20 Film Perjuangan Indonesia | Belajar Sejarah dari Film

5 min read

film perjuangan indonesia
0
()

Film Perjuangan IndonesiaFilm dokumeter memiliki perhatian tersendiri oleh masyarakat Indonesia termasuk okers pastinya. Kali ini Okeylah akan membahas tentang film perjuangan Indonesia mulai dari tahun 1970an hingga baru-baru ini tayanag. So, Inilah rekomendasi film perjuangan Indonesia yang wajib ditonton saat waktu luang.

1.  Merah Putih

Film bergenre drama fiksi historis disutradarai oleh Yadi Sugandi. Mengangkat tema perjuangan bangsa Indonesia, film ini menceritakan perjuangan pemuda pada saat itu dalam melawan tentara Belanda. Bermula dari sebuah kamp yang diserang oleh tentara Belanda yang mengakibatkan beberapa orang meninggal seperti Amir, Tomas, Dayan, Soerono dan kadet latihan militer lainnya.

film perjuangan indonesiatribunnewswiki.com

Film ini ditayangkan pada 2009 dengan menggambil latar belakang di daerah Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta. Film ini merupakan film trilogy merdeka yang ditulis oleh Conor Allyn dan Rob Allyn. Tak khayal jika film ini memperoleh rating 6.2 dari 10 berdasarkan IMDb.

2. Darah Garuda

Film Darah Garuda adalah film series kedua dari trilogi merdeka. Masih garapan oleh sutradara yang sama. Darah Garuda tayang pada tahun 2010 dengan melanjutkan kisah sebelumnya. Bedanya, film kedua ini konflik-konflik yang terkait dengan masa lalu terpecahkan.

film perjuangan indonesiatapp.emaze..com

Tak hanya tentang pengkhiatan, film ini juga mengangkat gejolak bathin dari masing-masing pemeran. Darah Garuda yang diperankan oleh lukman Sardi, Darius Sinathrya, Donny Alamsyah dan pemeran lainnya berhasil meraih rating 6.7 dari 10 berdasarkan IMDb.

3. Hati Merdeka

Film trilogi ketiga berjudul Hati Merdeka yang tayang pada pertengahan 2011. Perjuangan meraih kemerdekaan masih berlanjut hingga pada tahun 1948. Film yang diproduksi oleh Kolaborasi Media Desa Indonesia dan Internasional Margate House ini mengambil latar belakang revolusi awal Indonesia di tahun 1948.

film perjuangan indonesiakapanlagi.com

Menceritakan tentang persahabatan kadet latihan militer yang selmat dari serangan tentara Belanda dan berusaha memerangi balik dengan perang gerilya. Film yang diperankan oleh Lukman Sardi ini berhasil meraih 6.2 dari 10 berdasarkan IMDb.

Baca Juga : Film Terlaris Indonesia

4. Jendral Soedirman

Film genre biografi yang tayang pada tahun 2015 silam, menceritakan tentang seorang tokoh berpengaruh pada masa perjuangan Indonesia. Jendral Soedirman, tokoh pemimpin yang memerangi tentara Belanda dengan perang gerillya.

film perjuangan indonesiacnnindonesia.com

Dia terus berjuang melawan tentara Belanda dan juga penyakit paru-paru yang dideritanya. Diperankan oleh Adipati Dolken dengan menggunakan empat bahasa yaitu Indonesia, Jawa, Inggris, dan Belanda. Film biopic ini berhasil meraih 7.4 dari 10 berdasarkan rating IMDb.

5. Battle of Surabaya

Masih di tahun 2015, film yang mengambil latar belakang pertempuran pada 10 November di Surabaya ini merupakan film animasi. Film ini berhasil memperoleh 7.1 dari 10 berdasarkan ratting IMDb.

film perjuangan indonesiakompasiana.com

Garapan Aryanto Yuniawan dan diperankan oleh Ian Syahbai, Maudy Ayunda, Reza Rahardian, dan pemeran lainnya mengisahkan tentang petualangan Musa. Musa adalah seorang remaja yang bekerja menjadi tukang semir sepatu hingga dia dipercaya menjadi kurir bagi para pemuda pejuang di Surabaya.

6. Soegija

Film yang diperankan oleh budayawan Nirwan Dewanto, Andrea Reva, dan pemeran lainnya ini mengambil latar belakang catatan harian dari tokong pahlawan Mgr. Soegijapranata SJ pada tahun 1940 hingga 1949.

film perjuangan indonesiaindoprogress.com

Soegija merupakan film drama sejarah Indonesia yang digarap oleh Garin Nugroho dan mendapatkan 7.1 dari 10 ratting berdasarkan IMDb. Film yang tayang pada tahun 2012 ini tak hanya mengangkat sisi kemanusiaan pada saat itu tetapi juga aspek kehidupan pribumi pertama di Hindia Belanda.

