Home » Sehat Bareng » Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Menimbulkan Bekas

Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Menimbulkan Bekas

by Silvera Riduan

Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat salah satu masalah kulit berupa darah kotor yang bercampur dengan minyak berlebih atau kotoran yang mengendap di kulit. Penyebab masalah ini adalah bakteri kotor yang menempel di kulit dan tidak segera dibersihkan. Sehingga bakteri tersebut menutupi pori-pori kulit dan menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut akan membentuk benjolan kemerahan dan terkadang berisi nanah. Jerawat biasanya muncul di wajah, leher, punggung, dan telinga.

Baca juga : Cara Menurunkan Kolesterol

Kenali Jenis Jerawat Beserta Penyebabnya!

Jerawat memiliki beberapa jenis-jenis jerawat dengan gejala dan penyebab yang berbeda-beda. Okeylah sudah merangkum beberapa jenis jerawat yang dapat mudah dikenali loh okers, berikut rangkumannya:

1.    Whitehead

Jerawat ini disebabkan oleh penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati. Biasanya berupa gumpalan putih kecil-kecil di permukaan kulit atau bruntusan. Penyebab utama jenis jerawat ini adalah sel kulit mati. Namun ada beberapa penyebab lainnya seperti minyak berlebih, perubahan hormonal, keturunan dan jarang cuci muka.

2.    Blackhead

Jerawat ini biasanya berada diarea hidung atau komedo. Blackhead ini terjadi dikarenakan pori-pori yang dibiarkan terbuka kemudian tersumbat oleh debu dan kotoran lainnya. Jerawat jenis ini cukup sulit untuk dihilangkan, akibatnya menimbulkan bintik-bintik hitam diarea hidung dan sekitarnya.

3.    Pustula

Jika jenis sebelumnya tidak terlalu terlihat benjolannya, untuk jenis yang satu ini terlihat dengan nyata benjolan disertai kemerahan disekitarnya. Biasanya jerawat jenis ini akibat salah jenis make up dan skincare atau pemakaian make up yang terus menerus. Sehingga tidak memberi jeda kulit untuk bernafas. Jerawat ini biasanya berada disekitaran pipi, dagu, dan kening.

4.    Nodul

Jerawat yang satu ini dapat dikatakan jerawat yang cukup parah dan paling susah dihilangkan. Biasanya muncul dibagian pipi yang dekat dengan telinga. Penyebab utamanya adalah sebum yang berlebihan. Sebum ini berasal dari kelenjar sebaceous yang dihasilkan kulit terlalu aktif. Sehingga tanpa sengaja menutup pori-pori dan menimbulkan darah kotor yang menggumpal dibawah pori-pori.

5.    Fulminans

Jerawat ini adalah bentuk terparah dari jenis jerawat. Penyebab jerawat ini muncul adalah peningkatan jumlah c acnes yang memicu terjadinya reaksi imunologis. Bermula dari peradangan dan pembengkakaan kelenjar getah bening sehingga menimbulkan rasa sakit. Parahnya lagi menyebabkan penurunan berat badan dan sistem imun dalam tubuh.

Baca juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal

So, Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Menimbulkan Bekas?

Bagi para wanita, jerawat adalah musuh terbesar mereka. Tidak dapat memungkiri bahwa muncul satu jerawat saja di wajah. Pasti okers sudah kebingungan mencari cara memusnahkannya. Mulai dari membeli banyak obat-obatan oles sampai membuat obat-obatan secara alami.

Nah, setelah jerawat berhasil dimusnahkan, justru menimbulkan masalah baru yaitu bekas jerawat. Bekas jerawat atau bopeng akan menambah tingkat stress okers bukan. Masalahnya satu bekas jerawat saja akan menganggu penampilan anda. Akhirnya anda gagal untuk tampil prima di depan gebetan, sahabat, ataupun pasangan.

Jangan khawatir!

Disini Okeylah akan member solusi Cara Menghilangkan Jerawat tanpa menimbulkan bekas. Kulit okers akan kembali mulus tanpa bopeng penggangu. So, langsung saja. Okeylah akan memberi beberapa cara secara alami dan obat. Simak penjelasannya!

1.    Cuka Apel

Dipercaya bahwa segala jenis cuka memiliki kemampuan untuk membutuh bakteri dan virus, begitu juga cuka apel. Cuka apel mengandung asam acetric, citric, lactic, dan succinic yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri P. acnes. Tak hanya itu cuka apel juga memiliki kontrol untuk pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Penyembuhan jerawat menggunakan cuka apel tidak menimbulkan bekas jerawat, justru cuka apel dapat membantu okers untuk menghilangkan bekas jerawat. Banyak sekali cara yang digunakan menghilangkan jerawat dengan cuka apel.

