Selain Parasite, Film Ini Menangkan Oscar Best Picture

Oscar Best PictureAcara Academy Award atau dikenal dengan Oscar setiap tahunnya selalu memberi penghargaan atas film-film terbaik di masanya. Nominasi Best Picture menjadi incaran pada sutradara sekaligus produser perfilman. Nah, penasaran kan siapa pemenang best picture di tahun 2019? Yaps, benar sekali ‘Parasite’. Selain Parasite, Okeylah sudah mengumpulkan Oscar Best Picture setiap tahunnya. Berikut film Oscar Best Picture ala Okeylah.

parasite film
sumber : imdb.com

1.  Parasite

Film Gisaengchung atau Parasite berhasil memenangkan Oscar Best Picture yang ke 92 atau 92nd Academy Award Best Picture pada tahun 2019. Sutradara Joon-ho Bong dan Ji-won Han mengemas film ini dengan menarik dan seru. Rilis pada Mei 2019, film asal Korea Selatan ini dibintangi oleh aktor – aktris papan atas seperti Kang-ho Song, Sun-kyun Lee, dan Yeo-jeong Cho. Film dengan pendapatan $ 264,4 juta berhasil mendapatkan 8.6 dari 10 skor IMDb.

Film parasite mengambil kehidupan masyarakat sekarang ini, dimana hidup perdampingan antara si miskin dan si kaya. Hidup si miskin bergantung dengan upah dari si kaya. Sama halnya dengan Ki-woo yang menggantikan posisi Min Hyuk sebagai guru les anak tuan Park. Min Hyuk harus keluar negeri untuk melajutkan sekolahnya. Keluarga Park dan Keluarga Min Hyuk bertemu dan saling bergantung mulai saat itu.

green book film
sumber : universalpictures.com

2.  Green Book

DI tahun 2018, Green Book berhasil memenangkan Best Picture di 91nd Academy Award. Peter Ferrelly menggaet Viggo Mortensen, Mahershala Ali dan Linda Cardellini untuk membintangi film yang rilis September 2018. Total pendapatan dari film Ferrelly sekitar $327,9 juta dengan rating 8.2/10 di IMDb dan 9/10 di Kincir.com.

Green Book mengutip kisah preman dari Bronx yang bernama Tony Lip berusaha mencari pekerjaan baru karena tempat kerjanya yang lama sedang mengalami renovasi. Dia pun diterima menjadi bodyguard dan sopir dari Shirley dan mengadakan konser tour keliling dunia. Selama perjalanan Lip mengandalkan Negro Motorrist Green Book.

The shape of water film
sumber : imdb.com

3.  The Shape of Water

Film romansa yang digarap oleh Guilermo del Toro, J. Miles Dale, dan Vanessa Taylor rilis pada Agustus 2017. Film Sally Hawkins dan Michael Shannon berhasil memenangkan Best Picture 90nd Academy Award dan termasuk film berpendapatan tinggi $ 195.3 juta, 10 kali lipat anggaran film. Rating film The Shape of Water mendapatkan 7.3/10 IMDb dan 92% Rotten Tomatoes.

The Shape of Water menggambarkan kehidupan yang tidak terduga, drama percintaan yang terjadi tahun 1960. Seorang wanita bernama Elisa yang bekerja sebagai petugas kebersihan laboratorium bertemu dengan makhluk amphibi yang langka. Elisa pun menemuinya secara diam-daim berulang kali. Hingga rasa cinta tumbuh diantara keduanya, hal itu membuat Elisa berani melakukan hal nekad.

moonlight

4.  Moonlight

Drama Trevante Rhodes dan Andre Holland menarik perhatian masyarakat, terbukti film garapan Barry Jenkins memenangkan Best Picture89nd Academy Awards. Pendapatan Moonlight pun tak main-main lebih dari lima kali lipat anggaran film, sekitar $ 65,3 juta. Film yang rilis Septermber 2016 mendapatkan 98% Rotten Tomatoes dan 7.4/10 IMDb.

