Cara Menata Ruang Keluarga

2 min read

Cara Menata Ruang Keluarga
0
()

Cara Menata Ruang Keluarga agar nyaman digunakan untuk berkumpul. Ruang keluarga merupakan salah satu dari bagian rumah yang paling sering dikunjungi dan dipakai di rumah. Di sana adalah tempat untuk keluarga bisa bersantai dan berkumpul bersama sambil menikmati waktu istirahat maupun waktu liburan.

Untuk membuat agar ruang keluarga bisa nyaman tentu saja perlu direncanakan matang-matang agar tidak terkesan sekedarnya saja. Penataan ruang keluarga yang tepat dan selalu menjaga kebersihannya merupakan kunci utama dalam mewujudkan ruang keluarga yang nyaman. Tapi bagaimana dengan anda yang memiliki ruang keluarga sempit? Itu tidak menjadi masalah, kali ini saya akan berbagi dengan kalian mengenai berbagai cara menata ruang keluarga agar tetap terasa nyaman walaupun sempit.

Cara Menata Ruang Keluarga Sempit Agar Terlihat Luas Dan Nyaman

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara menata ruang keluarga yang sempit agar tetap nyaman untuk ditempati

  1. Minim Perabotan

Cara Menata Ruang Keluarga

Hanya letakkan beberapa perabotan penting dalam ruangan yang sempit. Pilihlah meja dengan desain yang ramping dan bahan ringan, serta bentuknya tidak perlu terlalu besar. Usahakan tetap berikan ruang tersisa saat meja diletakkan di antara sofa dan kursi lainnya. Tempatkan televisi di dinding, agar tidak memerlukan meja untuk meletakkan televisi. Ruang keluarga sempit dengan banyak pernak-pernik tetap bisa terlihat luas jika ditampilkan dalam warna senada. Sesuaikan warna sofa dengan warna dinding, sarung bantal kursi dan motif karpet yang anda gunakan.

  1. Aktivitas Di Ruang Keluarga

Apa saja kegiatan atau aktivitas yang dilakukan anggota keluarga di ruangan ini? Apakah hanya menonton televisi, atau duduk-duduk dan mengobrol tanpa televisi? Setelah merencanakan hal ini kita akan punya gambaran perabot atau furnitur apa saja yang bisa diletakkan di ruang keluarga anda.

Baca juga : Cara Jual Rumah di Website yang Jitu bagi Para Pemula

  1. Cat Ruangan Warna Terang

Cara Menata Ruang KeluargaWarna putih, biru muda, kuning, dan warna cerah lainnya atau bahkan warna pastel bisa menimbulkan efek luas pada sebuah ruangan. Warna-warna tersebut cocok diterapkjan pada dinding ruang sempit, bahkan juga bagus untuk rumah secara keseluruhan. Namun, warna cerah juga menimbulkan kesan dinamis, sehingga seseorang yang berada di dalamnya kurang bisa mengistirahatkan pikiran. Bisa anda tambahkan dengan beberapa warna gelap atau motif sederhana sebagai penyeimbang. Bisa juga menambahkan tirai dengan warna yang sesuai cat dinding pada jendela yang ada di ruang keluarga anda. Tips yang ini juga berguna untuk mempercantik dinding anda.

  1. Sesuaikan Ukuran Televisi Dengan Ruangan

Tren televisi saat ini yaitu televisi LED, televisi semacam ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk memilikinya. Kadang tidak disesuaikan dengan proporsi atau ukuran ruangan. Sering kita lihat sebuah televisi layar datar super besar terpajang dalam ruangan yang sangat sempit. Hal semacam ini tentu tidak baik untuk kesehatan, terutama kesehatan mata. Sesuaikanlah ukuran layar televisi anda dengan luas ruangan keluarga.

Sebelum memasang televisi, perlu anda ketahui terlebih dahulu jarak aman menonton televisi. Jarak ini bisa dihitung dengan menggunakan rumus yaitu panjang diagonal layar televisi dikali 5, lalu dikalikan 0,0245 (1 inchi = 0,0245 meter). Jadi, jika ukuran layar televisi anda 20 inchi, maka jarak aman untuk menontonnya adalah 2,54 meter.

Baca juga : Cara Menjual Rumah melalui Bank bagi Para Pemula

  1. Jendela

Cara Menata Ruang Keluarga

Jendela dapat memberikan kesan luas untuk ruangan yang sempit. Apalagi jika jendela yang dipasang cukup besar dan anda bisa melihat pemandangan di luar ruangan. Aliran udara dan angin yang tertiup dari jendela juga membuat ruangan lebih sejuk dan nyaman. Apabila di ruang keluarga anda tidak terdapat jendela, maka digantikan dengan menggunakan cermin karena cermin menimbulkan efek luas pada ruangan.

  1. Pencahayaan

Menggunakan lampu yang memancarkan cahaya putih merupakan cara menata ruang keluarga yang tepat karena bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Pencahayaan yang baik juga sangat diperlukan apabila jendela tidak memungkinkan untuk dipasang di ruang keluarga.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!