Frida Saya senang mencari tahu, lalu menerjemahkan apa yang saya ketahui ke dalam tulisan.

Ingin Jerawat Mereda? Hindari Makanan Ini!

3 min read

hindari makanan ini untuk meredakan jerawat
5
(3)

Ingin Jerawat Mereda? Hindari Makanan Ini!  –  Hampir semua orang pernah mengalami jerawat pada wajah. Beberapa diantaranya mungkin hanya jerawat ringan yang jarang muncul. Namun banyak juga orang dengan kulit sensitif yang sangat mudah berjerawat.

Perawatan dari luar dilakukan untuk mencegah jerawat, mulai dari menggunakan skin care anti jerawat, rajin membersihkan muka, dan konsultasi ke dokter kecantikan dan kulit. Tapi, tahukah anda bahwa perawatan dari dalam juga diperlukan agar jerawat tidak muncul pada wajah?

Perawatan dari dalam bisa kita lakukan dengan menjaga asupan makanan yang diduga dapat memicu jerawat. Walaupun bukan penyebab utama, makanan yang dikonsumsi berpengaruh pada kondisi jerawat, beberapa makanan bahkan dapat memperburuk kondisi wajah berjerawat.

Bagi anda yang memiliki jerawat yang tak kunjung menghilang, mungkin anda perlu menjaga asupan makanan. Nah untuk itu, mari simak penjelasan dibawah ini.

Apa itu jerawat?

Jerawat adalah benjolan kecil kemerahan yang seringkali muncul pada kulit wajah. Normalnya jerawat muncul satu persatu dan tersebar di bagian yang berbeda pada kulit wajah.

Namun dalam kasus jerawat meradang, jerawat akan muncul lebih dari satu di satu lokasi dan berwarna kemerahan. Selain itu, ada juga jerawat yang muncul di area tubuh lain, yaitu punggung. Jerawat ini disebut jerawat punggung.

Jerawat muncul karena kulit wajah yang kotor akibat penumpukan debu, kotoran, dan sel kulit mati pada pori-pori wajah dan meningkatnya kadar hormon tertentu yang dapat memicu jerawat dari dalam tubuh.

Meskipun bukan faktor utama penyebab jerawat, namun makanan yang dikonsumsi dapat memperburuk keadaan wajah yang berjerawat.

Benarkah makanan dapat memicu jerawat?

Meski belum ada penelitian yang menyatakan bahwa makanan dapat secara langsung memicu munculnya jerawat, namun jenis makanan yang dikonsumsi diketahui dapat mempengaruhi kadar hormon dalam tubuh.

Kadar hormon ini yang kemudian dapat memunculkan atau bahkan memperparah jerawat. Oleh sebab itu, sedikit banyak makanan yang masuk dalam tubuh juga berdampak pada jerawat.

Berikut ini jenis-jenis makanan yang perlu anda kurangi atau hindari untuk meredakan jerawat :

Makanan yang Mengandung Susu

Meski kaya akan manfaat, rupanya orang yang berjerawat diimbau untuk mengurangi asupan makanan yang mengandung susu. Dilansir dari Webmd, menurut penelitian yang pernah dilakukan bahwa hormon yang dimiliki sapi ketika hamil terkandung dalam susu sapi, sehingga, ketika susu sapi dikonsumsi manusia, maka hormon tersebut berpindah ke dalam tubuh manusia.

Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar hormon pada tubuh yang mendorong munculnya jerawat atau memperparah jerawat yang sudah ada.

Makanan yang Mengandung Banyak Gula

Beberapa orang sangat menyukai makanan manis. Selain rasanya yang lezat, mengonsumsi makanan manis seperti cake, roti-rotian, dan brownies juga dianggap dapat meningkatkan suasana hati. Namun, tahukah anda bahwa rupanya makanan manis memiliki dampak buruk bagi wajah berjerawat?

Salah satu studi yang pernah dilakukan mengenai korelasi makanan manis dan jerawat menemukan bahwa makanan manis dapat meningkatkan level insulin dalam tubuh. Level insulin yang tinggi ternyata dapat memperburuk kondisi jerawat pada wajah. Karena itu, sebaiknya kurangi atau hindari dulu makanan manis agar jerawat tidak semakin memburuk.

Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji adalah pilihan terbaik bagi masyarakat modern masa kini karena disajikan dalam bentuk praktis dan cepat, sehingga tidak akan membuang banyak waktu. Sayangnya karena hal ini pula banyak orang yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji dan abai terhadap dampak buruk makanan ini terhadap kesehatan.

Makanan cepat saji seperti kentang goreng, sosis, nugget dan burger memiliki kandungan minyak dan lemak jenuh yang tinggi. Dalam sebuah penelitian mengenai hubungan jerawat dan makanan yang dipublikasikan secara online pada National Library of Medicine menemukan bahwa meski bukan penyebab utama, makanan cepat saji adalah salah satu faktor yang turut berkontribusi dalam perkembangan jerawat pada manusia.

Serupa dengan penelitian sebelumnya, penelitian mengenai jerawat di Turki juga menemukan bahwa tingkat konsumsi lemak, gula, dan makanan cepat saji yang tinggi juga mempengaruhi perkembangan jerawat pada kulit wajah. Rupanya meski enak, praktis, dan mengenyangkan, makanan cepat saji turut memperburuk keadaan wajah, terutama bagi anda yang telah memiliki jerawat.

Cokelat

Hampir semua orang menggemari makanan satu ini, tidak peduli gender maupun usia. Selain bisa dimakan buahnya, biji kokoa yang diproses menjadi cokelat dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Korelasi antara cokelat dan jerawat sendiri masih belum jelas, mengapa cokelat dapat menimbulkan jerawat.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa cokelat yang beredar di pasaran, seperti permen, minuman, roti ataupun kue berbahan dasar cokelat memiliki kandungan gula di dalamnya. Gula sendiri telah terbukti merupakan salah satu penyebab jerawat karena darah yang mengandung banyak gula dapat memproduksi atau meningkatkan level insulin dalam tubuh.

Insulin sendiri adalah salah satu faktor penghasil hormon androgen yang dapat memproduksi sebum penyebab jerawat. Tidak hanya itu, cokelat tanpa kandungan gula seperti dark chocolate juga memperburuk jerawat keadaan menghasilkan lesi atau ruam. Tidak mengkonsumsi cokelat dalam jangka waktu tertentu dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi jerawat.

Whey Protein

Sebagian dari anda mungkin asing mendengar kata whey protein. Whey protein adalah salah satu jenis protein yang terkandung dalam pangan bergizi untuk menjaga bentuk tubuh, seperti susu diet, snack diet, dan sebagainya.

Selain untuk menurunkan berat badan, whey protein juga berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Dibalik segudang manfaat baiknya, protein ini rupanya kurang baik dikonsumsi oleh orang yang memiliki jenis kulit wajah mudah berjerawat.

Whey protein memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Asam amino adalah senyawa yang dapat membuat sel kulit tumbuh dan membelah diri, proses ini menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Senyawa ini juga dapat merangsang tubuh agar menghasilkan insulin yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

Selain menjaga asupan makanan-makanan diatas, jangan lupa untuk rutin membersihkan wajah dan gunakan produk kecantikan anti jerawat. Mengurangi penggunaan make up sehari-hari juga dapat meredakan jerawat. lho!

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 3

No votes so far! Be the first to rate this post.

Frida Saya senang mencari tahu, lalu menerjemahkan apa yang saya ketahui ke dalam tulisan.
error: Content is protected !!