16 Film Joko Anwar Terbaik, Pengabdi Setan dan Gundala

5 min read

Film Joko Anwar
0
()

Film Joko Anwar Pria kelahiran Medan Tahun 1976 ini berhasil menjadi sutradara, role hingga penulis skenario. Siapa lagi kalau bukan Joko Anwar. Beliau telah berhasil menggarap film film booming seperti pengabdi setan dan ritual.

Bahkan beliau mendapatkan penghargaan di festival film Indonesia tahun 2008 dan 2015 sebagai skenario terbaik dan sutradara terbaik. Nah okers pasti kepo film apa saja yang digarap oleh Joko Anwar. Temukan jawabannya di postingan ini ya.

1. Ratu Ilmu Hitam

Film Joko Anwar pertama baru tayang November 2019 kemarin. Film bergenre horor ini disutradarai oleh Kimo Stamboel dengan skenario dari Joko Anwar. Dibintangi pula oleh aktris dan aktor ternama Indoneisa seperti Ario Bayu, Hannah Al Rashid, Adhisty Zara dan Ari Irham.

film joko anwarkronologi.id

Mengisahkan tentang santet yang dilakukan oleh korban pelecehan seksual. Film ini lebih menekankan balas dendam dan sakit hati seorang warna desa bernama, Murni. Mengambil kisah masyarakat sekitar membuat film ini meraih rating 8 dari 10 berdasarkan kincir.com.

2. Impetigore

Film impetigore atau dikenal dengan perempuan tanah janaham yang tayang pada oktober 2019 menceritakan tentang keinginan Maya untuk mengungkap misteri dari keluarganya. Dia menghentikan pekerjaannya untuk sementara dan mendatangi kampung leluhurnya. Tak disangka bahwa dia menemukan hal yang mengejutkan di kampung halamannya.

film joko anwarcnnindonesia.com

Joko Anwar menggaet artis papan atas seperti Tara Basr, Marissa Anita, Christine Hakim, Ario Bayu dan pemeran lainnya. Film ini berhasil mencapai rating 7.4 dari 10 berdasarkan IMDb dan penonton tembus hingga satu juta penonton.

3. Gundala

Kali ini Joko Anwar mengangkat genre film pahlawan super noeo-noir yang tayang pada agutus 2019. Film ini dibintangi oleh Abimana Aryasatya, Tara Basro, Bront Palarae, Ario Bayu, Rio Dewanto dan Marissa Anita. Gundala sendiri berhasil meraih rating 7.2 dari 10 berdasarkan IMDb.

film joko anwarjawapos.com

Gundala menceritakan tentang anak laki laki yang hidup di jalanan semenjak kedua orangnya meninggal. Anak sebatang kara ini menjalani kehidupan yang berat dengan sedirian. Dia hanya memikirkan keselamatan dirinya untuk bertahan hidup di kerasnya kehidupan jalanan.

Baca Juga : Film Leonardo DiCapio

4. Orang Kaya Baru

Pada awal 2019 Ody C Harahap merilis film bergenre komedi keluarga dengan Joko Anwar sebagai penulis. Orang Kaya Baru (OKB) menceritakan tentang sebuah keluaga yang ditinggalakn oleh kepala keluarga. Sang Ayah ternyata meninggalkan warisa yang melimpah. Hingga hidup mereka berubah drastis.

film joko anwarrahmankamal.com

Film OKB berhasil meraih rating 6.4 dari 10 menurut IMDb. Sang sutradara menggaet artis papan atas seperti Raline Shah, Lukman Sardi, Cut Mimi,Derby Romeo, dan Refal Hady. Film produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures ini berdurasi 99 menit.

5. Satan’s Slaves

Film Satan’s Slaves atau pengabdi setan adalah film Joko Anwar yang bergenre horor. Film ini memiliki dua series yang tayang pada tahun 2017 dan 2019. Rating yang diraih dari kedua film juga cukup tinggi yaitu 6.6 dari 10 menurut IMDb.

Film yang menceritakan tentang seorang ibu yang meningal disebabkan oleh penyakit yang aneh. Keluarganya sdudah mencoba berbagai cara untuk mengobati akan tetapi tidak berhasil. Setelah sang ibu meninggal hal hal horor mulai bermunculan.

film joko anwarcinemapoetica.com

Joko Anwar sebagai sutradara bekerja sama dengan artis papan atas seperti: Tara Basro, Dimas Aditya, Bront Palarae, Endy Arfian, Ayu Laksmi dan banyak lagi. Film ini pun berhasil meraih kemenangan di Festival Film Indonesia 2017 sebayak 7 dari 13 nominasi.

