5 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Efek Samping

3 min read

Cara Menurunkan Kolesterol
0
()

Cara Menurunkan Kolesterol – Menurut Wikipedia, kolesterol adalah zat yang murni dihasilkan oleh hati akan tetapi zat ini juga dapat diperoleh dari beberapa makanan seperti daging dan susu. Fungsi utama dari kolesterol adalah untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi hormon dan menghasilkan vitamin D.

Kolesterol memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun jika jumlahnya terlalu banyak maka akan berakibat buruk. Banyak sekali penyakit yang timbul jika kolesterol pada tubuh meningkat drastis. Salah satu diantaranya adalah stroke dan penyakit jantung.

Terdapat dua jenis kolesterol berdasarkan fungsinya. Pertama LDL (Low-destity Lipoprotein) berfungsi untuk membawa kolesterol ke seluruh tubu melewati pembuluh darah arteri. Kolesterol ini biasa disebut kolesterol jahat akibat kolesterol yang menumpuk di dinding pembuluh arteri.

Kedua HDL (High-density Lipoprotein) berfungsi untuk mengembalikan kolesterol berlebih ke hati dan kemudian di keluarkan dari tubuh. Kolesterol ini biasa dikenal dengan kolesterol baik.

Beberapa riset menunjukkan nilai kolesterol secara normal untuk LDL sekitar urang dari 100 mg/dL, HDL sekitar lebih 60 mg/dL, Trigliserida sekitar kurang dari 150 mg/dL dan kolesterol secara keseluruhan sekitar kurang dari 200 mg/dL.

Banyak sekali hal hal yang menyebabkan kolesterol pada tubuh meningkat drastis seperti: gaya hidup yang tidak sehat, penyakit yang diderita, keturunan dan beberapa lainnya. Namun penyebab yang paling sering ditemukan adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Gaya hidup yang tidak sehat bermula dari konsumsi makanan dengan kolesterol tinggi dan lemak jenuh: susu full cream, kulit ayam, jeroan, daging terlalu matang, dan sebagainya. Selain itu penderita sering merokok namun kurang berolahraga.

Baca juga : Cara Hidup Sehat yang Tidak Mendominasi Waktu Anda

Maka dari itu Okeylah merekomendasikan Cara Menurunkan Kolesterol secara alami dan tanpa obat-obatan. Simak beberapa caranya:

1.    Mengatur pola makan hidup sehat

Pola makan hidup sehat dapat diciptakan sendiri. Cara ini ampuh untuk membantu okers menurunkan kolesterol secara alami dan tanpa obat. Okers diharuskan meminum air jeruk nipis setiap pagi dan malam. Jeruk nipis memiliki banyak flavonoid berfungsi sebagai anti-oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

Okers juga dapat meminum beberapa jus buah seperti anggur, jambu merah, apel, berries, pir, alpukat, pepaya, dan kulit manggis. Selain buah-buahan, mengkonsumsi biji-bijian yang utuh juga dapat menurunkan kolestrol. Biji-bijian mengandung fosfor, magnesium, fiber, zat besi, tembaga, selenium, mangan, protein, dan vitamin B yang akan mencegah efek dari radikal bebas.

Ada pula brokoli, jenis sayuran satu ini mampu menurunkan kolesterol yang berlebih. Sebab kandungan serat yang tinggi akan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami. Okers juga dapat mengkonsumsi ikan yang mengandung minyak Omega-3 seperti salmon.

Mengkonsumsi oatmeel yang terbuat dari gandum dan mengandung beta glucan dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain oatmeal, Teh hijau juga mengandung cathechin yang juga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Susu kedelai mengandung isoflavon yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Susu kedelai biasanya didapatkan melalui olahan kadang kedeai berupa tahu dan tempe. Namun ada beberapa toko yang menjual susu kedelai murni.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah mengurangi konsumsi gula dikarenakan gula mengandung kadar trigliserida dan kalori yang tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, kolesterol pada tubuh akan meningkat.

