Cara Menata Halaman Rumah agar Terlihat Luas dan Indah

1 min read

Cara Menata Halaman Rumah
0
()

Cara menata halaman rumah agar terlihat lebih indah dan menarik wajib dilakukan oleh setiap penghuni rumah. Karena ketika seseorang melihat sebuah rumah, hal pertama yang akan dilihatnya adalah halaman depan. Bisa dibilang halaman depan merupakan kesan pertama dari sebuah rumah. Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara menata halaman rumahagar terlihat indah dipandang mata. Di sini akan dibahas mengenai cara menata halaman depan rumah agar tetap indah dengan cara yang mudah. Mungkin bisa anda jadikan referensi untuk menata halaman rumah anda, berikut penjelasannya:

Cara Menata Halaman Rumah Agar Terlihat Indah dan Menarik

  1. Bersihkan Halaman Rumah Secara Rutin

Menjaga kebersihan memang menjadi komponen paling penting untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih khususnya untuk mempertahankan halaman anda tetap indah. Bersihkan secara rutin minimal sehari sekali di pagi atau sore hari. Sampah dan dedaunan kering yang berguguran sering kali membuat halaman rumah menjadi kotor.

Baca juga : Beberapa Cara Menata Perabotan Rumah

Apalagi saat musim pancaroba tiba, dengan kondisi angin bertiup sangat kencang sehingga membuat dedaunan kering yang berguguran. Banyak sampah yang ikut terbawa angin sampai ke halaman anda. Mungkin proses pembersihan bisa ditambah lagi kuantitasnya.

  1. Rapikan Rumput-rumput yang Mulai Panjang

Saat musim penghujan tiba, rumput-rumput yang ada di halaman anda akan semakin cepat tumbuhnya dibandingkan pada saat musim panas. Paling tidak anda mencabuti atau hanya sekedar menyianginya saja untuk mengurangi jumlah populasi rumput yang ada.

Jika rumput yang tumbuh tidak beraturan, cobalah untuk mencabutinya saja dan menggantinya dengan rumput hias. Rumput hias cenderung lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan rumput liar yang dapat merusak keindahan. Rumput hias bisa anda rapikan dengan melakukan pemotongan saja.

  1. Sediakan Tempat Sampah

Sediakanlah tempat sampah di halaman rumah anda, selain membuat penampilan halaman menjadi lebih baik dan menarik, nantinya juga akan menumbuhkan rasa malu dan peduli terhadap lingkungan. Rasa malu bisa muncul pada saat anda membuang sampah ke sembarang tempat, sedangkan di area tersebut sudah disediakan tempat sampah.

Apa susahnya membuang sampah pada tempatnya. Pepatah mengatakan kebersihan adalah sebagian dari iman. Jika anda tidak mampu menjaganya, berarti tingkat keimanan anda bisa ditentukan dari perilaku keseharian yang anda lakukan tersebut.

  1. Tanamlah Berbagai Jenis Tanaman Hias

Cara menata halaman rumahberikutnya dengan memelihara tanaman hias. Berbagai jenis tanaman di halaman rumah anda, selain mampu menyediakan oksigen, di sisi lain juga bisa menambah daya tarik dan juga keindahan. Bisa anda tanam langsung di tanah maupun di dalam pot. Jika anda lebih memilih untuk melakukan penanaman di tanah secara langsung, maka anda wajib mempertimbangkan lokasi yang tepat dan baik. Karena jika anda ingin memindahkan tempatnya saat sudah ditanam dan tumbuh subur, pasti secara tidak langsung akan merusaknya. Namun, berbeda lagi jika anda menggunakan pot, ketika anda ingin mendesain ulang halaman akan mudah dilakukan pemindahan tanpa harus kesulitan dan merusak tanaman.

Baca juga : Cara Menata Rumah Kontrakan

  1. Menambahkan Kolam Ikan dan Air Mancur

Untuk menciptakan suasana seperti halnya alam bebas (back to nature), anda bisa membuat kolam di sekitar halaman. Gemericik air yang terdengar menambah suasana sejuk dan nyaman sehingga seolah-olah anda sedang berada di daerah sungai yang teduh. Kolam ikan juga bermanfaat untuk mengurangi populasi nyamuk.

  1. Menambahkan Lampu Taman

Lampu taman mempunyai fungsi utama sebagai alat penerangan. Namun, lampu taman juga bisa digunakan untuk memperindah taman yang anda buat di halaman rumah. Harus anda ketahui bahwa ukuran lampu taman dan jumlahnya wajib menyesuaikan luas halaman anda.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!