Panduan Pendaftaran, Menulis, & Cara Posting Artikel di Okeylah.com

Panduan Pendaftaran, Menulis, & Cara Posting Artikel di Okeylah.com

Cara Posting Artikel di Okeylah.com – Okeylah.com merupakan salah satu situs terbaik sebagai media informasi untuk saling berbagi ide dan bertukar pikiran. Banyak sekali kategori informasi yang dapat kamu temukan, mulai dari yang menghibur, mengharukan, menegangkan, romantis, dan lain-lain semuanya dapat kamu temukan di situs ini.

Cara Posting Artikel di Okeylah.com
(Sumber: twitter.com)

Selain itu, hal paling menarik dari situs ini adalah kami memberikan kesempatan bagi siapapun untuk menulis di blog Okeylah.com. Dan jika beruntung, salah satu dari kalian bisa mendapatkan bonus penghargaan dari Okeylah media.

Sebelum bergabung menjadi penulis di situs Okeylah media, ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi salah satu bagian dari penulis kami.

Di bawah ini kami telah menyajikan panduan lengkap mendaftar sebagai penulis tamu di situs Okeylah.com beserta dengan syarat dan juga ketentuannya.

Panduan Pendaftaran Menjadi Penulis Tamu

#1. Mengisi Form Pendaftaran

Untuk langsung mengisi form pendaftaran, silahkan kunjungi link https://okeylah.com/wp-login.php?action=register. Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman dengan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Form Pendaftaran Okeylah.com

Lalu isilah data-data yang ada di form tersebut. Pastikan kamu mengisinya sesuai dengan data dirimu, mulai dari nama aslimu, email aktif, dan password yang mudah diingat. Setelah semua data terisi dengan benar, kemudian klik tombol “Daftar”. Dan setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman seperti dalam gambar berikut ini.

Pendaftaran Berhasil

Jika kamu dialihkan ke halaman seperti pada gambar tersebut. Itu artinya kamu telah berhasil melakukan pendaftaran.

#2. Cek Email Pendaftaran untuk Mendapatkan Rincian Login

Setelah mengisi form pendaftaran, Okeylah.com secara automatis akan mengirimkan rincian login ke email-mu. Periksalah email yang kamu gunakan pada saat melakukan pendaftaran untuk mengaktifasi data login-mu sebagai penulis tamu.

Rincian Login
(Sumber: gmail.com)

Jika kamu sudah mendapatkan rincian login dari Okeylah.com melalui email seperti pada gambar di atas. Langkah selanjutnya, klik link yang bertuliskan (https://okeylah.com/wp-login.php) pada isi pesan dari email tersebut. Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman login seperti dalam gambar berikut ini.

Form Login Okeylah.com

#3. Login

Isilah form login sesuai dengan data yang telah kamu daftarkan. Masukan nama pengguna atau alamat email serta password-mu dengan benar agar tidak terjadi kesalahan ketika login.

Login Penulis Tamu Okeylah.com

Setelah memastikan data login yang kamu isi adalah data yang valid. Kemudian, klik tombol “Log Masuk” untuk dapat mengakses dashboard situs Okeylah.com. Jika berhasil melakukan login, kamu akan dialihkan ke tampilan awal halaman dashboard kami seperti dalam gambar di bawah ini.

Dashboard Okeylah.com

#4. Sunting Profil

Kunjungi halaman “Profil” yang telah kami tandai dengan tanda warna merah seperti pada gambar di bawah ini.

Halaman Profil Okeylah.com

Setelah meng-klik menu “Profil”, kamu akan dialihkan ke halaman seperti dalam gambar di bawah ini. Pada halaman ini kamu bisa mengatur beberapa opsi personal, nama, kontak, dan menambahkan biografi.

Halaman Profile Okeylah.com

Isilah beberapa data yang ada di form “Nama” tersebut sesuai dengan nama asli kalian masing-masing. Setelah selesai mengisi data nama, lanjutkanlah dengan meng-scroll halaman ke bawah untuk mengisi beberapa profil media sosial yang kamu miliki. Seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Halaman Profil Okeylah.com

Kamu tidak wajib memiliki semua media sosial yang telah disebutkan dalam gambar di atas ini. Kamu boleh mengisi beberapa media sosial sesuai dengan yang kamu punya. Dan kamu juga bisa menambahkan lokasi tempat tinggal mu saat ini pada kolom “Location”, jika perlu.

