Home » Jalan Bareng » Mie Ongklok Wonosobo – Murah dan Unik

Mie Ongklok Wonosobo – Murah dan Unik

by Silvera Riduan
Mie ongklok Wonosobo

Kabupaten Wonosobo, siapa yang tidak tau daerah Wonosobo? Daerah yang berada di pegunungan Jawa Tengah ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Kabupaten Wonosobo terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan jarak dari ibu kota Jawa Tengah (Semarang) sepanjang 120 km. Daerah ini memiliki ketinggian rata-rata 2000 mdpl, yang biasa disebut dengan Dataran Tinggi Dieng. Bagi pendaki gunung pasti familiar dengan daerah ini, karena kabupaten ini terletak diantara komplek Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. 

Kabupaten Wonosobo ini memiliki tempat wisata yang tak kalah apik dan patut untuk dikunjungi. Rasanya jalan-jalan ke Jawa Tengah kurang sempurna jika tidak mengunjungi kabupaten ini. Selain tempat wisatanya, kabupaten ini juga memiliki makanan khas daerah.

Travelling ke Wonosobo akan lebih lengkap jika mencicipi makanan khasnya, kabupaten ini menawarkan banyak sekali makanan khas yang unik dan terjangkau di kantong wisatawan. Seperti mie ongklok, carica, purwaceng, sagon, tempe kemul, opak singkong, kacang dieng, keripik jamur dan masih banyak lagi.

Mie Ongklok adalah salah satu makanan khas Wonosobo yang memiliki daya tarik tersendiri. Makanan ini tergolong unik mulai dari cara pembuatannya hingga cita rasanya. Makanan sederhana yang paling banyak dicari oleh wisatawan luar.

Jika dilihat dari penyajiannya Mie Ongklok terlihat seperti mie kuah pada umumnya. Namun uniknya dari makanan khas daerah Dataran Tinggi Dieng ini adalah makanan ini jauh lebih sedap jika disantap dengan sate sapi dan tempe kemul dengan kopi hangat atau teh hangat sebagai minumannya.

Mie Ongklok memiliki sejarah tersendiri dari penamaannya. Ongklok dalam bahasa masyarakat sekitar adalah peniris makanan yang terbuat dari anyaman bambu. Sehingga penamaan makanan ini berarti mie berkuah yang penirisannya menggunakan anyaman bambu.

Di tengah teknologi yang maju, anda dapat menikmati santapan khas Wonosobo ini di rumah. Pembuatan Mie Ongklok yang mudah sehingga dapat dipraktekkan sendiri di rumah. Anda dapat menikmati makanan unik ini tanpa harus datang langsung ke Wonosobo.

Baca juga : 10 Tempat Makan Hits di Kota Semarang – Murah, Enak, Unik, dan Instagramable

Inilah Langkah-Langkah Pembuatan Mie Ongklok:

Bagi para perantau yang rindu makanan khas satu ini dan belum punya waktu untuk pulang kampung. Resep ini ampuh mengobati rindu pada kampung halaman. Cara pembuatannya yang mudah untuk dipraktekkan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan pula.

Bahan – Bahan :

  1. Mie Kuning Basah 500 gr
  2. Daging Sengkel 250 gr
  3. Ebi 25 gr
  4. Bawang Merah 4 siung
  5. Bawang Putih 4 siung
  6. Kol 200 gr
  7. Tepung Sagu
  8. Gula Pasir
  9. Garam
  10. Kecap Manis
  11. Kecap Asin
  12. Air
  13. Minyak Goreng
  14. Kunyit Bubuk
  15. Merica Bubuk Jahe

Setelah mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan Mie Ongklok, langsung saja ke cara pembuatannya.