BACA JUGA :  Arti Film Fantasi Menurut Literatur

Moonlight mengisahkan tentang kehidupan seseorang bernama Chiron yang terbagi menjadi 3 perjalanan hidup. Ketika ia masih kecil orang-orang sering membuli little Chiron. Beranjak remaja pembulian masih dilakukan padanya, Chiron mulai menjadi jati dirinya. Terakhir, saat Black Chiron menjadi dewasa dan terjebak dalam permasalahan obat-obatan (narkoba). Film Moonlight mengajarkan setiap orang memiliki tiga babak kehidupan, setiap perjalanan menuju babak selajutnya selalu ada perubahan dalam dirinya.

spotlight film

5.  Spotlight

Film yang dibintang oleh Mark Ruffalo dan Michael Keaton mengisahkan tentang perusahaan bernama Spotlight yang berhasil menungkap hal-hal yang selama ini tersembunyi. Salah satunya kasus kriminal terhadap anak kecil, dimana beberapa pastur gereja Katolik Roma di daerah Buston, U.S melakukan pelecehan terhadap anak-anak yang berkunjung ke gereja. Mengungkap kasus semacam itu tidaklah mudah, Baron (wartawan Spotlight) berusaha keras untuk mengungkap kebenaran dari kasus yang telah ditutup ini.

Tom McCarthy dan Josh Singer berhasil mengarahkan film drama biografi tersebut dengan menarik, seru dan menebak-nebak akhir dari film ini. September 2015 film ini rilis dengan durasi 129 menit. Ditahun yang sama juga, film Spotlite memenangkan Best Picture88nd Academy Awards. Hal ini juga berdampak pada rating film, diketahui Spotlite mendapatkan 8.1/10 IMDb dan 97% di Rotten Tomatoes.

Birdman Or : The Unexpected Virtue of Ignorance

6.  Birdman Or : The Unexpected Virtue of Ignorance

Birdman adalah film garapan dari sutradara Alenjandro G. Iñárritu dan dibintangi oleh Michael Kaeton, Zach Galifianakis, dan Edward Norton. Film yang rilis pada Agustus 2014 dengan durasi 119 menit ini berhasil memenangkan 87nd Academy AwardBest Picture dengan pendapatan $ 103.2 juta. Tak hanya itu, film Birdman mendapatkan 7.7/10 skor IMDB dan 91% skor Rotten Tomatoes.

Film Birdman mengambil latar belakang kehidupan seorang aktor pahlawan super bernama Riggan. Riggan telah memerankan Birdman selama ± 20 tahun lamanya. Dia merasa sudah cukup tua untuk menjadi aktor sehingga ia ingin mencoba peruntungan sebagai sutradara film. Riggan berusaha untuk menunjukkan kemampuan di belakang layar. Kejadian-kejadian tak terduga terjadi ketika malam sebelum perilisan filmnya.

12 years a slave

7. 12 Years a Slave

Melalui film 12 Years a Slave, Steve McQueen berhasil mendapatkan Best Picture – 86nd Academy Award. Film yang dibintangi Chiwetel Ejiofor, Michael Fassbender, Benediktus, dan Cumberbatch rilis pada tahun 2013 dengan pendapatan sekitar $ 187,7 juta. Hal ini menyebabkan rating film terbilang tinggi, 8.91 /10 skor IMDb dan 95% skor Rotten Tomatoes.

Film 12 Years a Slave mengambil latar belakang HAM dan perbudakan, seperti judulnya. Kala itu di U.S tahun 1841 penjualan warga dengan kulit hitam masih legal meskipun hal itu mengandung SARA. Bermula dar Solomon yang dibohongi oleh dua orang temannya. Temannya mengajaknya untuk bermain sirkus di Washington tetapi dia justru berakhir menjadi budak. Selama 12 tahun dirinya mengalami tersiksannya menjadi budak. Berkat Bass dia berhasil mengirim pos dan keluar dari rumah majikannya.

argo film

8.  Argo

Argo film garapan Ben Affleck dan Chris Terrio berhasil membawa pulang piala 85nd Academy Award – Best Picture. Film Argo resmi rilis pada tahun 2012 dengan durasi 120 menit sukses mendapatkan rating 7.7/10 skor IMDb dan 96% skor Rotten Tomatoes. Tak hanya sebagai sutradara, Ben ikut dalam peran sebagai Tony Mendez dengan Bryan Cranston, Alan Arkin, dan John Goodman.