7. Kartini

Film biografi garapan Hanung Bramantyo ini mengambil latar belakang perjuangan Indonesia terutama kaum wanita. Film Kartini pastinya sangat familiar untuk okers bukan. Film yang menceritakan tentang perjuangan seorang wanita berdarah biru untuk menciptakan emansipasi kaum perempuan.

film perjuangan indonesiaid.bookmyshow.com

Film yang tayang pada awal 2017 ini merupakan film ketiga dengan mengangkat cerita tentang R.A Kartini. Hanung menggaet Dian Sastrowardoyo untuk memerankan Kartini dan menghabiskan dana anggaran sekitar Rp. 12 Milyar. Sebanding dengan anggaran yang dikerluarkan, film ini berhasil meraih 7.7 dari 10 ratting berdasarkan IMDb.

8. Naga Bonar

Film dengan genre komedi dan perjuangan Indonesia ini tayang pada tahun 1986. Film yang menceritakan tentang perjuangan seorang pencopet bernama Naga Bonar di daerah Medan, Sumatera Utara yang sering keluar masuk penjara Jepang.

 

film perjuangan indonesiaid.bookmyshow.com

Baca Juga : Rekomendasi Film Indonesia Favorit

Hingga suatu ketika saat dia keluar penjara mendengar bahwa di Jakarta Proklamasi telah diumumkan, akan tetapi di Medan masih ada tentara Belanda. Dia pun betekad untuk memerangi tentara Belanda. Film yang diperankan oleh Deddy Mizwar ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan Festival Film Indonesia 1987.

9. Serangan Fajar

Masih di era 80-an, film berjudul serangan fajar ini tayang pada tahun 1982. Film yang mengisahkan tentang seorang paman dan keponakannya. Sang paman yang berjuang untuk mendapatkan cinta dari gadis impiannya dan sang keponakan yang menanti kembalinya sang ayah dari medan perang.

film perjuangan indonesiaonesearch.id

Film Serangan Fajar juga menceritakan dokumenter drama perjuangan Indonesia pasca jatuhnya Soeharto. Film yang diperankan oleh Amoroso Katamsi dan Antonius Yacobus ini berhasil memenangkan beberapa nominasi di Festival Film Indonesia 1982.

10. Soerabaia 45

Film yang rilis pada tahun 1990 ini mengambil latar belakang perjuangan arek-arek Surabaya dalam peristiwa 10 November. Film garapan Imam Tantowi menceritakan tentang kemarahan rakyat Surabaya hingga menggerakan mereka dalam misi melawan Belanda.

film perjuangan indonesiaindonesianfilmcenter.com

Peristiwa ini mengakibatkan tertembaknya jendral Inggris dan Perobekan bendera Belanda. Soerabaia 45 diperankan oleh Nyoman Swadayani, Sasetyo Wilutomo dan berhasil memenangkan penghargaan di Festival Film Indonesia 1991 untuk nominasi sutradara terbaik.

11. Pasukan Berani Mati

Mungkin kalimat pasukan berani mati sudah tidak asing lagi bagi telinga okers. Masih satu sutradara dengan film Soerabaia 45, film Pasukan Berani Mati rilis pada tahun 1982 diperankan oleh Roy Marten, Barry Prima dan aktor berbakat lainnya.

film perjuangan indonesiaimdb.com

Film yang menceritakan tentang romatika perang saat revolusi kemerdekaan mulai dari penduduk pribumi yang gagah berani, seorang pencuri yang nekad, tentara pengecut yang nekad, dan masih banyak gejolak psikis dan bathin yang terjadi. Pada tahun 1983 film ini berhasil meraih rating 6 dari 10 berdasarkan IMDb.

12. November 1828

Film karya produser interstudio, Gemini Film, Satria film dan Garuda film ini tayang pada 1979. Film November 1828 dibintangi oleh aktor dan aktris berbakat seperti Slamet Rahardjo, Rachmat Hidayat, dan El Manik. Menceritakan tentang kelompok penduduk yang tinggal di salah satu desa di Pulau Jawa.

film perjuangan indonesiadanieldokter.com

Tak hanya tentang pemberontakan melawan tentara Belanda tetapi juga pengkhianatan, persahabatan, loyalitas, dan gejolak bathin para pemainnya. Film perjuangan Indonesia ini berhasil memenangkan beberapa nominasi di penghargaan Festival Film Indonesia 1979.

Baca Juga : Film Lucu Indonesia Terbaik

13. Tjoet Nja’ Dhien

Jika sebelumnya ada Kartini sebagai pahlawan emansipasi perempuan, kali ini ada Tjoet Nja’ Dhien yang berjuang dengan gigih untuk melawan tentara Belanda. Wanita asal aceh ini merupakan pemimpin dari pasukannya melawan Belanda akan tetapi perjuangannya itu tak luput dari pengkhianatan dari orang kepercayaannya. Diamping itu dia menderita encok dan rabun.

film perjuangan indonesiayoutube.com

Film yang tayang pada 1988 berhasil mencetak penghargaan di festival film Indonesia 1988 dan mendapatkan rating 7.4 dari IMDb. Peran Tjoet Nja’ Dhien sendiri diambil oleh Christine Hakim dan ada aktor lainnya seperti Piet Burnama, Rudy Wowor, dan Slamet Rahardjo.

