Hal Yang Harus Diperhatikan Terkait Cara Jual Rumah Melalui Agen

2 min read

Hal Yang Harus Diperhatikan Terkait Cara Jual Rumah Melalui Agen
0
()

Dalam proses penjualan rumah, terkadang anda akan membutuhkan jasa agen properti atau sering juga disebut broker. Agen adalah seseorang yang akan mempertemukan penjual dan pembeli, yang nantinya menghasilkan kesepakatan transaksi diantara kedua belah pihak. Namun sebelum anda memutuskan untuk mengambil bantuan jasa agen, pahami terlebih dahulu bagaimana cara jual rumah melalui agen serta apa saja kelebihan dan kekurangan apabila menggunakan jasa agen.

Hal tersebut dimaksudkan agar penjual nantinya tidak kecewa apabila menggunakan jasa agen. Karena pada dasarnya setiap agen mempunyai skill yang berbeda-beda dalam mengemban tugasnya. Tapi jangan khawatir, setiap agen yang pernah mendapatkan pesanan telah menunjukkan bahwa mereka sudah mendapatkan sertifikasi pemasaran.

Penasaran kan, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam jual beli rumah melalui agen? Nah, berikut adalah penjelasannya.

Baca juga : Cara Jual Rumah Yang Menguntungkan Ini Triknya

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Jual Beli Rumah Melalui Agen

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara jual rumah melalui agen, agar prosesnya bisa berjalan optimal. Berikut adalah uraiannya.

1. Persiapan Penjualan

Persiapan disini lebih condong kepada bagaimana keadaan dari rumah itu sendiri sebelum dijual. Apabila penjual menginginkan hasil yang maksimal, berarti mereka juga harus menghadirkan pelayanan property rumah yang maksimal juga. Seperti misalnya, bekas bocor pada atap rumah. Sekilas memang terlihat hal yang sepele, tapi ini sangat menjadi prioritas bagi calon pembeli. Jadi persiapkan secara matang terlebih dahulu fasilitas yang akan ditawarkan, dan jika diperlukan silahkan untuk konsultasi pada agen yang sudah berpengalaman.

2. Kelengkapan Dokumen

Hal Yang Harus Diperhatikan Terkait Cara Jual Rumah Melalui Agen

Dalam setiap transaksi jual beli, terutama aset seperti rumah pasti akan membutuhkan kelengkapan dokumen-dokumen untuk mendukung proses jual belinya. Dokumen yang biasanya dibutuhkan antara lain sertifikat tanah, bukti lunas PBB, bukti lunas listrik, KTP, AJB, IMB, dan lain sebagainya. Dan apabila sudah berkeluarga wajib menyertakan KTP pasangan ataupun surat nikah.

3. Mengetahui Harga Pasar

Sebelum anda menyerahkan sepenuhnya kepada agen, lebih baik anda mengetahui dahulu berapa kisaran harga yang akan anda tawarkan. Hal tersebut bertujuan agar harga yang ditawarkan bisa seimbang dengan fasilitas yang diberikan. Dan apabila nantinya agen memberikan opsi terkait harga, tidak ada salahnya jika anda menyetujuinya. Karena agen sudah berpengalaman terkait penerapan harga.

4. Menentukan Strategi Pemasaran Yang Tepat

Hal Yang Harus Diperhatikan Terkait Cara Jual Rumah Melalui Agen

Sering melihat papan dengan tulisan “Tanah ini dijual, apabila berminat hubungi no 082xxxx”? Yakin bisa cepat terjual?

Di era global seperti saat ini, sosial media sangatlah membantu dalam proses pemasaran segala produk. Tapi jika seandainya anda mempunyai strategi sendiri untuk pemasaran, mintalah bantuan kepada pihak agen property. Karena mereka mempunyai banyak link untuk proses jual beli, seperti menghubungi database pembeli, memasang iklan, melancarkan proses negosiasi, dan lain sebagainya.

5. Menentukan Komisi Untuk Agen

Anda jangan terlalu fokus terhadap penjualannya saja, tapi juga pertimbangkan terkait komisi yang akan anda berikan kepada agen property. Karena pada dasarnya mereka punya standart komisi, yaitu sekitar 2,5-3% untuk jual beli property dan 5% untuk proses sewa menyewa.

Baca juga : 6 Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Tinggi Paling Jitu

Kelebihan Dan Kekurangan Terkait Cara Jual Rumah Melalui Agen

Jangan anggap kalau setiap menggunakan jasa agen property akan selalu untung ataupun rugi, tapi pertimbangkan atas kelebihan dan kekurangannya dahulu. Dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa agen property

  1. Efektif dan efisien
  2. Legalitas terjamin
  3. Lebih menguasai harga pasar
  4. Skill agen yang beragam
  5. Adanya komisi untuk agen
  6. Terikat kesepakatan dengan agen

Jadi sebelum terlambat, anda harus benar-benar menyiapkan terkait cara jual rumah melalui agen secara matang. Usahakan anda memilih agen property yang berkualitas agar bisa bekerja optimal. Dan apabila anda menemukan agen yang tidak bisa bekerja sesuai planning awal, anda berhak mencabut hak marketingnya sesuai kesepakatan. Dilain itu anda juga harus mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan apabila menggunakan jasa agen property.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!