4 Film Kolosal Terbaik yang Cocok untuk Pecinta Sejarah

3 min read

film kolosal terbaik
0
()

Film Kolosal Terbaik  – Film yang diproduksi dengan genre ini memiliki tempat tersendiri di hati peminat film. Pasalnya film ini mengambil latar belakang kisah sejarah. Bukan hanya itu tema dan adegannya dibuat mirip dengan aslinya sehingga terlihat seperti nyata.

Film kolosal memiliki keunikkan tersendiri mulai dari pemerannya yang banyak, budget yang tidak sedikit dan proses pembuatannya yang menguras tenaga.

Hampir setiap tahun pasti ada penayangan film kolosal, entah di Indonesia sendiri maupun di luar negeri. Film kolosal juga memiliki banyak edukasi tentang kehidupan terutama tentang sejarah.

Nah, pembahasan kali ini Okeylah merekomendasikan 5 film kolosal terbaik yang wajib ditonton saat weekend dan memiliki rating tertinggi sepanjang masa. Langsung saja, berikut rekomendasi film kolosal terbaik sepanjang masa.

1.    Gladiator

Film Gladiator ini tayang pada tahun 2000 dengan mengangkat latar belakang sejarah Roma. Film yang disutradarai ileh Ridley Scott ini menceritakan kehidupan pada 180 Masehi dimana dua orang yaitu anak raja dengan seorang jendral kepercayaan raja yang bertarung untuk memperebutkan kekuasan.

Bermula dari Jendral Hispano-Romawi Maximus Decimus Meridius yang diperankan oleh Russell Crowe kembali ke kampung halaman setelah berhasil memenangkan perang melawan suku banga jermanik.

film kolosal terbaikIDN.Times.com

Ketika dia kembali, Kaisar Marcus Aurelius yang diperankan oleh Richard Harris memberitahu Maximus bahwa sang putra Commodus yang diperankan oleh Joaquin Phoenix tidak layak untuk menggantikan posisinya. Sang kaisar memutuskan untuk Maximus menggantikan posisinya.

Sayangnya keputusan tersebut didengar oleh Commodus sehingga membuatnya marah dan membunuh ayahnya sendiri. Kemudian dia mengumumkan bahwa dialah kaisar yang baru. Konfikpun bermunculan disini Commodus berusaha keras untuk membunuh Maximus supaya posisinya tetap aman.

Baca Juga : Film True Story Terbaik

Penanyangan dari film ini mendapatkan tanggapan yang positif dari penontonnya. Rating yang diperoleh sekitar 85% berdasarkan 191 ulasan. Bahkan CinemaStore memberi nilai A untuk film ini.

Film ini yang berdurasi 155 menit mampu menguras emosi penonton dengan alur cerita yang diluar ekspektasi. Tak hanya itu, film ini juga memenangkan lima piala Oscar yaitu Best Picture, Best Actor in a Leading role, Best Effects, Best Costume Design, dan Visual Effect.

2.    Trilogi Lord of The Ring

Film ini merupakan film kolosal terbaik sepanjang masa. Terlihat dari komentar dan review positif dari penonton di kolom box office. Tak hanya itu film ini memenangkan banyak penghargaan di Acamedy Award, bahkan di piala Oscar film ini memengkan penghargaan sebagai film terbaik.

Film yang berlatar belakang bumi bagian tengah ini memiliki rating yang tinggi setelah penayangan filmnya sekitar 8.8/10 untuk seri pertamanya. Seperti yang diketahui film ini memiliki tiga seri yang ditayangkan pada tahun yang berbeda.

film kolosal terbaikKitaTV.com

Film yang ditayangkan pada tahun 2001 ini merupakan film trilogi pertama yang diangkat berdasarkan novel karya J.R.R. Tolkien dengan judul sama. Film ini menceritakan tentang seorang raja kegelapan bernama Sauron yang diperankan oleh Sala Baker mencari sang cincin kekuasaan untuk mengendalikan middle-earth. Cincin tersebut ditemukan oleh Hobbit muda yang bernama Frodo Baggins diperankan Elijah Wood.

Bercerita tentang pertarungan antara golongan putih dengan golongan hitam yang mengambil perumpaan masa depan. Konflik semakin memanas ketika puncak kepemimpinan kejahatan yang memiliki bentuk seperti Da’jjal yang bertarung dengan ksatria pemberani, pembela kebenaran, dan melindungi Frodo.

