Cara Menata Rumah Mungil Agar Nyaman

2 min read

Cara Menata Rumah Mungil Agar Nyaman
0
()

Cara menata rumah mungil agar nyaman bisa menjadi tantangan tersendiri bagi penghuninya. Dikarenakan jumlah dan luas ruangan mungkin saja tak sesuai dengan kebutuhan yang anda miliki. Hal ini berakibat pada kecilnya ukuran ruangan yang ada pada rumah mungil. Lalu, bagaimana untuk membuat ruangan-ruangan sempit ini agar tetap nyaman ditinggali? Dalam menata rumah mungil, tentu anda akan memasukkan semua perabotan pribadi anda dengan rapi. Selain itu, kunci kenyamanan juga terletak pada kebersihan rumah, biasakan merapikan ruangan setiap hari dan mengelap permukaan meja dan perabot lain dengan pembersih. Berikut cara menata rumah mungil agar nyaman untuk anda tempati

Cara Menata Rumah Mungil Agar Nyaman Ditempati

1. Pemilihan Warna Rumah yang Tepat pada Rumah Mungil

Cara Menata Rumah Mungil Agar Nyaman

Cara menata rumah mungil agar nyamanditempati, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih warna cat yang terang sehingga akan memberikan kesan yang luas untuk rumah anda. Kebanyakan orang memilih warna cat sesuai dengan selera tetapi hal tersebut juga tidak salah karena mampu memberikan kenyamanan psikologis bagi penghuni rumah. Apabila anda tidak menyukai warna terang, bisa menggunakan warna-warna pastel dengan memberikan sedikit warna gelap pada aksesoris pelengkap rumah anda.

2. Hindari Pola Berlebihan dalam Setiap Ruang

Selain warna gelap, pola-pola berlebihan, terlalu ramai atapun padat, akan membuat ruangan jauh lebih sempit bahkan berantakan. Hindari penggunaan pola terlalu banyak pada rumah mungil. Apabila anda ingin menggunakan pola, pilihlah pola yang sederhana yang bisa memberikan efek visual pada rumah mungilmu. Pola horizontal akan membuat ruang terkesan lebih tinggi, sedangkan pola vertikal membuat rumah mungil terkesan lebih lebar.

Baca juga : 7 Cara Menata Rumah Kecil agar Terlihat Luas

3. Pilihlah Perabot dengan Material Transparan atau Reflektif

Cobalah menggunakan perabot dengan material transparan atau reflektif untuk memberikan efek visual yang lebih luas pada rumah mungil. Material seperti akrilik dan kaca yang transparan ataupun cermin yang bersifat memantulkan cahaya bisa jadi pilihan untuk mewujudkan kesan ruangan yang tidak sesak oleh perabot di rumah mungil anda.

4. Hilangkan Sekat pada Ruang-ruang di dalam Rumah Mungil Anda

Daripada ruangan di dalam rumah mungilmu sempit karena terbagi-bagi, lebih baik kamu menggabungkan ruangan-ruangan tersebut dengan membuang sekat yang ada. Tak cuma membuat sirkulasi menjadi nyaman, Hal ini akan membuat ruangan pada rumah mungil terasa jadi jauh lebih luas. Ruangan seperti dapur dan ruang makan adalah salah satu contoh ruangan yang bisa digabungkan di rumah mungil milikmu.

5. Efisiensi Ruang Rumah Mungil dengan Perabot Compact

Cara Menata Rumah Mungil Agar Nyaman

Seperti yang sempat disebutkan sebelumnya, perabot adalah salah satu faktor yang bisa membuat ruangan pada rumah mungil terasa kecil, sempit, dan sesak. Pilihan lain selain memilih perabot dengan material yang transparan dan reflektif adalah menggunakan perabot-perabot compact yang memiliki fungsi ganda. Contohnya kolong kursi ataupun tempat tidur, daripada ruangan tersebut terbuang sia-sia, anda bisa menjadikan kolong sebagai storage tambahan dengan memberikan laci pada kolong tersebut.

6. Pencahayaan Maksimal pada Rumah Mungil

Ruangan yang terang akan terasa jauh lebih luas daripada ruangan yang gelap. Inilah yang menjadi alasan bahwa pencahayaan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menata rumah mungil milikmu. Maksimalkan jendela yang ada pada rumah mungil atau gunakan skylight sehingga cahaya tetap bisa menyelinap masuk. Jika pencahayaan alami sudah tidak mungkin kamu maksimalkan, aturlah pencahayaan menggunakan lampu yang memadai. Satu lampu utama mungkin tidaklah cukup, jadi tambahkan lampu lainnya terutama pada sudut ruang yang minim cahaya.

Baca juga : Cara Menata Rumah Agar Rapi di Setiap Waktu

7. Beralih ke Perabotan Kecil Tanpa Detail Berlebihan

Untuk membuat ruangan dalam rumah mungil agar terasa lebih luas, hindari mengisinya dengan perabot-perabot super besar dengan detail dan bentuk yang berlebihan. Beralihlah menggunakan perabot minimalis dengan ukuran lebih kecil dan minim detail ketika menata rumah mungil.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!