Selanjutnya, scroll lagi halaman ke bawah untuk mengisi info biografi yang ingin kamu tampilkan sebagai penulis artikel yang kamu buat nantinya. Isilah biografi singkat saja tentang dirimu, seperti contoh pada gambar berikut ini.

Halaman Profil Okeylah.com

Setelah semua data yang ada di halaman profil telah kamu isi, pastikan terlebih dahulu bahwa data yang kamu isi adalah data yang valid. Jika kamu sudah memastikan data yang kamu masukan merupakan data yang valid. Selanjutnya, klik tombol “Perbarui Profil” untuk menyimpan info profil yang telah kamu perbarui.

Dan jika pembaruan profil berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi seperti pada gambar berikut yang telah kami tandai dengan tanda berwarna merah.

Halaman Profil Okeylah.com

Dan selamat…, akun kamu sebagai penulis artikel di situs Okeylah.com telah siap untuk digunakan.

Syarat dan Ketentuan Penulisan

Sebelum mulai menulis artikel, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sesuai dengan ketentuan penulisan dari kami. Berikut ini kami telah menyediakan beberapa syarat dan ketentuan penulisan yang perlu kalian perhatikan.

  1. Tulisan bisa dalam bentuk opini isu terkini, cerpen, artikel, tips & trik, cerita pengalaman pribadi, dan lain-lain.
  2. Panjang tulisan untuk artikel minimal 700 kata dan khusus untuk penulisan cerpen minimal 1000 kata.
  3. Tidak ada kesalahan dalam penulisan, seperti kesalahan pengejaan kata, nama perorangan, dan institusi.
  4. Tulisan merupakan hasil murni karya diri sendiri, bukan menyalin ataupun menulis ulang artikel milik orang lain.
  5. Tidak boleh melakukan spam link dalam artikel. Dan untuk external link hanya diperbolehkan sebanyak 1 link di setiap artikel.
  6. Tulisan memiliki bobot yang baik, diutamakan yang bisa memberikan informasi dan menyelesaikan masalah pembaca.
  7. Tidak mengandung unsur SARA, kepentingan dan golongan tertentu yang berpotensi konflik.
  8. Isi tulisan menjadi tanggung jawab penulis.
  9. Topik tulisan sesuai dengan kanal yang kami miliki, silahkan baca di sini.
  10. Wajib memperhatikan panduan SEO On Page dalam penulisan artikel. Jika tidak mengerti, setelah pembahasan ini akan kami jelaskan panduan cara posting artikel dan setting SEO On Page yang baik dan benar di situs Okeylah.com.
  11. Pihak Okeylah media tidak memberikan bayaran untuk tulisan yang diterbitkan oleh penulis tamu, sehingga motivasi yang dimiliki penulis bukan adalah uang, tetapi memang murni ingin membagikan ide dan pikirannya. Namun, bagi penulis tamu yang memiliki engagement pembaca yang tinggi dan pageview di atas 100.000 akan mendapatkan bonus Rp. 3,- per-page view (maksimal bonus adalah Rp 300.000/artikel atau 100.000 page view). Bonus ini merupakan suatu penghargaan dari kami untuk kontributor yang bisa membuat tulisan informatif dan menarik pembaca.
  12. Pihak Okeylah media berhak melakukan editing, menghapus, dan mem-banned penulis tamu jika terbukti melanggar ketentuan di atas, tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Note : Penulis tamu wajib mematuhi aturan yang berlaku di atas tanpa terkecuali.

Itulah dia beberapa syarat dan ketentuan penulisan yang benar-benar perlu kalian perhatikan sebelum mulai menulis artikel di situs Okeylah.com. Setelah memahami syarat dan ketentuan penulisan tersebut, kamu juga perlu memahami cara posting artikel dan setting SEO On Page.

Di bawah ini kami telah menyediakan panduan lengkap mengenai cara posting artikel dan setting SEO On Page yang baik dan benar di situs Okeylah media.

Panduan Cara Posting Artikel dan Setting SEO On Page

Sebelum lanjut ke panduan cara posting artikel dan setting SEO On Page, sebaiknya kamu memahami pengertian serta fungsi SEO dan juga SEO On Page berikut ini. Karena hal ini juga berhubungan dengan peluang bonus yang bisa kamu dapatkan nantinya, sebagaimana yang telah kami jelaskan pada syarat dan ketentuan penulisan di poin nomor 11.

