Home » Sehat Bareng » Ikuti Rumus Ini ! Temukan Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Akurat

Ikuti Rumus Ini ! Temukan Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Akurat

by Silvera Riduan
a Menghitung Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan IdealMasyarakat sekarang ini sedang berbondong-bondong untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Salah satu diantaranya dengan melakukan diet sehat dan aman tentunya. Seperti yang diketahui banyak sekali cara untuk menurunkan berat badan tanpa efek samping. Misalnya dengan melakukan detoks tubuh dan rutin melakukan olahraga.

Sebelum melakukan diet sehat dan aman, okers harus tau hal ini terlebih dahulu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui berat badan ideal anda. Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengetahui berat badan ideal pada masing masing orang. Di jaman yang serba teknologi atau era industri 4.0 banyak website yang menyediakan perhitungan cepat berat badan ideal seseorang, misalnya pada situs milik BMI (Body Mass Index) : www.hallosehat.com

Namun ada cara menghitung berat badan ideal secara manual juga. BMI mempublish rumus yang digunakan untuk menentukan berat badan ideal seseorang. Selain BMI, Brocha juga memunculkan rumus menghitung berat badan ideal.

Nah, kali ini Okeylah akan membagikan beberapa rumus yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal dengan klasifikasi tertentu.

Baca juga : Cara Hidup Sehat yang Tidak Mendominasi Waktu Anda

Hitunglah Berat Badan Ideal dengan Rumus Berikut Ini ! Pastikan Angka Benar ya.

Dalam beberapa ketentuan perhitungan berat badan memiliki rumus yang berbeda-beda untuk beberapa kalsifikasi tertentu. Kenyataannya setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda untuk mencapai berat badan yang ideal.

Misalnya okers membutuhkan menu makanan dengan kandungan kalori sebanyak 1500 per harinya. Belum tentu ayah okers membutuhkan kalori yang sama, bisa jadi lebih tinggi atau lebih rendah dari yang okers butuhkan.

Salah satu pentingnya perhitungan berat badan ideal ini selain itu menentukan cara diet yang benar, juga untuk menentukan jumlah kalori yang harus dikonsumsi setiap harinya.

1.    Menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita

Panduan rumus yang digunakan untuk menghitung berat badan ideal pria dan wanita adalah kalkulator BMI. Kalkulator ini sangat umum digunakan di kalangan masyarakat. Perhitungannya juga sangat mudah.  Kalkulator ini mengunakan acuan tinggi badan dan berat badan okers saat itu.

Hasil dari perhitungan rumus ini dilansir dari Joslin Diabetes Center berdasarkan standar WHO (BMI) dan Asia-Pacific (BMI)

Keterangan WHO (BMI) Asia-Pacific (BMI)
Kurus < 18.5 < 18.5
Normal 18.5 – 24.9 18.5 – 22.9
Overweight 25 – 29.9 23 – 24.9
Obesitas ≥ 30 ≥  25

Dari tabel tersebut terdapat perbedaan yang cukup mencolok dari WHO dan Asia Pacific. Dimana seseorang dikatakan obesitas untuk WHO jika hasil perhitungan menunjukkan angka ≥ 30 dan untuk Asia-Pacific hanya ≥  25. Perbedaan mencolok dengan 5 point diantara keduanya.

2.    Menghitung berat badan ideal dengan rumus Broca

Beralih ke rumus yang selanjutnya, rumus ini ditemukan pada tahun 1871 oleh Dr. Pierre paul Broca dan dipopulerkan pada tahaun 1970-an oleh Dr. BJ Devine. Sama halnya dengan rumus versi kalkulator BMI, rumus ini juga beracuan pada tinggi badan dan berat badan seseorang.

Namun jika di rumus BMI, berat badan pria dan wanita disama-ratakan maka untuk rumus ini dibedakan. Inilah cara menghitung berat badan ideal menggunakan rumus Broca.

Pria            = (Berat Badan – 100) – (10% x (Tinggi Badan – 100))

Wanita       = (Tinggi – 100) – (15% x (Tinggi Badan – 100))

Perbedaan tersebut didapatkan dari beberapa faktor seperti usia dan porposi tubuh masing-masing orang. Sehingga tak menutup kemungkinan rumus tersebut juga tidak akurat. Namun setidaknya dapat digunakan sebagai acuan supaya mengatur pola makan sesuai dengan kalori yang dibutuhkan.