BACA JUGA :  Ini Rahasia, Cara Jual Rumah dengan Cepat dengan harga tinggi

Argo memberikan gambaran penyerbuan yang dilakukan Iran kepada Kedutaan Amerika Serikat di Teheran. Pernyerbuan tersebut sebagai pembalasan dendam atas presiden U.S karena memberikan suaka kepada Shah saat revolusi Iran. Argo juga mengambil latar belakang tahun 1979. Secara keseluruhan film Argo menggambarkan kemiripan kejadian saat itu meskipun terdapat beberapa ketidaksinkronan.

the artist film

9.  The Artist

Drama film The Artist sukses mengambil hati penonton sehingga menggiring film ini memenangkan Best Picture – 84nd Academy Awards. Diperankan oleh Jean Dujardin, Bérénice Bejo, James Cromwell, dan Penelope Ann Miller The Artist rilis pada tahun 2011 dengan durasi 100 menit. Tak hanya membawa pulang piala, The Artist memperoleh gelar film terlaris dengan pendapatan 8 kali lipat anggaran. Rating film juga memuaskan dengan skor 7.9/10 IMDb dan 95% Rotten Tomatoes.

Menggambarkan keadaan di Hollywood tahun 1927 dan 1932, The Artist mempertemukan dua insan dengan hubungan idola dan fans. Setelah bertemu dengan sang idola, dia semakin bersemangat untuk mengikuti audisi akting. Lolos menjadi pemeran figuran beranjak menjadi pemeran utama. Berulang kali bertemu membuat mereka saling jatuh hati. Sayangnya hal itu justru membuat mereka terjebak dalam permasalahan yang rumit.

the king speech

10. The King’s Speech

Pada tahun 2010, Ton Hooper dan crew berhasil memenangkan Best Picture – 83nd Academy Award. Kemenangan tersebut lantas mendapatkan respon positif oleh penonton, The King’s Speech meraih rating 8/10 IMDb dan 94% Rotten Tomatoes. Film yang berdurasi 119 menit ini diperankan oleh aktor-aktor ternama seperti Colin Firth, Geoffrey rush, dab Helena Bonham.

Film bertajuk drama sejarah Inggris rilis pada akhir 2010 dengan menggambarkan usaha seorang raja bernama George VI yang berusaha menghilangkan kegagapannya ketika berpidato didepan rakyatnya. Sang rajapun memanggil aktor handal bernama Lionel untuk membantunya. Lucunya Lionel menggunakan cara yang diluar nalar untuk menghilangkan kegagapan sang raja. Akankah berhasil?

the hurt locker

11. The Hurt Locker

Di tahun 2009 pemenang Best Picture – 82nd Academy Awards memiliki genre film thriller perang aksi yang digarap oleh Kathryn Bigelow, The Hurt Locker. Resmi liris pada Juni 2009 di Amerika Serikat, film ini dibintangi oleh Jeremy Ranner, Anthory Mackie, Brian Geraghty, dan Evangeline Lily dengan durasi 131 menit. Meraup keuntungan sekitar $ 49,2 juta setara dengan rating film yang diperoleh 8.5/10 skor IMDb dan 95% skor Rotten Tomatoes.

The Hurt Locker menggambarkan kisah seorang angkatan darat A.S bernama Sersan William James yang baru saja diangkat menjadi pemimpin tim dari EOD unit di Perang Irak. James yang dianggap masih ceroboh dan kurang efisien mengatur tim menimbulkan pertikaian dengan anggotanya. Sikap James yang dapat dikatakan angkuh membuat buruknya kerja tim. Hal ini membawa tim EOD unit kesulitan dan mendapatkann masalah besar.

