Home » Sehat Bareng » Beginilah Dampak Merokok Dari Segala Sisi

Beginilah Dampak Merokok Dari Segala Sisi

by Silvera Riduan
dampak merokok

Dampak MerokokMerokok adalah kegiatan dimana seseorang menghisap gulungan tembakau yang dibungkus oleh kertas. Rokok mengandung hamper 4000 bahan kimia, secara teori ketika okers menghisap rokok maka aka nada 400 bahan kimia yang beracun dan 40 diantaranya dapat menyebabkan kanker jika berakumulasi dengan tubuh.

Rokok memiliki beberapa kandungan berbahaya seperti: nikotin, karbon monoksida, tar, DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana), aseton, formaldehid, cadmium, arsenic, ammonia, polonium-210, hydrogen sianida, vinil klorida, dan m.Naftalena.

Kandungan dalam rokok dapat menyebabkan adiksi dan dependensi ketika okers menghisapnya. Sehingga rokok dapat dikatakan termasuk dalam golongan NAPZA. Beberapa alasan orang yang perokok aktif maupun pasif: menghilangkan ketegangan, penghilang jenuh, penghilang stress, lambing kedewasaan, coba-coba dan ikut-ikutan.

Perokok dikategorikan menjadi dua jenis perokok aktif dan perokok pasif. Sama-sama merokok namun mereka memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda. Ciri-ciri perokok aktif: gigi kuning akibat nikotin, kuku kotor karena nikotin, mata pedih, sering batuk-batuk, dan bau rokok entah mulut ataupun napas. Sedangkan ciri-ciri perokok pasif: mata pedih, hidung beringus, tekak yang serak, dan pening.

Apa Saja Dampak Merokok Bagi Kehidupan Sehari-Hari?

Banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat merokok mulai dari segi kesehatan, segi ekonomi, dan segi sosial. So, apasaja dampak merokok dari segala segi kehidupan.

1.      Dampak Merokok Segi Kesehatan

Segala dampak merokok paling banyak menyebabkan gangguan pada kesehatan. Zat adiktif yang ada pada rokok akan perlahan menghancurkan organ dalam manusia. Berikut ini beberapa penyakit yang timbul akibat merokok:

·         Kanker

Hampir 60 persen bahan kimia yang terdapat dalam rokok menyebabkan kanker. Bahkan asap rokok dapat meningkatkan radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel tidak normal. Kanker yang disebabkan oleh rokok mulai dari kanker paru-paru, kanker mulut, kanker pita suara, kanker uterus dan kanker usus.

·         Paru Obstruktif Kronik

Penyakit ini merupakan gangguan pernafasan yang kronis. Bahkan salah satu rumah sakit menyatakan penyakit ini disebabkan oleh penderita yang beriwayat merokok. Bahkan perokok pasif pun dapat berisiko mengalami gangguan pernapasan seperi: asma, bronchitis dan tuberculosis.

·         Jantung

Seperti yang diketahui rokok mengandung zat beracun yang menyebabkan rusaknya struktur otot jantung dan pembuluh darah jantung. Seperti nikotin, kandungan satu ini menyebabkan penumpukkan plak pada pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit jantung coroner.

Gejala yang sering dialami seperti: jantung akan berdenyut lebih cepat dan tekanan darah akan naik sehingga serangan jantung dan hipertensi akan mudah menyerang. Bahkan di negara-negara lain disebutkan bahwa penyakit kardiovaskuler disebabkan oleh pemakaian tembakau.

Baca juga : Cara Menurunkan Kolesterol

·         Stroke

Dalam rokok nikotin memiliki peran paling aktif dalam gangguan permasalahan kesehatan. Diketahui nikotin dapat merusak pembuluh darah sehingga menganggu aliran darah ke otak dan menyumbat pembuluh darah di otak. Sehingga perokok akan lebih mudah terkena stroke.

·         Kulit Keriput

Tak hanya nikotin bahkan radikal bebas yang terdapat dalam rokok akan menimbulkan permasalahan kesehatan kulit. Radikal tersebut dapat mengikis vitamin A dan merusak protein kulit yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit sehinga kulit akan mudah keriput.  Secara tidak langsung akan mengakibatkan penuaan dini: kerutan di wajah, berkantung mata dan kerutan diarea mulut.

·         Hipertensi

Kandungan nikotin dalam rokok akan menyebabkan pembulu darah menjadi sempit dan keras akibat penumpukkan plak. Kondisi seperti ini akan membuat jantung memompa darah lebih lambat dan memicu hipertensi.  

