Mau Mandiri? Ini Cara Membuat Rumah Murah hanya 25 juta saja!

1 min read

Cara membuat rumah murah
0
()

Cara membuat Rumah murah. Memiliki rumah memang menjadi impian bagi setiap pasangan suami dan istri. Apalagi jika pasangan suami istri telah memiliki keturunan. Memiliki hunian atau tempat tinggal yang layak menjadi sebuah keharusan.

Akan tetapi, persoalan finansial biasanya menjadi salah satu hal yang menjadi penghalang dan hambatan dalam mewujudkannya. Jika anda terus-terusan menunda memiliki rumah, maka dari tahun ke tahun harganya akan semakin tinggi. Lalu, bagaimanakah cara membuat rumah murah 25 juta? Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Cara membuat rumah murah

Cara Membuat Rumah Dengan Budget 25 Juta Rupiah

Anda hanya memiliki dana 25 juta rupiah? Kira-kira apakah dana segitu bisa digunakan untuk membangun rumah? Tentu saja bisa, dengan usaha dan niat yang bulat uang 25 juta rupiah tersebut bisa anda gunakan untuk membangun hunian yang nyaman dan aman. Akan tetapi niat dan tekad saja pasti tidak bisa mewujudkan impian anda untuk mendapatkan rumah. Oleh karena itu, lakukanlah beberapa cara membuat rumah murah 25 juta ini untuk mewujudkan impianmu.

1. Sediakanlah Tanah Untuk Bangunan Rumah Terlebih Dahulu

Modal dasar yang diperlukan untuk membangun rumah adalah tanah. Harga tanah sekarang ini memang cenderung mahal. Oleh karena itu, sebaiknya anda telah mempersiapkan tanah kosong yang akan digunakan untuk membangun rumah dengan budget 25 juta rupiah.

Cara membuat rumah murah

2. Memilih Desain Rumah Yang Sederhana Dan Minimalis

Setiap orang tentunya memiliki desain rumah yang diimpikan. Pilihlah desain rumah yang minimalis dan sederhana jika anda hanya memiliki anggaran dana sebesar 25 juta rupiah. Anda bisa membangun rumah kayu yang diberi sentuhan seni yang bagus. Jadi, anda bisa menghemat pengeluaran untuk pembelian batu bata atau semen.

Baca Juga : Cara membuat Surat Perjanjian jual beli Rumah

3. Memilih Ukuran Dan Tipe Rumah

Jangan pilih ukuran rumah yang besar. Anda bisa memilih ukuran rumah tipe 36 yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar dapat mewujudkan rumah dengan budget 25 juta rupiah. Bahan-bahan material yang diperlukan untuk membangun rumah tipe 36 tentu akan lebih hemat dibandingkan tipe yang lebih besar.

4. Belilah Bahan-Bahan Material Dari Tempat Grosir

Dana anda akan terkuras cukup banyak untuk berbelanja bahan-bahan bangunan. Oleh karena itu, pilihlah bahan-bahan material yang kualitasnya standar saja yang pasti aman dan tahan lama. Anda bisa berbelanja bahan-bahan material di tempat grosir. Disana anda akan mendapatkan harga yang cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan toko-toko kecil.

Jika anda memiliki relasi yang menjual bahan material, manfaatkanlah untuk mendapatkan diskon atau potongan harga. Jadi anda bisa mengalokasikan anggaran untuk keperluan rumah lainnya.

Cara membuat rumah murah5. Hitunglah Upah Tukang Bangunan Dengan Rinci

Kehadiran tukang bangunan memang menjadi kunci penting untuk membuat rumah. Kadang, biaya yang dibutuhkan untuk upah tukang bangunan ini memang diluar dugaan.

Oleh karena itu, jika anda memiliki relasi yang biasa menjadi tukang bangunan, manfaatkanlah kesempatan itu. Jika tidak, anda bisa mengadakan kesepakatan dengan tukang bangunan untuk melakukan sistem borongan. Jika dilakukan dengan sistem borongan, biasanya pekerjaan akan segera terselesaikan sehingga akan lebih menghemat pengeluaran.

Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk mengerjakan rumah. Misalnya, ketika tiba haru sabtu-minggu, anda bisa ikut membantu pengerjaan rumah sehingga biaya bisa lebih terkontrol.

Selain itu, jika anda tinggal di perkampungan, tidak ada salahnya meminta bantuan warga untuk ikut serta membangun rumah. Biasanya para warga di perkampungan akan lebih peka dan respect ketika ada salah seorang warganya yang sedang membangun rumah.

Itulah beberapa cara membuat rumah murah 25 juta yang bisa anda jadikan referensi. Sangat mudah, bukan?

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!