2.    Berolahraga secara rutin

Cara Menurunkan Kolesterol selanjutnya adalah olahraga. Kegiatan jenis ini banyak sekali memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Lakukan olahraga yang tidak berat bagi tubuh seperti jalan sehat di pagi hari dan sore hari, jogging ringan bersepeda, berenang, bulu tangkis. Hal kecil tersebut jika dilakukan secara rutin akan mengurangi kadar kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

Olahraga dapat dilakukan 30/5 atau 30 menit per 5 hari dalam seminggu. Menurut riset jika melakukan olahraga secara rutin selama 12 minggu maka kolesterol akan menurun dan tidak mengakibatkan efek samping.

Baca juga : Temukan Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Akurat

3.    Membatasi konsumsi alkohol dan rokok

Menurut beberapa riset, merokok dapat mengubah kemampuan sisitem imut yang berfungsi untuk menangani kolesterol sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dilansir imut tersebut akan menghambat pengembalian kolesterol dari dinding pembuluh darah menuju ke hati.

Begitu juga dengan zat yang dimiliki oleh minuman beralkohol yaitu zat ethanol. Zat tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh namun akan menurunkan kesigapan sistem imut tubuh untuk mengembalikan kolesterol ke hati.

Kedua hal tersebut jika dikonsumsi secara berlebih akan mengakibatkan kolesterol meningkat. Sehingga harus ada batasan konsumsinya. Konsumsi alkohol untuk laki-laki hanya diperbolehkan dua gelas per hari dan untuk wanita hanya satu gelas per hari.

4.    Menghindari makanan olahan cepat saji

Beralih ke Cara Menurunkan Kolesterol berikutnya adalah olahan makanan cepat saji. Olahan semacam ini memiliki banyak manfaat seperti praktis dengan rasa yang enak. Sayangnya makanan ini mengandung lemak yang sangat tinggi. Sehingga risiko penyakit jantung dan stroke dengan cepat meningkat.

Makana ini memiliki jumlah kalori sekitar 200 hingga 300 untuk setiap persinya. Bayangkan okers mengkonsumsinya setiap hari dan hitunglah jumlah kalori yang mengendap dalam tubuh anda setiap harinya.

Selain kalori, makanan cepat saji juga mengandung karbohidarat, gula, sodium tinggi, dan kurangnya serat. Sehingga akan menimbulkan konstipasi, penambahan berat badan secara drastis dan menurunkan sistem imun tubuh. Tubuh anda akan rentan terserah penyakit dan kekurangan gizi yang seimbang.

Kemudahan dalam pengolahan makanan ini, justru akan menjerumuskan tubuh anda dan menyebabkan timbulnya penyakit kolersterol. Kandungan makanan ini hampir 90% adalah kolesterol jahat dan lemak jenuh.

Tak hanya penyakit kolesterol tinggi saja, bahan olahan cepat saji akan menimbulkan beberapa penyakit mematikan seperti: obesitas, diabetes, kanker, keracunan makanan, penyakit lambung, dan sebagainya.

5.    Mengontrol berat badan

Seperti yang diketahui, mengontrol berat badan dapat menurunkan kolesterol secara alami. Mengontrol berat badan dalam hal ini bukan diet ya. Tapi meminimalisir kolesterol yang ada dalam tubuh dapat melalui makanan dan olahraga. Pastikan berat badan anda tidak melebihi batas tubuh anda.

Dalam hal ini and tidak perlu melakukan diet ketat untuk menurunkan kolesterol. Penurunan berat badan sekitar 5 kg saja mampu menurunkan kolesterol sebanyak 8%. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi asupan makan sebanyak 500 kalori per harinya.

Ketika berat badan okers sudah mulai terkontrol, maka pertahankan berat badan tersebut. Atur pola makan anda dan terus rutin berolahraga supaya kolesterol dalam tubuh okers tidak naik lagi. Mempertahankan memang lebih sulit daripada mengurangi, sehingga okers membutuhkan tenaga ekstra untuk hal ini.

Jika terlalu sulit, maka buatlah jadwal rutin setiap harinya untuk menu makanan dan jadwal olahraga. Supaya berat badan okers tetap terkontrol dan tidak naik lagi.

Baca juga : Dapatkan Tubuh Ideal dan Sehat dengan 4 Cara Diet Alami

Nah okers, sudah paham kan cara menurunkan kolesterol secara alami dan tidak menimbulkan efek samping dan ketergantungan obat-obatan. Sekian dulu info dari Okeylah kali ini. Selalu kunjungi blog Okeylah.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan hidup sehat lainnya.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!