Saat Hamil?

Ketika dalam masa kehamilan pastinya ibu hamil akan sering kali mengalami gejala penyakit asam lambung (GERD). Nyeri pada ulu hati ini akan dibarengi dengan rasa panas di dada, hal ini akan bertambah seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Perubahan hormon ketika hamil akan menjadikan kerja pencernaan melambat, janin yang semakin membesar akan menekan bagian asam lambung sehingga naik ke esophagus (kerongkongan). Sehingga hal ini menjadi penyebab asam lambung naik ketika sedang hamil

Pada kondisi hamil respon yang dimiliki oleh LES tidak seperti pada saat kondisi normal. Kinerja katup LES yang membuka saat makanan masuk ke lambung dan menutup untuk mencegah asam lambung akan semakin lamban. Hal ini dengan mudah memicu naiknya produksi asam lambung.

Apa Penyebab Produksi Asam Lambung Naik Saat Haid?

Okers pasti pernah mengalami nyeri pada lambung saat sedang haid. Ketika sedang haid kadar prostaglandin akan meningkat dan menyebabkan pengaruh sekresi pada asam lambung. Sebaiknya okers tidak mengakonsumsi obat-obatan anti nyeri atau tidak langsung berbaring pada saat makan. Hal tersebut justru akan memicu naiknya asam lambung.

Sebenarnya tidak ada hubungan yang signifikan mengenai naiknya asam lambung dengan menstruasi. Sehingga okers dapat menganalisis lebih jauh mungkin okers berad dilingkungan yang kurang bersih atau memakan makanan yang mengandung bakteri penyebab asam lambung naik .

Baca juga : Cara Melancarkan Haid

Cara Mencegah Naiknya Produksi Asam Lambung

Seperti yang diketahui banyak sekali pemicu yang menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Bahkan dilansir hamper 65% orang dewasa akan mengalami kenaikan asam lambung yang dibarengi dengan senasi terbakar dalam perut dan dada secara bersamaan.

Nah, Okeylah akan membantu okers untuk mencegah hal itu terjadi. Lakukan hal ini supaya produksi asam lambung tidak meningkat secara drastis.

1. Batasi makanan yang mengandung pedas, asam dan berlemak

Makanan pedas, asam, dan berlemak adalah pemicu utama naiknya produksi asam lambung. Makanan yang mengandung lemak akan lebih lama tinggal di dalam perut sehingga dapat memperlambat sistem pencernaan. Hal ini akan menyebabkan makanan baru kembali ke esophagus dan produksi asam lambung akan meningkat.

Sedangkan untuk makanan asam akan menambah produksi asam lambung sehingga asam lambung akan dengan mudah naik ke kerongkongan. Terakhir, kandungan paprika, cabai dan saus pedas akan memicu sakit perut dan rentan mengalami produksi asam lambung berlebih.

2. Batasi asupan cokelat

Kandungan cokelat yang dapat meningkatkan asam lambung asalah methylxanthine. Kandungan ini akan mengendurkan otot-otot yang ada di esophagus. Sehingga mempermudah bagian bawah esophagus untuk membuka dan makanan dalam perut akan mudah naik.

3. Mengurangi minuman berkarbonasi

Kandungan karbonasi akan menyebabkan tekanan di bagian dalam perut sehingga lambung akan penuh dengan gelembung. Gelembung tersebut akan medesis di dalam perut sehingga mendorong kembali makanan ke esophagus dan menyebabkan terjadinya kenaikkan asam lambung.

4. Jangan terlalu berlebihan ketika makan

Porsi makanan yang besar akan menekan bagian pencernaan sehingga mendorong makanan untuk kembali ke kerongkongan. Okers dapat membatasi makanan sekitar 300 hingga 400 kalori per porsi. Daripada sekali makan langsung porsi besar, akan lebih baik jika makan dengan porsi kecil namun sering. Sistem pencernaan pun akan lebih mudah mencerna makanan yang masuk.

Baca juga : Cara Hidup Sehat

5. Kurangi makanan yang mengandung bawang-bawangan

Kandungan dalam bawang akan menyebabkan sakit perut dan kembung jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Pastinya kurang sedap jika memasak tidak menggunakan bawang-bawangan.

Bagi okers yang sering mengalami kenaikkan asam lambung, lebih baik untuk mengurangi bawang-bawangan. Sebab dilansir bawang-bawangan dapat memicu kenaian asam lambung meskipun tidak signifikan.

Sekian infomasi yang disampaikan oleh Okeylah kali ini. Sampai bertemu lagi di pembahasan-pembahasan lainnya mengenai kesehatan dan pola hidup sehat, okers.

Baca juga : Penyebab Asam Lambung Naik

Selamat mencoba !

Related Videos

Leave a Comment