  1. Buatlah bumbu kuah dari Mie Ongklok dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, jahe, merica bubuk, dan kunyit bubuk hingga rata. Tambahkan ebi yang sudah digeprek. Campur hingga merata.
  2. Panaskan minyak goreng dan masukkan bumbu tersebut. Tumis hingga matang lalu tambahkan air.
  3. Jika air sudah mendidih, tambahkan daging sengkel yang sudah diirisi. Usahakan daging matang dengan sempurna.
  4. Setelah daging matang, selanjutnya tambahkan kecap asin, kecap manis, garam, dan gula secukupnya saja. Rebus kurang lebih satu jam.
  5. Campurlah tepung sagu dengan air, aduklah hingga rata. Campuran tersebut ditambahkan direbusan kuah dengan daging tadi.
  6. Jika sudah matang, ambil daging yang direbus bersama kuah dan tiriskan. Setelah dirasa cukup dingin, potong daging tersebut sesuai selera.
  7. Sembari menunggu, potonglah tipis-tipis kol dan rebus bersama mie kuning. Tunggulah hingga matang.
  8. Tiriskan mie dan kol di mangkuk, tambahkan potongan daging yang sudah matang. Siram menggunakan kuah yang sudah dibuat.
  9. Penyajian terakhir tambahkan beberapa toping yang inginkan.
BACA JUGA :  6 Daftar Makanan Halal di Bali yang Mudah Ditemukan

Namun jika anda sedang berada di Daerah Wonosobo dan ingin mencicipi langsung kenikmatan Mie Ongklok, ada beberapa rekomendasi tempat yang patut dicoba. Tempat-tempat ini memiliki banyak penggemar tersendiri dan menyajikan dengan cita rasa yang berbeda-beda.

Baca juga : 10 Restoran di Pulau Bali yang Wajib Dikunjungi – Bikin Nagih, Yuk Mampir!!

Inilah Rekomendasi Kedai Mie Ongklok yang Murah Meriah :

Setiap tempat pasti memiliki keunikkan tersendiri, seperti beberapa rekomendasi tempat yang menjual Mie Ongklok di daerah Wonosobo.

1. Mie Ongklok Pak Muhadi

Saat anda membuka google, kemudian search mengenai Mie Ongklok Wonosobo maka kedai mie ini akan muncul pertama kali. Banyak sekali ulasan google yang merekomendasikan kedai ini. Kedai yang terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani No.1, Tosari Jaraksari, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56314.

adilhanipramastyo.wordpress.com

Biasanya kedai ini buka pada pukul 09.00 hingga malam, sedangkan tutupnya sesuai kondisi. Biasanya Mie Ongklok Pak Muhadi ini habis sekitar pukul 20.00. Kedai ini berada di tengah kota sehingga memudahkan pengunjung. Udara daerah Wonosobo yang sejuk dan dingin menambah nikmatnya menyantap Mie Ongklok Pak Muhadi ini.

Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau di kantong masyarakat Indonesia. Untuk harga satu porsi mienya hanya Rp. 6000, sate daging sapi per porsinya hanya Rp. 20.000 dengan satu porsi mendapat 10 tusuk, ditambah dengan tempe kemul hanya Rp. 1000 per biji.

2. Mie Ongklok Longkrang

Beralih ke kedai selanjutnya, kedai ini berada di Jl. Pasukan Ronggolawe No.14, Longkrang, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Tak kalah ramai dengan kedai lainnya, kedai ini memiliki keunikkan yang tersendiri. Banyak sekali ulasan yang menceritakan pengalamannya menikmati Mie Ongklok salah satunya pengunjung dari Cikarang menuliskan “Mie ini memang khas dan unik. Kuahnya yg kental dan rasanya yg beda. Tidak akan anda temukan di Jakarta. Ditambah pemiliknya yg baik hati memberi kita gorengan gratis. Mantab jiwa.”

phinemo.com

Kedai mie ini biasanya buka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 17.00. Harga yang ditawarkan juga tergolong murah meriah dan tidak menguras kantong wisatawan yaitu untuk satu prosi Mie Ongkloknya hanya Rp. 5000, sate sapi hanya Rp. 15.000 per porsinya dengan satu porsi mendapatkan 10 tusuk, dan untuk tempe kemulnya seharga Rp. 50 per bijinya.