6. Stip & Pensil

Film yang tayang pada april 2019 dengan genre komedi indonesia disutradari oleh Ardy Octaviand dengan skeanario ditangani oleh Joko Anwar. Stip dan Pensil dibintangi oleh Ernest Prakasa, Tatjana Saphira, Indah Permatasari dan Ardit Erwandha.

tribunnewswiki.comtribunnewswiki.com

Film berdurasi 98 menit ini menceritakan tentang empat sekawan pemuda yang membangun sebuah sekolah darurat terletak di pinggiran kota Jakarta yang kumuh dan tak layak huni. Mengangkat cerita keseharian penduduk pinggiran, film ini berhasil meraih 6.7 dari 10 menurut IMDb.

7. A Copy of My Mind

Film yang disutradarai oleh Joko Anwar ini menceritakan tentang seorang pegawai salon yang menggemari DVD bajakan bernama Sari. Dia bermimpi untu memiliki home theater sendiri. Suatu ketika dia mendapatkan DVD dengan teks bajakan yang salah. Sehingga dia harus meng-complain DVD tersebut. Bertemulah Sari dengan Alek, sang pemiliki DVD bajakan. Pertemuan mereka berlanjut manis hingga mereka mendapatkan masalah akibat sebuah DVD.

film joko anwaresquire.com

Film a copy a my mind ini dibintangi oleh Chicci Jerikho, Tara Basro, Paul Panigoro, Maera Panigoro dan artis lainnya. Tayang pada Februari 2015, film ini meraih 3 penghargaan dari 7 kategori nominasi di Festival Film Indonesia. Tak hanya itu, film ini berhasil memperoleh rating 7.2 dari 10 bersadarkan IMDb.

Baca Juga : FIlm Biografi Terbaik

8. Ritual

Film Ritual atau dikenal denga Modus Anomali ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang berlibur di sebuah hutan. Tiba-tiba mereka didatangi oleh tamu yang tak diundang. Sang ayah harus terpisah dengan keluarganya di tengah hutan. Berbagai teror terus menghantui mereka. Ternyata tak hanya ada keluarga lain yang mengalami teror yaang sama dan mungkin saling berkaitan.

Film Joko Anwaramiratthemovies.com

Film ini menekankan drama keluarga, sebuah keluarga yang harus bekerjasama, saling percaya, dan kompak. Film ritual berhasil tempus keranah internasional. Film garapan Joko Anwar ini diperankan oleh Rio Dewanto. Hanna Al-Rasyid, Izzati Amara, Aridh Tritama, Surya Saputra dan masih banyak lagi. Selain itu, Modus Anomali berhasil meraih rating 5.5 dari 10 berdasarkan IMDb.

9. The Forbidden Door

Film The Forbidden Door atau Pintu Terlarang diadaptasi dari novel best seller dengan judul yang sama. Joko Anwar berhasil mengadaptasi novel karangan Ayu Asmara dilihat dari rating yang diperoleh dari film ini berdasarkan IMDb 6.8 dari 10.

Film Joko Anwarbagusadisucipto.wordpress.com

Pintu Terlarang yang tayang pada tahun 2009 menceritakan tentang seorang pematung spesialis perempun hamil bernama Gambir. Dia hidup sangat sempurna, istri yang cantik, dua sahabat yang royal, kekayaan, dan kepopuleran. Sayangnya Gambir belum dikaruniai momongan. Selama film berjalan akan ada hal yang mengejutkan dan misteri yang terkuak dari seorang Gambir.

10.  Fiksi

Film garapan Mouly Surya dengan penulis narasi Joko Anwar ini menceritakan tentang kehidupan yang ada di Jakarta tepatnya di lingkungan rumah susun. Terdapat seorang perempuan yang memiliki kecenderungan dan terobsesi dengan cinta. Dia seperti piskopat yang akan melalukan apa saja untuk mendapatkan cinta yang ia inginkan. Perempuan ini bahkan akan menyakiti bahkan membunuh siapa saja yang menghalanginya.

Film Joko Anwarmeonthemovie.blogspot.com

Film yang diperankan oleh Ladya Cheryl, Donny Alamsyah, Kinaryosih, dan Zeke Khaseli ini tayang pada pertengahan 2008. Berhasil menyabet 4 penghargaan di Festival Film Indonesia 2008. Tak hanya itu, film ini meraih rating 7.4 dari 10 berdasarkan IMDb.

Baca Juga : Urutan Film Harry Potter

11. Quickie Express

Film yang tayang akhir 2007 ini menceritakan tentang seorang pemuda yang berganti-ganti pekerjaan untuk menyambung hidupnya di Jakarta. Meskipun dia merasa dirinya bodoh tetapi dia selalu berusaha dan tidak pernah menyerah. Hingga akhirnya dia menjadi pegawai tambal ban dan bertemu laki-laki tua yang kaya raya.

