Jangan Terkecoh Ini Cara Beli Rumah Lelangan Bank dengan Aman!

1 min read

Cara Beli Rumah Lelang
0
()

Cara Beli Rumah Lelangan Bank dengan aman. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memiliki sebuah rumah. Mulai dari bayar cash, menyicil, atau membangun dari awal.

Namun beberapa orang khususnya di perkotaaan lebih cenderung membeli rumah yang sudah jadi. Karena selain lebih praktis, rumah tersebut juga bisa langsung ditinggali. Banyak sekali rumah jadi yang siap jual. Namun pernahkah ada keinginan untuk membeli rumah lelangan bank? Beberapa orang mungkin tertarik dengan hal ini.

Rumah lelang Bank merupakan rumah yang ditawarkan oleh Bank dari hasil penyitaan. Untuk harga setiap unitnya bisa saja lebih rumah karena Bank tidak akan membiarkan rumah-rumah itu menganggur terlalu lama. Hal ini bisa anda jadikan peluang untuk mendapatkan rumah dengan harga miring.

Untuk anda yang berminat, berikut cara beli rumah lelangan Bank yang harus anda perhatikan.

Cara Beli Rumah Lelangan Bank

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah lelangan Bank, berikut diantaranya:

1. Jeli Dalam Mencari Informasi

Cara beli rumah lelangan Bank yang pertama adalah anda harus rajin mencari informasi. Anda bisa mencari informasi tentang lelangan rumah di internet atau media yang lain. Salah satu website yang sering terdapat info lelangan rumah adalah milik Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Untuk mengetahui rumah yang dilelang oleh Bank biasanya memiliki status “dalam pengawasan bank”. Selain itu anda juga harus melihat Bank apa yang memiliki hak rumah tersebut.

Baca juga : Cara beli Rumah tanpa DP

2. Siapkan Dana

Cara beli rumah lelangan Bank yang kedua adalah siapkan dana. Hal ini harus segera anda lakukan setelah menemukan rumah yang diinginkan. Transaksi lelang adalah dalam bentuk tunai dan anda diminta untuk menyiapkan uang jaminan lelang yang disyaratkan. Besar uang jaminan tersebut biasanya berkisar antara 20 hingga 50% dari harga lelang yang sudah ditetapkan. Jika anda tidak memenangkan lelang tersebut, uang jaminan anda akan dikembalikan. Namun jika anda memenangkan proses lelang, anda harus segera melunasi pembelian rumah tersebut dalam kurun waktu 5 hari kerja.

Selain biaya untuk membeli rumah tersebut, anda juga harus menyiapkan uang untuk biaya yang lain. Biaya tersebut meliputi pajak penghasilan, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan, biaya notaris, serta biaya balik nama. Tidak hanya itu anda juga harus memikirkan biaya renovasi jika rumah yang anda menangkan dalam kondisi yang kurang baik.

3. Lakukan Investigasi

Cara beli rumah lelangan Bank yang selanjutnya adalah melakukan investigasi. Seperti layaknya membeli rumah pada umumnya anda juga harus mengamati kondisi rumah lelangan Bank tersebut dengan cara mendatangi langsung lokasinya. Selain itu anda juga harus mengamati keamanan rumah serta kelengkapan surat yang ada. Meskipun masalah surat biasanya sudah diurus oleh pihak Bank, namun tidak ada salahnya jika anda mengeceknya kembali.

4. Datangi Bank Yang Bersangkutan

Setelah yakin dengan rumah yang sudah anda incar, langkah selanjutnya adalah mendatangi Bank tempat debitur meminjam uang. Setelah itu anda bisa menanyakan kepada customer service dimana tempat anda bisa mendapat informasi tentang pelelangan tersebut. Jika rumah dalam status langsung dibeli, anda bisa langsung melakukan proses pembelian di Bank tersebut.

5. Urus Segera

Cara beli rumah lelangan bank yang terakhir adalah segera urus semua hal yang berkaitan dengan rumah tersebut. Hal ini dilakukan setelah anda berhasil mendapatkan rumah yang diinginkan. Pemenang lelang akan mendapatkan risalah yang diberikan oleh KPNKL. Risalah tersebut sangat penting karena nanti akan ditukar dengan dokumen asli rumah. Setelah itu anda akan mendapat sertifikat asli, surat roya, dan sertifikat penyerahan dari Bank. Bawa semua surat tersebut ke BPN untuk mengurus proses balik nama atas rumah yang anda beli.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!