·         Diabetes

Asap rokok yang mengandung radikal bebas dapat mengganggu kinerja insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi energi yang dihasilkan oleh tubuh. Sehingga apabila insulin bekerja dengan lambat maka produksi gula akan meningkat. Hal ini menyebabkan risiko diabetes yang berlipat ganda.

·         Gangguan Kehamilan dan Janin

Bagi ibu hamil akan sangat berisiko jika terlalu dekat dengan para perokok. Asap rokok yang dihirup menyebabkan asuran nutrisi dan oksigen ke bayi melalui plasenta akan terhalang. Apalagi bagi ibu hamil yang juga perokok justru akan menambah risiko infertilitas atau ketidaksuburan.

·         Disfungsi Ereksi

Kandungan asap rokok dapat menghambat aliran darah ke jantung dan otak. Akan tetapi dapat menghambat aliran darah ke organ vital yaitu penis. Terhambatnya aliran darah ini akan menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunkan kualitas sperma pria.

·         Rheumatoid Arthritis

Penyakit ini dapat juga disebut dengan peradangan sendi. Kandungan dalam rokok akan mengikis kalsium dan magnesium dalam tulang sehingga menyebabkan tulang keropos dan kelainan sendi. Biasanya penyakit ini mengendap pada sendi bagian tangan dan kaki.

Tak hanya itu rokok juga menyebabkan tulang cepat lemah sehingga tulang akan mudah rapuh dan menyebabkan osteoporosis lebh cepat apabila dibandingkan dengan non-perokok.

Baca juga : Penyebab Asam Lambung Naik

2.      Dampak Merokok Segi Ekonomi

Secara ekonomi mengkonsumsi tembakau akan mengakibatkan kerugian makro ekonomi. Memang bisnis rokok akan meningkat jauh lebih pesat, bahkan di perdesaan tercatat perokok aktif berjumlah dua kali lipat dari perkotaan.

Parahnya belanja bulanan dalam rumah tangga menampati nomer ketiga untuk pembelian rokok setelah makanan cepat saji dan beras. Bahkan pengeluaran ini lebih tinggi daripada pengeluaran biaya kesehatan dan pendidikan.

Tak hanya itu tahun-tahun produktif perlahan-lahan akan menghilang, sebab banyak pekerja yang terjangkit gangguan kesehatan kronis akbiat konsumsi rokok. Meskipun tidak menular namun hal ini dapat membahayakan kualitas generasi muda yang akan datang.

3.      Dampak Merokok Segi Sosial

Semakin banyak jumlah perokok aktif maka lingkungan sekitar akan semakin buruk. Misalnya dalam satu pemukiman lebih banyak perokok aktif daripada non perokok, maka asap rokok yang bertebaran dimana-diman. Entah sengaja atau tidak akan terhirup oleh mereka yang non perokok.

Hal ini menyebabkan pemerintah mengeluarkan regulasi. Sayngnya regulasi tidak menetapkan tenggat waktu untuk prosesnya sendiri dan tidak terdapat komitmen serius dari masing-masing pemerintah daerah.

Sekarang ini bahkan tidak hanya orang dewasa yang merokok, remaja pun tak luput akan hal itu. Dampak merokok secara kehidupan sosial remaja adalah menimbulkan ketergantungan, menurunkan konsentrasi belajat, menurunkan kebugaran, dan menganggu perekoromian. Menurut riset, para remaja akan lebih memilih membeli rokok di warung daripada membeli makanan di kantin sekolah.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat

4.      Dampak Merokok Segi Lingkungan

Tak hanya kandungan rokok yang menganggu kehidupan manusia, namun putung rokok yang dibuang semabarangan juga menyebabkan pencemaran lingkungan. Dilansir pantai adalah tempat terbesar dari pembuangan putung rokok, belum lagi putung rokok yang tersebar di laut, sungai, danau, gunung, dan sekeliling pepohonan.

Rokok memang hal yang seringkali dipandang sepele namun masyarakat kurang mengetahui tentang dampak setelahnya. Ketidaksadaran dalam pembuangan rokok secara sembarangan secara tidak langsung dapat merusak alam sekitar.

Sekian infomasi yang disampaikan oleh Okeylah kali ini. Sampai bertemu lagi di pembahasan-pembahasan lainnya mengenai kesehatan dan pola hidup sehat, okers.

Baca juga : Dampak Kesehatan Merokok

Selamat mencoba !

Related Videos

Leave a Comment