Pengertian & Fungsi SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan situs website. Penggunaan SEO ini bertujuan untuk memposisikan sebuah situs pada posisi teratas di search engine (mesin pencarian) berdasarkan kata kunci tertentu. Oleh karena itu, apabila suatu situs website berada di posisi teratas dalam hasil pencarian, maka memiliki peluang yang sangat besar untuk didatangi oleh para pengunjung.

Sedangkan SEO On Page sendiri merupakan sebuah proses atau cara menerapkan teknik SEO yang dilakukan langsung di bagian dalam atau internal situs website tanpa melibatkan pihak luar. Teknik SEO On Page ini dikenal sebagai salah satu faktor terpenting untuk menentukan ranking situs website.

Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan teknik SEO On Page untuk memperbesar peluang bonus mendapatkan uang senilai Rp 300.000 sebagaimana yang telah kami jelaskan pada syarat dan ketentuan penulisan di atas.

Baiklah, berikut ini merupakan panduan lengkap mengenai tata cara posting artikel dan setting SEO On Page yang baik dan benar di situs Okeylah media.

#1. Pilih Menu Pos -> Tambah Baru

Cara Posting Artikel

Klik menu “Pos”, kemudian klik “Tambah Baru” seperti yang telah kami jelaskan pada gambar di atas. Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman dengan tampilan seperti dalam gambar di bawah ini.

Cara Posting Artikel

Bagi kamu yang masih awam tentang cara posting artikel menggunakan WordPress. Pahami terlebih dahulu fungsi-fungsi kolom yang telah kami beri tanda warna merah tersebut agar memudahkan kalian saat menulis atau memposting artikel. Berikut akan kami jelaskan poin-poin yang ada di dalam gambar tersebut.

Poin 1, “Judul Artikel”. Buatlah judul semenarik mungkin agar para pembaca tertarik untuk mengunjungi artikelmu.

Poin 2, “Text Editing”. Terdapat beberapa tool yang dapat digunakan untuk mengedit teks, mulai dari penggunaan paragraf, style tulisan tebal, text rata tengah, dan lain-lain.

Poin 3, “Text Editor”. Digunakan untuk menulis isi pembahasan dari topik artikel yang akan kamu buat.

Poin 4, “Tombol Simpan Artikel”. Ketika menekan tombol tersebut, artikel yang kamu tulis akan tersimpan.

Poin 5, “Kolom Kategori”. Digunakan untuk memilih kategori artikel sesuai dengan pembahasan yang akan kamu buat.

#2. Mulai Menulis

Sesuaikanlah pembahasan artikel yang akan kamu buat dengan kategori atau kanal pembahasan yang telah disediakan oleh Okeylah media. Sebelum membuat artikel, alangkah baiknya kamu mencari keyword (kata kunci) terlebih dahulu untuk pembahasan artikel yang akan kamu buat. Dari keyword tersebut kamu harus bisa membuat judul yang menarik agar para pengunjung tertarik untuk mengunjungi artikelmu.

Seperti dalam gambar di bawah ini, kami membuat contoh artikel dengan keyword “Cerita Sejarah” dan berjudul “Kumpulan Cerita Sejarah Nusantara Paling Menarik Untuk Dibaca”. Di judul tersebut bisa kamu perhatikan, bahwa terdapat keyword “Cerita Sejarah” yang telah kami sertakan.

Menentukan keyword relevan dan judul yang menarik merupakan salah satu teknik SEO yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan artikelmu supaya berada di peringkat teratas mesin pencarian.

Cara Posting Artikel

Dalam gambar tersebut terdapat beberapa bagian yang telah kami beri tanda warna merah dengan beberapa poin nomor yang akan kami jelaskan.

Poin 1, “Pengulangan Judul”. Sebelum memulai paragraf pertama, berilah pengulangan judul terlebih dahulu dengan type text “Penajukan 1” dan menggunakan text rata tengah.

Poin 2 “Pengulangan Keyword”. Ketika memulai paragraf pertama, kamu harus mengawalinya dengan keyword terlebih dahulu, dan kemudian langsung lanjut kepada pembahasan.

Poin 3 dan 4, “Penebaran Keyword”. Penebaran keyword dalam 1 artikel maksimal hanya digunakan sebanyak 5 – 7 kali. Keyword juga wajib digunakan dalam penggunaan sub-judul.