Uniknya dari kedai ini selain pengunjungnya yang rela antri berjam-jam untuk menyantap makanan khas Wonosobo ini, kuah yang disajikan sangat kental sehingga pengunjung tidak akan bosan dengan makanan ini.

BACA JUGA :  15 Serial Netflix Terbaik Menurut Pengguna Netflix

3. Mie Ongklok dan Sate Bu Umi

Rekomendasi selanjutnya adalah Mie Ongklok dan Sate Bu Umi yang terletak di Jl. Masjid No. 11 RT/RW : 01/14 Kauman Utara, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 56311. Kedai ini juga tak kalah ramai dengan kedai lainnya dengan jam buka pukul 09.00 sampai 21.00.

banyumurti.net

Kedai Mie Ongklok dan Sate Bu Umi terkenal dengan sambel kacang yang lezat dan bumbu sate yang pedas. Bagi anda yang tidak menyukai sate, anda dapat request tanpa sate. Harga yang ditawaran pun tidak menguras kantong anda untuk satu porsi Mie Ongklok-nya hanya sebesar Rp. 7000 per satu porsinya, satenya satu porsi dengan 10 tusuk hanya Rp. 15.000, dan gorengan tempe kemulnya Rp.600 per bijinya.

Namun kedai Mie Ongklok dan Sate Bu Umi  yang tidak begitu luas dan hanya menampung sekitar 40 orang saja, juga memliki banyak pelanggan yang rela antri untuk menyantap Mie Ongklok ini. Tak hanya warga sekitar namun juga wisatawan luar daerah.

4. Resto Ongklok

Rekomendasi kedai selanjutnya adalah Resto Ongklok yang terletak di Jl. Dieng, Kalianget, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jaw Tengah 56319. Berbeda dengan kedai lainnya kedai ini buka setiap hari 24 jam. Sehingga kedai ini menjadi rekomendasi favorit jika wisatawan yang hendak mencicipi makanan ini di dini hari.

mapio.net

Tempat ini memiliki suasana yang modern dan instagramable, bagi wisawatan yang ingin menikmati Mie Ongklok sembari berfoto ria. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau untuk satu porsi Mie Ongklok-nya hanya Rp. 5000 hingga Rp. 7000, sate sapinya hanya Rp.1500 per tusuknya dan tempe kemulnya hanya Rp. 1500 per bijinya.

Selain menyediakan menu makanan khas Wonosobo, kedai ini juga menyediakan fasilitas lainnya seperti WiFI, area olahraga hingga convention hall. Tak khayal jika kedai ini selalu ramai wisatawan luar daerah.

5. Mie Ongklok dan Sate Pak Tris

Rekomendasi kedai Mie Ongklok yang terakhir adalah Mie Ongklok dan Sate Pak Tris yang terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani No. 140, Ngepelan, Wonosobo Timur, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah 6311. Namun sayangnya kedai ini hanya buka pada pukul 04.00  hingga 10.00 pagi. Kedai ini hanya cocok dijadikan tempat sarapan saja.

travelingyuk.com

Kedai ini terletak disekitar Alun-Alun Wonosobo sehingga lebih memudahkan wisatawan untuk menemukan kedai ini. Sehabis olahraga pagi di Alun-Alun Kabupaten Wonosobo, menyantap Mie Ongklok dan Sate Pak Tris pastinya lezat bukan.

Hanya dengan Rp. 15.000 wisatawan dapat menikmati Mie Ongklok dan Sate Pak Tris untuk setiap porsinya. Sajian yang sederhana namun dapat memanjakan lidah pengunjung, ditambah lagi dengan rasa yang tak kalah nikmatnya. Menikmati Mie Ongklok dengan pemandangan Alun-Alun Kabupaten Wonosobo pastinya sangat menyenangkan.

Nah, demikianlah pembahasan tentang Mie Ongklok : Makanan Khas Wonosobo yang Murah dan Unik. Semoga dapat memberi informasi lebih untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Wonosobo. Sekian dan Terimakasih. Selalu kunjungi blog Okeylah.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan lainnya.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment