Inilah Cara Beli Rumah Tanpa Riba yang Cocok untuk Pasangan Islami !

1 min read

Cara beli rumah tanpa riba
0
()

Cara Beli Rumah Tanpa Riba. Memiliki hunian atau tempat tinggal yang diimpikan memang menjadi cita-cita bagi setiap pasangan yang membangun rumah tangga. Kadang seseorang belum memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah dengan cara tunai. Akan tetapi, di tengah kebutuhan yang semakin mendesak, tentu saja memiliki rumah sendiri memang menjadi keharusan bagi sebagian orang.

Di zaman sekarang ini memang banyak kredit yang ditawarkan untuk pembelian rumah. Akan tetapi, bagi sebagian orang beragama Islam, membeli rumah dengan jalan kredit bisa dikatakan riba. Lalu, bagaimanakah solusi yang bisa dilakukan ketika ingin membeli rumah tanpa terjebak riba? Cobalah beberapa cara beli rumah tanpa riba berikut ini.

Membeli Rumah Tanpa Terjebak Dengan Riba

Semakin bertambah tahun, bisa dipastikan bahwa harga beli rumah memang semakin membumbung tinggi. Hal ini kadang membuat seseorang memilih sistem KPR rumah sebagai solusinya. Akan tetapi, bagi masyarakat beragama Islam, membeli rumah dengan sistem ini bisa dikatakan riba. Padahal riba akan mendatangkan dosa yang besar. Di sisi lain, anda dituntut untuk memberikan tempat tinggal yang layak kepada keluarga. Lalu apakah yang harus dilakukan? Berikut ini ada beberapa cara beli rumah tanpa riba yang sangat efisien dan mudah untuk dilakukan.

1. Membeli Rumah Dengan Pembayaran Cara Tunai Bertahap

Membeli rumah dengan pembayaran tunai memang cukup memberatkan bagi sebagian masyarakat menengah ke bawah. Oleh karena itu, carilah penjual rumah yang mau sistem pembayarannya melalui sistem bertahap. Artinya, anda bisa melakukan negosiasi dengan penjual untuk melunasi harga beli rumah dalam tiga atau empat kali pembayaran. Sepakatilah harga awal terlebih dahulu. Kemudian lakukanlah sistem pembayaran secara bertahap dan pelunasannya sesuai dengan harga yang disepakati. Jangan sampai anda memberikan kelebihan di luar harga kesepakatan agar tidak menimbulkan riba.

2. Mendapatkan Rumah Dengan Cara Hibah

Di dunia ini tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karena itu, teruslah melakukan berbagai perbuatan baik dan berdoa. Selain itu, jangan lupa untuk sering membantu orang lain. Bisa jadi suatu ketika anda akan mendapatkan balasan dari orang yang telah anda bantu dengan sebuah hunian yang diimpikan.

Baca Juga : Cara beli rumah dengan gaji kecil

3. Menabung Emas Atau Logam Mulia

Semakin hari, nilai tukar rupiah memang semakin tergerus dengan peningkatan nilai inflasi. Jika anda menabung uang, maka bisa jadi dalam beberapa tahun kemudian nilai tabungan anda tidak akan cukup untuk membeli rumah. Hal ini sangat berbeda jika anda menabung emas atau logam mulia. Nilai tukar logam mulia akan cenderung mengalami kenaikan. Oleh karena itu, sangat disarankan anda menabung emas karena tidak rentan dengan kerugian.

4. Membeli Tanahnya Terlebih Dahulu

Cara beli rumah tanpa riba selanjutnya yaitu dengan membeli tanahnya terlebih dahulu, baru kemudian membangun rumah. Modal yang paling penting untuk memiliki rumah adalah tanah. Oleh karena itu anda bisa membeli tanahnya dahulu, kemudian lambat laun membangun rumah yang diinginkan. Anda bisa membangun rumah dari kayu terlebih dahulu, kemudian jika uang sudah terkumpul bisa membangun rumah permanen.

5. Lakukanlah Pembelian Rumah Melalui KPR Syariah

KPR syariah merupakan cara beli rumah tanpa riba yang cukup efisien. Sekarang ini telah banyak para developer yang mulai menjalankan bisnis kredit rumah dengan KPR syariah. KPR syariah tidak melakukan sistem denda, sitaan dan tidak ada kelebihan biaya dari harga yang telah disepakati. Anda tidak akan terkena riba karena KPR syariah ini akad jual belinya jelas dan tidak memiliki sistem yang sama dengan kredit pada umumnya.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!