Mau Beli Rumah Subsidi? Baca Dulu Cara Beli Rumah Subsidi Ini!

2 min read

Cara beli rumah subsidi
0
()

Cara beli Rumah Subsidi yang baik. Di Indonesia banyak sekali masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal baik yang di desa atau di kota. Hal ini sering dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dimana mereka tidak memiliki modal untuk memiliki rumah.

Selain itu harga sewa serta naiknya biaya material menjadi alasan lain banyak orang yang belum mampu membangun rumah. Faktor Urbanisasi juga menjadi hal lain yang mempengaruhi fenomena ini. Padahal pemerintah sudah menyediakan rumah subsidi yang bisa ditinggali dengan harga yang lebih murah.

Namun kecenderungan masyarakat yang tidak yakin bisa mencicil rumah tersebut menjadikan banyak rumah yang tidak terjual. Namun tidak semua rumah subsidi gagal dijual ada yang justru laku dibeli banyak orang. Untuk yang berminat, berikut akan dijelaskan cara beli rumah subsidi untuk anda.

Cara Beli Rumah Subsidi

Terdapat beberapa cara dalam membeli rumah subsidi, berikut diantaranya:

1. Datang Ke Kantor Pemasaran

Cara beli rumah subsidi yang pertama adalah dengan mendatangi kantor pemasaran terkait. Untuk alamatnya bisa anda dapatkan di brosur yang biasanya disebar oleh beberapa sales.

Bila anda sudah datang kesana, maka bagian marketing akan menjelaskan tipe rumah harga, DP, serta cicilan yang harus anda bayar. Jika sudah setuju dengan penawaran yang dijelaskan, segera booking rumah yang anda inginkan agar tidak diambil pembeli lain.

Ketika booking anda akan ditarik uang yang sudah disepakati. Jika anda membatalkan pembelian rumah tersebut, uang anda tidak akan kembali. Maka dari itu anda harus spesifik dalam memilih rumah yang akan dibeli. Selain itu setelah anda melakukan pembayaran booking, usahakan anda juga harus menerima kwitansi resmi dari developernya.

2. Mengisi Form Bank Yang Memberikan Kredit

Cara beli rumah subsidi yang kedua adalah mengisi form dari Bank yang memberikan kredit. Hal ini dilakukan setelah anda melakukan proses booking. Setelah itu form yang sudah diisi harus anda kembalikan maksimal 2 minggu setelah menerimanya. Selain itu lampirkan pula form FLPP dan persyaratan lain yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Mengisi Form FLPP

Seperti sudah dijelaskan di nomor dua cara beli rumah subsidi yang selanjutnya adalah mengisi form FLPP. Form FLPP wajib diberikan dalam proses pembelian rumah bersubsidi dan harus dikembalikan oleh pembeli maksimal 2 minggu setelah diambil.

4. Menyerahkan Berkas Persyaratan

Setelah semua berkas lengkap anda harus segera menyerahkannya ke tempat dimana anda mengambil form tersebut. Namun sebelum itu anda harus mengecek semuanya terlebih dahulu agar tidak ada persyaratan yang terlewat. Caranya adalah dengan membuat list persyaratan apa saja yang harus ada.

Baca Juga : Cara membuat rumah murah dengan modal 25 juta

5. Wawancara

Setelah menyerahkan berkas ke pihak yang bersangkutan, langkah selanjutnya adalah wawancara. Wawancara akan dilakukan oleh pihak Bank ke calon debitur melalui telepon atau diundang langsung ke kantor pemasaran. Saat wawancara sebisa mungkin berpakaian yang rapi karena biasanya pihak pewancara akan menilai keseriusan anda dari penampilan.

6. Menunggu SP3K

Setelah melakukan wawancara, anda tinggal menunggu SP3K sebagai bukti bahwa permohonan kredit terhadap rumah anda di ACC. Dalam surat ini berisi tentang biaya proses, nilai plafon, tenor kredit, serta jumlah cicilan bulanan yang harus anda bayar.

7. Akad Kredit

Cara beli rumah subsidi yang terakhir adalah menerima akad kredit. Ini merupakan proses terakhir yang harus anda lakukan sebelum sah memiliki rumah yang diinginkan.

Akad kredit biasanya diberikan oleh pihak Bank ketika proses pembangunan rumah anda sudah mencapai 90%. Tempat pelaksanaannya biasanya di lokasi Bank yang bersangkutan, namun ada pula beberapa developer yang berkenan menyediakan gedung untuk hal tersebut.

Materai dengan nominal tertentu juga diperlukan saat proses akad kredit. Setelah itu anda akan diminta menandatangani lampiran serta berkas penting lainnya. Setelah semuanya beres, anda bisa memulai membayar angsuran 1 bulan setelah akad kredit tersebut.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!