Cara Mencari Hutang Tanpa Riba

1 min read

Cara Mencari Hutang Tanpa Riba
0
()

Cara Mencari Hutang Tanpa Riba – Mencari hutang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dana secara cepat. Tidak semua hutang bersifat riba sebab terdapat beberapa keuangan dengan sistem syariah dalam transaksi atau kreditnya

Tidak adanya bunga tentu akan meringankan kreditur dalam melakukan pengembalian dana. Bagi yang ingin mendapatkan cara mencari hutang tanpa riba bisa melalui cara- cara di bawah ini.

Dari Orang Terdekat

Cara mencari hutang tanpa riba tidak harus melalui lembaga keuangan, anda juga bisa mendapatkannya dari orang terdekat atau keluarga. Adanya hubungan kekerabatan ini memudahkan untuk memperoleh hutang tanpa harus melalui persyaratan administrasi seperti yang diberlakukan di lembaga keuangan.

Lama pinjaman dan pengembalian bisa anda negosiasikan untuk memperoleh keringanan. Biarpun aturan pinjaman tidak terlalu ketat, hutang harus di bayar secepat mungkin jika sudah memiliki uang untuk mengembalikannya.

Pegadaian Syariah

Anda juga bisa memperoleh hutang di pegadaian syariah yang tidak memberikan bunga atas pinjaman yang di berikan. Pegadaian syariah akan mengenakan biaya administrasi, biaya pemindahan barang, dan biaya jaminan atas barang yang digadaikan.

Cara Mencari Hutang Tanpa Riba dengan melakukan pengadian dengan persyaratan, menyerahkan barang jaminan, fotokopi KTP atau paspor serta jika barang yang di gadai berupa kendaraan harus membawa BPKP. Akad yang di terapkan adalah akad Rahn dan Ijaroh. Kelebihan mencari hutang di pegadaian syariah adalah dapat mendapatkan dana tunai tanpa harus membuka rekening. Barang yang di gadai juga tersimpan aman.

Bank Syariah

Bank syariah tidak menerapkan sistem bunga atas pinjamannya, seperti namanya jenis bank ini dalam melakukan transaksi menerapkan sistem islami dan di awasi oleh dewan pengawas syariah.

Akad yang di gunakan untuk transaksi pinjaman di bank syariah adalah bagi hasil. Jumlah bagi hasil berbeda beda tergantung kesepakatan antara debitur dan kreditur. Anda tidak hanya bisa mencari hutang untuk kepentingan bisnis namun juga dapat berupa barang.

Anda dapat membeli barang melalui pihak bank yang nantinya bisa di cicil. Transaksi ini dengan jual beli pada penggunaaan kartu kredit dimana pihak penjual adalah syariah sedangkan anda adalah pembelinya.

Baca juga : Tips Sukses Cara Cepat Mendapatkan Uang dari Internet

Baca juga : Mengapa Banyak Orang Terlilit Hutang Meski Memiliki Gaji Besar?

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!