Baca Juga : Hotel Terbaik di Jogja

Film ini hampir mirip dengan alur cerita kiamat pada akhir zaman, terlihat jelas ketika imperium hancur dan kaum yahudi bercerai berai akibat pertarungan itu. Hingga diakhir cerita Frodo pun meninggal dan diantarkan naik perahu menuju ke tempat yang indah dan disambut oleh Elf.

3.    Guru Bangsa : Tjokroaminoto

Film yang tayang pada tahun 2015 ini adalah film kolosal dari Indonesia yang meraih rating tertinggi selama film kolosal Indonesia. Film yang disutradarai oleh Garin Nugroho mengangkat cerita tentang salah satu tokoh pahlawan Indonesia yaitu Tjokroaminoto. Melibatkan beberapa artis besar Indonesia seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, Maia Estianty dan beberapa artis ternama lainnya.

film kolosal terbaikKeepome.com

Film ini menjadi salah satu film terbaik di Indonesia, terlihat dari penghargaan yang diperoleh dari Festival Film Indonesia 2015 sebagai Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik dan Tata Busana Terbaik.

Film biografi Tjokroaminoto ini mengambil tiga unsur yaitu humanis, musik, dan sejarah. Bergenre drama biopic dengan latar belakang sejarah, film ini juga menunjukkan salah satu budaya Indonesia yaitu budaya Jawa.

Banyak sekali nilai penting yang dapat diambil dari penayangan film ini seperti: perjuangan seorang pahlawan nasional Indoneisa untuk mencerdaskan bangsanya. Membantu bangsanya yang terjerat dengan kebodohan. Film ini juga menceritakan bagaimana upaya Tjokroaminoto membangun yayasan supaya masyakat dapat belajar baca dan tulis.

Konflik yang dihadirkanpun diharapkan dapat mengena di hati penonton supaya penonton lebih mengenal sejarahnya sendiri melalui film ini.

4.    Red Cliff

Film Red Cliff diambil dari sejarah yang berlangsung di akhir Dinasti Han sebelum memasuki zaman tiga Negara di Tiongkok Kuno. Film yang disutradarai oleh John Woo dengan menggaet beberapa artis seperti Tony Leung, Takeshi Kaneshiro, Zhang Fengyi, Chang Chen, dan beberapa artis lainnya.

film kolosal terbaikDichdish.com

Film yang rilis pada tahun 2008 – 2009 ini memiliki dua seri dengan durasi sekitar 140 menit setiap seri filmnya. Menceritakan tentang seorang kaisar yang bernama Kaisar Xian di Dinasti Hang di Cina pada tahun 208 Masehi yang diperankan oleh Philip Hersh.

Suatu ketika sang perdana mentri yang bernama Cao Cao yang diperankan oleh Zhang Fengyi menyarakan kepada Kaisar Xian untuk menyerang daerah Cina Selatan yang dikuasai oleh Kaisar Lie Bei yang diperankan oleh You Yong dan Kaisar Sun Quan yang diperankan oleh Chang Chen.

Perperangan terjadi dan Cao Cao berhasil menghabisi hampir separuh dari kerajaan tersebut. Namun Lie Bei berhasil melarikan diri bersama prajurit dan beberapa pengungsi lainnya. Salah satu prajurit bernama Zhuge Liang yang diperankan Takeshi Kaneshiro  menyarankan untuk meminta bantuan kepada Sun Quan. Liu Bei pun setuju dan berusaha membujuk Sun Quan untuk bekerja sama melawan Cao Cao.

Baca Juga : Wisata Keluarga di Jogja

Film bergenre aksi, petualangan dan drama ini berhasil meraih rating 7.4/10 di seri pertamanya, sedangkan seri keduanya berhasil meraih rating 7.6/10. Banyak sekali pesan yang ditorehkan penulis tentang sebuah kesetiaan, persahabatan, persatuan, ambisi sendiri, dan penghianatan.

Edukasi yang dapat diambil adalah Tujuan akan tercapai jika berkumpul bersama dalam satu misi dan komitmen dan sebaliknya tujuan tersebut akan hancur ketika salah satu diantaranya tidak saling percaya satu sama lain, memiliki ambisi pribadi dan penghianatan.

Sekian infomasi yang disampaikan oleh Okeylah kali ini. Sampai bertemu lagi di pembahasan-pembahasan lainnya mengenai film dan drama favorit kalian yak, okers.

Selamat menonton !

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!