14. Laskar Pemimpi

Satu lagi film genre komedi yang mengangkat perjuangan Indonesia. Film yang tayang pada tahun 2010 ini mengisahkan tentang perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda setelah melancarkan agresi militer II.

film perjuangan indonesiasinopsis-film-film.blogspot.com

Sang sutradara, Monty Tiwa menggaet aktor aktris ternama Indonesia seperti Project Pop, Dwi Sasono, Shanty, Gading Marten, Candil dan pemeran lainnya. Tak hanya itu, Laskar pelangi berhasil memperoleh rating 5.7 berdasarkan rating IMDb.

15. Nyai Ahmad Dahlan

Satu lagi film bertemakan biografi pahlawan wanita pada saat perjuangan Indonesia. Nyai Ahmad Dahlan atau dikenal Siti Walidah yang dikenal sebagai tokoh wanita yang menolak adanya perkawinan paksa atau perjodohan.

film perjuangan indonesiabukatopengmu07.blogspot.com

Dia juga wanita pertama yang memimpin kongres Muhamadiyah pada tahun 1926. Film yang rilis pada tahun 2017 ini diperankan oleh Tika Bravani, David Chalik, Cok Simbara dan pemeran lainnya

16. Kereta Api Terakhir

Film ini tayang pada tahun 1981 dan dibintangi oleh Gito Rollies, Pupung Harris, dan pemain film berbakat lainnya. Mengambil latar belakang perjanjian linggarjati, tak hanya menceritakan tentang sikap romantik perjuangan tetapi juga kisah cintanya.

film perjuangan indonesiakapanlagi.com

Bermula ketika pemerintah Yogyakarta menarik semua kereta api yang ada di Yogyakarta, sayangnya pada kereta api terakhir justru banyak sekali hambatan dan ancaman yang terjadi. Uniknya dari film ini sang sutradara Motchar Soemodimejo menulis sendiri alur ceritanya.

17. Sang Kiai

Film Sang Kiai adalah film yang mengalami perilisan ulang pada tahun 2013 dan 2014 dikarenakan terpilih menjadi kategori film berbahasa asing terbaik di Academy Awards ke-86. Film garapan Rako Prijanto ini menceritakan tentang perjuangan tokoh agama KH. Hasyim Asyari melawan tentara Jepang dan menolak adanya sekerei yang dianggap menyimpang dari aqidah agama Islam.

film perjuangan indonesiaKompasiana.com

Film yang dibintangi oleh Ikranagara, Christine Hakim, Agus Kuncoro ini berhasil mendapatkan pernghargaan di beberapa nominasi festival film Indonesia 2013 dan memperoleh rating 6.7 dari 10 berdasarkan IMDb.

Baca Juga : Film Fantasi Terbaik

18. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film drama perjuangan Indonesia ini mengambil tema biografi orang nomor 1 pada jaman penjajahan yaitu Ir. Soekarno. Okers pastinya tidak asing dengan tokoh satu ini, secara garis beras pastinya okers juga mengetahui bagaimana perjuangan presiden pertama dalam memerdekakan Indonesia. Nah, kali ini okers dapat menikmati cerita biografi Soekarno dalam bentuk film.

film perjuangan indonesiaarchive.tabloidbintang.com

Film yang rilis pada akhir 2011 ini dibintangi oleh Ario Bayu, Maudy Koesnaedi, Ratu Tika Bravani, Ferry Salim dan aktor berbakat lainnya. Film Soekarno garapan Hanung Bramantyo ini berhasil mendapatkan rating 7 dari 10 berdasarkan IMDb.

19. Sang Pencerah

Masih dengan sutradara yang sama dengan film Soekarno: Indonesia Merdeka, film yang tayang pada tahun 2010 ini menceritakan tentang kisah pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Banyak sekali pelajaran yang diambil dari film ini seperti sikap toleransi, musyawarah, kekerasan berbalut keagamaan, pembangunan dan perubahan sebuah organisasi.

film perjuangan indonesiathemoviedb.org

Masih dengan sutradara Hanung Bramantyo, film kali ini diperankan oleh Lukman Sardi, Yati Surachman, Slamet Rahardjo, Zaskia Adya Mecca dan aktor berbakat lainnya. Film Sang pencerah berhasil meraih 6.8 dari 10 menurut IMDb.

20. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film perjuangan Indonesia terakhir memiliki genre biografi drama Indonesia yang tayang pada tahun 2015. Garin Nugroho sang sutradara melibatkan aktor aktris ternama seperti: Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang dan masih banyak lagi.

film perjuangan indonesiawowkeren.com

Film yang menceritakan tentang perjalanan tokoh pahlawan Tjokroaminoto dalam memperjuangkan pendidikan Indonesia ditengah gerakan politik etis yang dilakukan oleh Belanda. Film ini berhasil mendapatkan penghargaan di beberapa nominasi festival film Indonesia 2015 dan meraih 7.5 dari 10 menurut penilaian rating IMDb.

Baca Juga : Film Action Korea Terbaik

Nah pastinya rekomendasi film diatas menambah wawasan okers mengenai film perjuangan Indonesia bukan. So, sampai bertemu lagi di pembahasan-pembahasan lainnya mengenai film dan drama favorit okers ya.

Selamat menonton !

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!