Poin 5, “Kategori Pembahasan”. Sesuai dengan keyword yang kami buat, yaitu “Cerita Sejarah”. Tujuan kami adalah untuk membuat cerita pendek dari berbagai cerita sejarah yang akan kami bahas. Oleh karena itu, pembahasan artikel kami termasuk dalam kategori “Cerita Pendek”.

Poin 6, “SEO”. Dalam poin 6 tersebut terlihat SEO masih berwarna abu-abu, itu artinya artikel yang kami buat masih belum menerapkan kaidah SEO sepenuhnya. Mari kita lanjut ke pembahasan cara setting SEO On Page untuk artikel di langkah ke 3 berikut ini.

#3. Setting SEO On Page

Ada beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan score SEO hijau, yaitu dengan menggunakan keyword, internal link, eksternal link (bila diperlukan), menggunakan beberapa sub-heading di dalam artikel, meta deskripsi, gambar, dan lain-lain. Berikut ini ada contoh gambar untuk penerapan lebih lanjut menggunakan SEO On Page.

Cara Posting Artikel

Di poin 1 dan 2, terdapat “Internal Link”. Kalimat tersebut dikhususkan untuk diberi internal link karena berhubungan dengan situs Okeylah.com. Cerita Pendek diberi internal link khusus menuju kanal cerita pendek dan OKEYLAH.COM diberi link khusus untuk menuju halaman utama. Berhubung internal link merupakan salah satu cara untuk meningkatkan score SEO, sebaiknya kita wajib untuk menggunakannya.

Dan untuk poin 2, “Frasa Kunci Utama”. Maksud dari frasa kunci utama tersebut adalah keyword utama yang kita gunakan dalam artikel. Seperti contoh pada gambar tersebut, kami memasukan keyword “Cerita Sejarah” karena keyword tersebut merupakan fokus pembahasan kami dari awal.

Dan pada gambar tersebut kamu bisa melihat sendiri, bahwa score SEO telah meningkat yang sebelumnya berwarna abu-abu, sekarang berubah menjadi warna orange.

Untuk memaksimal score SEO agar berubah menjadi warna hijau, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan lagi. Mari kita simak langkah terakhir berikut ini.

#4. Menambahkan Meta Deskripsi

Untuk menambahkan meta deskripsi, kamu bisa mengikuti panduan dalam gambar yang telah kami jelaskan di bawah ini.

Cara Posting Artikel

Pertama, klik tulisan “Pratinjau Google”, kemudian klik tombol “Sunting Kotak Kecil”. Setelah itu akan muncul form “Deskripsi Meta” seperti dalam gambar di bawah ini.

Meta Deskripsi

Isilah meta deskripsi dengan kalimat singkat yang mengandung keyword utama. Seperti contoh dalam gambar berikut ini.

Deskripsi Meta

Dalam gambar tersebut sudah terisi deskripsi meta singkat yang mengandung keyword utama. Pastikan isi kalimat di kolom deskripsi meta tidak terlalu panjang agar mendapatkan score hijau. Untuk score deskripsi meta bisa kalian lihat sendiri di bawah kolomnya terdapat garis berwarna hijau. Jika garis tersebut berwarna orange, itu artinya kalimat yang kalian gunakan terlalu panjang. Buatlah kalimatnya menjadi ringkas sampai mendapatkan score hijau.

Dan selamat, sampai disini beberapa langkah untuk meningkatkan score SEO hijau sudah kita lakukan dalam penerapan teknik SEO On Page.

Good SEO

Dalam gambar tersebut bisa kamu lihat sendiri, bahwa score SEO yang sebelumnya berwarna orange, kini telah telah berubah menjadi warna hijau. Itu artinya penerapan teknik SEO On Page yang kita lakukan sudah maksimal dan artikel siap dikirimkan untuk ditinjau.

Nah, jadi itulah dia penjelasan lengkap mengenai langkah-langkah pendaftaran menjadi penulis tamu, syarat dan ketentuan penulisan, serta cara posting artikel yang telah kami kupas tuntas dalam pembahasan kali ini.

Demikianlah pembahasan artikel ini saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin bergabung menjadi salah satu penulis tamu di Okeylah Media. Terima kasih…

error: Content is protected !!