BACA JUGA :  4 Kelebihan Peer to Peer Lending, Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan

slumdog millionaire

12. Slumdog Millionaire

Film yang diadaptasi oleh longgar dari novel india berjudul Q & A karangan Vikas Swarup berhasil membawa pulang piala Best Picture 81nd Academy Award. Danny Boyle dan Simon Beaufoy merilis bentuk visual dari novel tersebut dan menggaet Dev Patel, Freida Pinto, Madhur Mittal, dan Anil Kapoor untuk memerankannya. Film yang rilis akhir 2008 di Amerika Serikat ini berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar $ 378,1 juta dan skor rating 8/10 pada IMDb dan 91% Rotten Tomatoes.

Slumdog Millionaire menggambarkan tentang kehidupan orang miskin yang selalui dicurigai. Sama halnya dengan Jamal Malik yang ingin memenangkan kuis Who Wants to be Milionaire dengan hadiah 20 juta rupee. Jamal sukses menjawab semua pertanyaan dan lanjut ke babak terakhir sayangnya harus ditunda minggu depan karena durasinya sudah habis. Setelah itu Jamal justru ditangkap oleh polisi karena dianggap berbuat curang, dia sempat disiksa untuk mengakui kecurangannya. Akankah Jamal dapat bebas? Langsung saja tonton ya okers.

no country of old men

13. No Country of Old Men

Film bertajuk thriller kriminal No Country of Old Men garapan Joel Coen sukses memenangkan piala Best Picture – 79nd Academy Awards tahun 2007. Bekerja sama dengan Ethan Coen, mereka juga menggaet aktor-aktor berbakat seperti Tommy Lee Jones, Javier Bardem dan Josh Brolin. Rilis pada November 2007 di Amerika Serikat, Film No Country for Old Men meraup pendapatan sekitar $ 171,6 juta dan skor rating yang tinggi 8/10 IMDb dan 91% Rotten Tomatoes.

Seperti judulnya, Joel Coen menggambarkan kisah pekerja bernama Moss yang tidak sengaja menemukan uang $ 2 juta dollar di koper. Sesegera mungkin dia membawa pulang koper tersebut, tanpa diketahui koper tersebut dipasang alat pelacak. Hidup Moss kini terancam dibunuh oleh psikopat pembunuh bernama Anton. Kehidupan Moss menjadi tidak tenang akibat kehadiran Anton. Sheriff Ed menyarankan untuk menyerahkan koper tersebut ke pihak berwajib. Akankah Moss mengikuti saran Sheriff Ed?

the departed film

14.  The Departed: Graham King

Film rekomendasi Okeylah terakhir adalah The Departed yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, dan Mark Wahlberg. The Departed yang tayang Oktober 2006 di Amerika Serikat disambut hangat para penggemar film aksi. Hal itu mengakibatkan pelonjakkan drastic pendapatan hingga $ 291,5 juta. Tak hanya itu rating meningkat drastis, 8.5/10 skor IMDb dan 91% skor Rotten Tomatoes.

Martin Scorsese selaku sutradara menggambarkan jaringan mafia di tahun 1970. Bos besar jaringan mafia bernama Frank mengutus Collin, anak buahnya menjadi mata-mata di kepolisian. Sementara itu kepala kepolisian menyuruh Billy melakukan hal yang sama di markas mafia. Billy dan Collin pun bertemu dan saling berusaha membongkar identitas penyusupan tersebut.

 

Berakhir di Film The Departed pembahasan Okeylah kali ini. Oscar Best Picture menjadi ajang trend center mencari film film terbaik. Penghargaan pun diberikan bukan dengan sembarangan terdapat penilaian yang ketat serta mengamati respon masyarakat. Lalu film apa yang akan meneruskan parasite menempati posisi oscar best picture?

Recommended Product

Comments to: Selain Parasite, Film Ini Menangkan Oscar Best Picture