Cara Menata Kamar Tidur Anak

2 min read

Cara Menata Kamar Tidur Anak
0
()

Cara menata Kamar Tidur Anak supaya Anak merasa nyaman. Tentu menjadi idaman Orang tua jika mempunyai rumah yang nyaman dan layak huni. Namun ada banyak cara menata rumah sehingga rumah tentunya nyaman untuk di huni. Rumah yang nyaman tentu membuat pemilik betah untuk tetap tinggal di dalamnya. Bahkan tak hanya orangtua saja yang senang, anak-anak pun juga tentu senang dengan rumah yang bersih dan tertata rapi.

Tidak hanya bagian luar ruangan rumah saja yang di desain, namun kamar juga perlu di desain agar kamar juga nyaman oleh si penghuni. Salah satunya adalah kamar tidur anak. Tentunya ada tantangan tersendiri bagi setiap orang tua saat ingin menata kamar tidur anak. Karena kamar tidur anak adalah sebuah ruang yang sangat penting bagi perkembangan dan perubahan karakter anak dari masa ke masa. Oleh karena itu, orang tua harus secara maksimal memperhatikan banyak hal untuk menentukan fungsi kamar tidur bagi sang anak. Lalu bagaimana sih cara menata kamar tidur anak agar anak selalu nyaman dan aman di kamar?

Baca juga : 14 Cara Menata Ruangan Sempit agar Terlihat Luas

Cara Menata Kamar Tidur Anak

 1. Interor yang memadai

Ada beberapa faktor interior yang wajib menjadi perhatian orang tua saat menata kamar tidur anak, salah satunya masalah ventilasi. Kamar tidur dengan ventilasi udara yang baik seperti jendela atau lubang angin dengan sirkulasi udara yang cukup akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan sang anak.

2. Dekorasi sesuai selera

Cara Menata Kamar Tidur Anak

Dekorasi ruangan yang kreatif bisa menjadi alternatif yang baik untuk menceriakan kamar tidur anak. Karena setiap anak memiliki karakter dan selera masing-masing. Oleh karena itu saat ingin mendekorasi, orang tua boleh memasukkan unsur- unsur sesuai selera dan usia si anak, seperti cat dinding yang berwarna lembut, stiker lemari yang mudah dibuka pasang, hingga pernak- pernik ruangan dengan karakter favorit si anak.

3. Prioritaskan keamanan anak

Sebaiknya orang tua lebih hati-hati dalam hal menata kamar tidur anak. Orang tua perlu mengatur hal-hal yang berpotensi bahaya seperti arus listrik dan kabel-kabel elektronik.

Karena di usia kanak-kanak, mereka termasuk pada golongan hyperaktif. Maka orang tua tetap harus menganalisa segi keselamatan dan keamanan anak di dalam ruang tidur tersebut.

4. Ruang belajar dan bermain yang nyaman

Anak tentu senang jika kamar nya di desain dengan adanya ruang belajar dan bermain yang nyaman. Karenaanak akan banyak menghabiskan banyak waktu di kamar tidur baik untuk belajar, bermain maupun beraktivitas lainnya.

Cara Menata Kamar Tidur Anak

Saat mendekorasi, atur proporsi ruang gerak untuk sang ana lebih leluasa daripada furnitur yang ada. Tujuannya adalah agar sang anak lebih leluasa dan nyaman untuk belajar, bermain, dan beraktivitas di kamar nya.

5. Warna

Perhatikanlah warna yang sesuai dengan apa yang diinginkan anak. Biasanya warna pada kamar tidur anak perempuan, cenderung lebih hidup dengan menggunakan kombinasi banyak warna. Anak perempuan lebih senang dengan warna-warna yang lebih terkesan ceria misalnya dengan warna pink, merah, kuning, oranye, biru laut. Sedangkan untuk laki-laki, biasanya cenderung memilih warna gelap seperti hitam, abu-abu, merah.

Baca juga : Cara Menata Halaman Rumah

6. Tema

Tema sebagai salah satu hal yang patut diperhitungkan untuk bisa menciptakan tempat tidur anak yang nyaman. Jika anak anda wanita, maka akan senang interior kamar tidurnya dihiasi dengan hal-hal yang lucu, misalnya kamar bertema Flower, Putri kerajaan, atau bertema karakter kartun yang lucu. Namun jika anak anda laki-laki, maka akan lebih senang jika desain interior kamarnya dihiasi dengan sesuatu yang bertemakan laki-laki, seperti karakter spiderman, superman dan lain sebagainya. Anda bisa bertanya secara langsung dengan anak-anak anda kamar desain tema apa yang mereka suka, sehingga anda gampang mengaturnya dan menentukan apa yang akan di kerjakan.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!