Okers dapat menjadikan campuran masker atau langsung digunakan sebagai toner. Cara penggunaannya sangat mudah:

Penggunaan Cuka Apel Sebagai Toner:

1. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:1

2. Taruh campuran cuka apel dan air dibotol spray kosong.

Setelah itu okers dapat menggunakan toner cuka apel pagi hari setelah cuci muka dan malam hari sebelum tidur. Dijamin jerawat berserta bekasnya akan hilang dan takut untuk kembali. Jangan gunakan toner cuka apel terlalu banyak, misalnya lebih dari 3 kali dalam sehari dikarenakan kulit anda akan kering dan kasar. Gunakan secukupnya saja dalam sehari.

Penggunaan Cuka Apel Sebagai Campuran Masker

Jika biasanya anda menggunakan air mawar sebagai campuran masker. Okers dapat mengganti dengan cuka apel. Hal ini dapat membantu anda untuk membasmi jerawat-jerawat yang menganggu.

2.    Mentimun

Mentimun memiliki kandungan silika yang mampu menutrisi kulit sebagai bahan anti aging dan anti jerawat. Selain itu kandungan Vitamin (A,C dan E) dan mineral (Ca, Na, Mg, dan P) dapat digunakan untuk mengaja kelembapan kulit, menghilangkan kotoran, debu, dan sel kulit mati.

Nah maka dari itu mentimun dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat tanpa bekas. Caranya sangat mudah sekali dengan menjadikan mentimun sebagai masker yang dapat digunakan setiap 1-2 kali dalam seminggu.

Pembuatan Masker Mentimun:

1. Siapkan setengah potongan mentimun besar.

2. Kupas kulitnya dan potonglah kecil-kecil

3. Haluskan potongan mentimun dengan blender

4. Masker siap digunakan

Dijamin setelah dua minggu jerawat akan hilang tanpa menimbulkan bekas. Tak hanya itu kulit anda akan terasa lebih kencang dan lembab serta terlihat lebih segar dan bersih.

3.    Gel Aloe Vera

Aloe Vera menjadi best seller dalam pencarian penghilang jerawat akhir-akhir ini. Banyak ikamers yang menyediakan produk ini dalam bentuk jar dengan beberapa ukuran. Kandungan Aloe Vera memang nyata dapat menghilangkan jerawat beserta bekasnya. Seperti kandungan Vitamun A, B12,C dan E yang terdapat dalam Aloe Vera merupakan antioksidan yang mampu membunuh jerawat tanpa bekas.

Cara penggunaannya sangat mudah, jika okers membeli Gel Aloe Vera cukup dengan mengoleskan jar sesering mungkin. Okers juga dapat menggunakannya sebagai masker mingguan. Dijamin selama seminggu kulit anda akan terasa lebih kencang dan sehat. Tidak ada satu jerawatpun yang muncul.

Namun jika okers ingin membuat masker aloe vera sendiri di rumah, caranya gampang sekali.

1. Siapkah tanaman lidah buaya. Jangan lupa untuk membersihkannya.

2. Kupas kulitnya dan potong kecil-kecil daging lidah buaya.

3. Haluskan potongan tersebut dengan blender.

4. Masker siap digunakan.

Baca juga : Cara Diet Alami

4.    Spot Acne

Cara terakhir adalah dengan spot acne. Produk ini merupakan skincare wajib yang harus dimiliki oleh mereka yang kulitnya berjerawat. Beberapa brand skincare mengeluarkan produk yang satu ini.

Jika okers tidak mau ribet dan kesusahan membuat masker alami. Spot acne menjadi solusinya. Cara penggunaannya cukup mudah, spot acne dapat digunakan pagi hari dan malam sebelum tidur. Namun kembali lagi, okers harus membaca cara penggunaan yang tertera di belakang kemasan produk.

Nah okers, beberapa rekomendasi dari Okeylah tentang Cara Menghilangkan Jerawat. Semoga akan membantu pengilangan jerawat—jerawat okers. Selalu lakukan cara tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. So, sekian dulu informasi kesehatan dari Okeylah. Sampai bertemu lagi di info kesehatan lainnya, okers.

Related Videos

Leave a Comment