Film Joko Anwarjustwatch.com

film yang dinarasikan oleh joko Anwar ini menggaet pemeran baru (pada sata itu) seperti Tora Sudiro, Amink, Lukman Sardi, Sandra Dewi, dan banyak lainnya. Quickie Express dengan durasi 117 menit ini berhasil meraih 6.9 dari 10 berdasarkan IMDb.

12. Dead Time : Kala

Film Joko Anwardeadtimethemovie.blogspot.com

Film Kala atau Dead Time dalam judul internasional tayang pada tahun 2007, diperankan oleh Fachri Albar, Ario Bayu, dan Shanty. Film garapan Joko Anwar ini menceritakan tentang seorang polisi yang sedang menginvestigasi kasus pembakaran lima orang oleh warga dikarenakan lima orang tersebut diduga maling. Kasus ini juga meyeret sang istri, dimana sang istri adalah seorang jurnalis. Kala yang berurasi 102 menit ini berhasil memperoleh dua penghargaan di Festival Film Indonesia 2007. Tak hanya itu, film ini memperoleh rating berdasarkan IMDb 7 dari 10.

13. Jakarta Undercover

Satu lagi film Joko Anwar yang tayang pada tahun 2007, Jakarta Undecover. Film ini diperakan oleh Luna Maya, Fachry Albar, Lukman Sardi, Christian Sugiono dan masih banyak lagi. Film adaptasi dari novel dengan judul yang sama ini meraih 6.2 dari 10 berdasarkan IMDb.

Film Joko Anwarruangkecilsite.wordpress.com

Film garapan Lance dengan Joko Anwar sebagai penulis narasi ini menceritakan tentang gadis asal Medan yang kabur ke Jakarta setelah tak sengaja membunuh sang ayah yang menyakiti ibunya. Dia membawa sang adik dan berusaha keras membiaya hidupnya dengan sang adik. Berbagai pekejaan dilakukan untuk menyambung hidup.

Baca Juga : Film Indonesia Terlaris

14. Janji Joni

Film yang diperankan oleh Nicholas Saputra, Mariana Renata, Rachel Maryam dan Dwiky Riza ini tayang pada 2005 dengan mengangkat genre drama komedi. Film garapan Joko Anwar ini berhasil menyabet dua penghargaan di Festival Film Indonesia 2005. Selain itu, film ini meraih rating menurut IMDb 7.6 dari 10.

Film Joko Anwartwitter.com

Mengisahkan tentang pengantar roll film yang bernama Joni. Joni tidak pernah terlambat mengantarkan roll-roll film hingga dia bertemu dengan seorang gadis. Dia menanyakan namanya, namun sang gadis akan memberitahunya jika Joni berhasil mengantarka roll film dengan tepat waktu dan tidak putus ditengah jalan ketika ditonton. Sayangnya berbagai hambatan terus menerus mengahdangnya.

15. Arisan!

Nia Dinata sang sutradara bekerjasama dengan Joko Anwar sebagai penulis narasi menggarap film berjudul Arisan!. Tayang pada 2003 da berhasil meraih 5 penghargaan di Festival Film Indonesia pad atahun 2004. Selain itu rating yang diperoleh film ini cukup tinggi 7.2 dari 10 berdasarkan IMDb. Film berdurasi 129 menit ini dibintangi oleh Cut Mimi, Tora Sudiro, Aida Nurmala dan masih banyak lagi.

Film Joko Anwarcinemaescapist.com

Film yang mengangkat genre drama satir ini menceritakan tentang kehidupan di metropolitan yang tidak lepas dengan kegiatan bernama arisan. Tak hanya itu film ini juga menayangkan sisi gelap metropolitan seperti pergaulan yang hedon, hubungan terlarang, perselingkuhan, persahabatan, dan saling percaya dalam rumah tangga.

16. Biola Tak Berdawai

Film garapan Sekar Ayu Asmara dan Joko Anwar ini tayang pada 2003. Film berdurasi 97 menit ini dibintangi oleh Nicholas Saputra, Ria Irawan, Jajang C. Noer dan Dicky Lebrianto. Biola tak berdawai mengambil genre drama dan berhasil meraih rating 6.7 dari 10 menurut IMDb.

Film Joko Anwarbukalapak.com

Mengisahkan tentang mantan seorang penari ballet bernama Renjani dipekosa dan terpaksa untuk mengaborsi kandungannya. Renjani kemudian pindah ke Yogyakarta untuk melupakan masa lalunya. Sesampainya di Yogyakarta dia mendirikan rumah asuh untuk anak-anak cacat diberi nama Ibu Sejati. Hal itu disebabkan dia teringat dengan wanita yang duduk disebelahnya sepanjang perjalanan menuju Yogyakarta.

Baca Juga : FIlm Survival Terbaik

Sekian infomasi yang disampaikan oleh Okeylah kali ini. Sampai bertemu lagi di pembahasan-pembahasan lainnya mengenai film dan drama favorit okers.

Selamat menonton !

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!