Hasil yang didapatkan dari rumus ini adalah berat badan ideal anda, Misalnya dari perhitungan diatas hasil yang didapatkan sebesar 49 kg namun berat badan anda saat ini hanya 45 kg. Maka okers dapat menambah berat badan sekiar 3 kg untuk mencapai kata ideal.

Baca juga : Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Efek Samping

3.    Menghitung berat badan ideal untuk ibu hamil

Seperti yang diketahui kehamilan dapat menaikkan berat badan secara drastis. Namun apakah berat badan tersebut sudah ideal dan tidak menyebabkan si kecil kekurangan gizi?

Ternyata ibu hamil juga memiliki berat badan ideal yang harus dijaga dengan ketat supaya si kecil tetap terjaga kesehatannya. Penasaran bagaimana cara menghitung berat badan ideal untuk ibu hamil, berikut ini rumusnya:

BBIh = BBI + (UH x 0.35)

Dengan keterangan :

BBIh   = Berat Badan Ibu hamil (kg)

BBI                 = Berat Badan Ideal (kg)

UH                  = Umur kehamilan (minggu)

0.35                 = konstanta tambahan berat badan per minggu (kg)

Hasil dari perhitungan diatas adalah berat badan ideal yang harus dipenuhi selama masa kehamilan. Misalnya hasil yang okers dapatkan sebesar 57,5 kg sedangkan berat badan okers sekarang ini 55,5 kg. otomatis okers harus menambah berat badan sebanyak 2 kg supaya gizi ibu dan si kecil terpenuhi.

4.    Menghitung berat badan ideal anak berusia 0 – 12 tahun

Tak hanya remaja dan dewasa saja yang membutuhkan berat badan yang ideal, namun anak-anak pun juga membutuhkan berat badan yang ideal supaya masa pertumbuhan mereka terbantu dengan baik. Gizi yang mereka butuhkan juga terpenuhi.

Berat badan ideal seorang anak harus diperhatikan dengan benar. Sebab banyak anak yang kehilangan nyawa akibat gizi yang buruk atau kekurangan gizi. Peran penting orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Nah pernasaran kan cara menghitung berat badan ideal untuk anak yang berusia 0 – 12 tahun. Mudah sekali kok, acuan yang digunakan umur anak saat ini.

Dengan keterangan :

BBIa   = Berat Badan Ideal anak (kg)

Sama halnya dengan perhitungan sebelumnya, hasil yang diperoleh adalah berat badan ideal yang harus dicapai. Misalnya berat badan anak idealnya 18 kg sedangkan anak okers memiliki berat badan 15 kg, maka anak tersebut membutuhkan 3 kg untuk mencapai ideal.

5.    Menghitung berat badan ideal anak berusia 0 – 10 tahun

Okers pasti sudah memahami bahwa perlakuan anak yang berusia 10 tahun dengan berusia 12 tahun pasti berbeda. Nah hal tersebut juga diberlakukan untuk menghitung berat badan ideal mereka. Bagi okers yang memiliki anak berusia 0 – 10 tahun dapat menggunakan rumus perhitungan ini untuk mengetahui berat badan ideal mereka:

BBIa     = 2n + 8

Dengan keterangan :

BBIa   = Berat Badan Ideal anak (kg)

n                      = Usia Anak Saat Itu (tahun)

Hasil dari perhitungan diatas berupa berat badan ideal yang harus dicapai anak. Contohnya: setelah perhitungan didapatkan hasil 21 kg sedangkan berat badan anak sekarang 21 kg. Sehingga dapat dsimpulkan bahwa anak memiliki berat badan yang ideal.

Tertarik kan okers untuk menghitung secara manual berat badan yang ideal. Kegiatan ini dapat anda lakukan sembari rebahan dengan bantuan kalkulator yang ada di smartphone anda. Meskipun belum tentu akurat namun perhitungan ini dapat dijadikan acuan apa yang harus okers lakukan, apalagi untuk anda yang berada dalam masa diet.

Baca juga : 4 Cara Diet Alami

Nah, sekian dulu info dari Okeylah kali ini. Selalu kunjungi blog Okeylah.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan hidup sehat lainnya.

Related Videos

Leave a Comment