15 Manfaat Buah Untuk Kesehatan Tubuh

4 min read

manfaat buah
5
(1)

manfaat buah

15 Manfaat Buah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah – Buah adalah jenis makanan yang tidak lagi asing ditelinga kita. Dengan berbagai kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh tubuh dalam jumlah yang normal.

Tak heran jika para ahli kesehatan selalu merekomendasikan untuk rutin mengkonsumsi buah-buahan agar dapat meningkatkan imunitas tubuh, menyegarkan badan, menjaga kebugaran dan kesehatan kulit, mencegah kanker serta dapat juga mencegah berbagai macam penyakit tubuh.

Buah sangat kaya akan nutrisi dengan kandungan gizi yang berbeda-beda. Juga mengandung berbagai vitamin yang memiliki manfaat yang berbeda bagi tubuh.

Berikut beberapa jenis buah-buahan yang sering dijumpai disekitar rumah yang memiliki manfaat sangat baik untuk tubuh.

Baca Juga : 8 Sayuran Penurun Kolesterol Untuk Penyakit Kolesterol Tinggi

  1. Manfaat Buah Jeruk nipis

Jerik nipis biasanya ditanam disekitar rumah sebagai bahan memasak ataupun sebagai bahan membuat minuman. Kandungan vitamin C yang  terkandung didalam jeruk nipis sangat baik untuk tubuh.

Kandungan asam sitrat limonen, linalin asetat, geralin asetat, fellandren dan sitrat terbukti dapat meningkatkan antioksidan sebagai daya tahan tubuh.

  1. Manfaat Buah Tomat

Merupakan tanaman buah yang biasanya juga dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Buah tomat dapat ditemukan dengan mudah sekali di sekitar kita. Buah tomat selain ditanam disekitar rumah juga dapat dengan mudah di supermarket, pasar tradisional maupun toko-toko penjual sayuran lainnya.

Glycopene, lutein, vitamin A, B1, C, dan asam sitrat dipercaya membantu menyembuhkan diabetes, menjaga kesehatan mata, penyakit jantung, stroke, perawatan kulit, pencegah kanker, dan penguatan tulang.

  1. Manfaat Buah Asam

Pohon asam sering dijumpai di perkebunan dan pekarangan rumah terutama di daerah-daerah pedesaan di pulau Jawa. Sebagai tumbuhan yang tumbuh besar dan lebat, pohon asam sering ditanam di tepian jalan dan di halaman rumah dengan tujuan sebagai peneduh.

Pohon asam cukup tahan terhadap lingkungan kering dan dapat berumur ratusan tahun. Buah asam kaya akan kandungan karbohidrat, zat besi, vitamin, air, fosfor, dan beberapa senyawa lain yang  bermanfaat bagi tubuh. Buah asam dapat digunakan sebagai obat sariawan.

Sedangkan daun asam yang biasa disebut dengan daun sinom biasanya digunakan sebagai bahan pembuah minuman penyegar, obat rematik, serta dapat juga mengobati demam dan batuk. Biji asam yang telah dihaluskan dan dijadikan tepung dapat digunakan untuk mengobati diare.

  1. Manfaat Buah Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh terkenal dengan rasanya yang sangat asam. Namun dibalik rasa asam tersebut, belimbing wuluh mengandung beberapa senyawa yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh seperti sebagai penyembuh diabetes dan hipertensi.

Selain itu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi dengan cara dikunyah dan dicampur dengan sedikit garam. Sedangkan untuk pemakaian luar, dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit seperti menghilangkan jerawat dan mengobati panu dengan cara dihaluskan dan dioleskan pada kulit.

  1. Manfaat Buah Belimbing manis

Buah dengan bentuk bintang ini tidak dipungkiri sangat disukai oleh berbagai kalangan. Dengan warna yang menarik dan rasanya yang manis keasam-asaman mampu menggugah selera untuk menyantapnya.

Bukan hanya rasanya yang khas, buah belimbing juga memiliki berbagai kandungan vitamin yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk meningkatkan imunitas. Kandungan anti oksidan dari buah belimbing ini dipercaya dapat mencegah dan menyembuhkan kanker.

Selain itu mengkonsumsi buah belimbing dalam jumlah wajar secara rutin dapat menjaga kesehatan organ dan sistem pencernaan, mengatasi darah tinggi, menurunkan kolesterol, dan mengatasi gangguan ginjal.

Belimbing manis juga dapat dimanfaatkan sebagai terapi kecantikan. Kandungan antioksidan, vitami C, dan vitamin B komplek pada belimbing berperan penting untuk perawatan rambut.

Selain itu dipercaya juga dapat mengontrol kadar minyak pada kulit, memberikan efek peremajaan kulit, memperkecil pori-pori serta mencegah jerawat.

  1. Manfaat Buah Mengkudu

Buah mengkudu telah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat. Buah ini mengandung senyawa penting seperti alkaloid (xeronin), polisakarida (asam glukoronat, glikosida) dan scapoletin. Mengkudu digunakan dalam pengobatan dan pencegahan penyakit dengan cara mengkonsumsinya maupun menggunakannya sebagai pemakaian luar. Mengkudu memiliki sifat sebagai imunomodulator, antikanker, dan antibakteri, antikolestrol, antidiabetes, dan antihepertensi. Buah ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus, ataupun dalam bentuk kapsul. Dalam pemanfaatan luar, buah mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai shampo yang dapat membersihkan ketombe pada kulit kepala dan memperkuat rambut.

  1. Manfaat Buah Pare

Buah yang sering dimanfaatkan sebagai sayur dan terkenal dengan rasanya yang pahit ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pare diketahui bermanfaat sebagai obat diabetes, menurunkan berat badan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pare mengandung senyawa charntin, yaitu sebuah peptida yang menyerupai insulin dan alkaloid. Senyawa ini berperan didalam pengobatan dan penyembuhan diabetes. Pare juga dapat digunakan sebagai pengobatan asma, bronkitis, dan rinitis. Selain itu pare juga mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk kesehatan percernaan dan dapat mengobati sembelit.

  1. Manfaat Buah Manggis

Buah yang satu ini kaya akan vitamin C dan B komplek. Manggis terkenal sebagai herbal alam dalam penyembuhan berbagai macam penyakit seperti kanker, alzheimer, dan parkinson. Buah manggis juga sangat baik untuk sistem percernaan, terutama untuk kesehatan usus, mengatasi diare, dan sembelit.

  1. Manfaat Buah Alpukat

Tidak asing lagi, buah dengan kulit tebal ini biasa dikonsumsi oleh masyarakat umum baik secara langsung maupun dalam bentuk jus. Bukan hanya rasanya yang enak, buah alpukat ternyata kaya akan protein, lemak jenuh dan sesquertepenes yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bukan hanya itu, buah alpukat juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk-produk kecantikan yang memanfaatkannya untuk perawatan kulit seperti sebagai masker kulit wajah, body scrub, pelembab badan, sabun mandi,  krim tabir surya, dan produk kecantikan lainnya.

  1. Manfaat Buah Delima

Buah delima merupakan sumber alamiah dari asam ellagic dan asam punicic. Delima juga mengandung anti oksidan yang tinggi. Di dalam jus buah delima ini mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltose, vitamin A dan vitamin C. Selain itu jus delima juga kaya akan kalsiun, fosfot, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium. Delima sangat berperan didalam kesehatan jantung, menjaga tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu regenerasi tulang, dan juga membantu regenerasi kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini. Selain itu juga dapat membantu mengobati luka dan radang kulit serta sangat baik untuk menyembuhkan jerawat.

  1. Manfaat Buah Pepaya

Pepaya adalah buah yang sangat mudah dijumpai baik disekitar rumah maupun di tempat lainnya. Konsumsi buah pepaya sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, mencegah kanker usus besar, mengurangi resiko terjadinya radang sendi, mengurangi resiko hipertensi dan mencegah kanker prostat. Pepaya mengandung papain yang berperan sangat penting dalam membantu proses pencernaan. Selain itu kandungan chimopapain sangat berguna untuk membantu proses penyembuhan dan pemulihan luka bakar. Sedangkan vitamin C yang terkandung didalamnya dapat mencegah dan mengobati penyakit yang terkait dengan kekebalan tubuh.

  1. Manfaat Buah Nanas

Buah nanas kaya akan vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin D. Selain itu juga mengandung kalsium, zat besi, mangan, dan magnesium. Secara spesifik buah nanas mengandung sebuah enzim yang bernama proteolitik bromelain yang memiliki peran dalam pemecahan protein. Buah nanas dapat dikonsumsi sebagai upaya untuk mencegah hipertensi, mencegah mual, dan menguatkan tulang

  1. Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak kaya akan serat, karbohidrat, vitamin C, kalsium fosfor, dan senyawa fitokimia lainnya. Buah sirsak secara empiris digunakan dalam penyembuhan kolestrol, asam urat, dan hipertensi. Sebuah penelitian yang dilakukan mengindikasikan  bahwa konsumsi buah sirsak dapat mencegah dan mengobati kanker prostat, paru-paru dan pankreas. Buah sirsak juga dapat digunakan sebagai perbaikan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi yang berbahaya.

  1. Manfaat Buah Jambu biji

Likopen yang terdapat didalam jambu biji sangat berpotensi dalam melawan kanker. Buah jambu biji kaya akan serat yang sangat baik untuk pengobatan kolestrol dan menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan astringen yang ada didalam jambu biji berperan dalam pengobat diare.

  1. Manfaat Buah Terong

Konsumsi terong diketahui dapat menyehatkan jantung, mengurangi berat badan, membantu pencernaan, mengontrol kadar gula darah, dan dapat mencegah diabetes. Terong mengandung kalsium yang tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan tulang dan persendian. Selain itu tering juga kaya akan zat besi yang dapat membantu dalam penyembuhan anemia.

Itulah beberapa jenis buah-buahan yang mudah ditemukan dan ada disekitar kita dan memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

 

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!