Cara membuat Ebook dengan Mudah Serta Prospek Bisnisnya

2 min read

cara membuat ebook
0
()

Cara membuat Ebook Dengan Mudah Serta Prospek Bisnisnya

Banyak para pebisnis dan penulis memanfaatkan Ebook sekarang  peluang bisnis, hal tersebut dikarenakan cara membuat ebook terkesan lebih mudah dengan adanya berbagai update teknologi saat ini, selain itu engagement rate dari ebook juga lebih mudah untuk didapatkan daripada penggunaan buku. Ditambah lagi dengan cara membuat ebook bisa dibilang lebih mudah dan simple jika dibandingkan dengan cara membuat sebuah buku.

Buku elektronik dengan ciri khas PDF file ini memang menjadi primadona dan peluang bisnis baru beberapa tahun belakangan ini. Banyak para pebisnis, membuat sebuah ebook tentang panduan berbisnis, tips bisnis online, tips closing penjualan, dll.

Begitu juga dengan penulis, mereka banyak menyampaikan gagasannya maupun ceritanya disebuah ebook.Tentunya untuk para penulis yang sudah pernah menerbitkan sebuah buku, membuat dan memahami cara membuat ebook yang baik dan menarik pastinya sudah mereka ketahui, karena dalam aspek pembuatan konten tidak jauh beda dengan pembuatan konten untuk sebuah buku.

Bisa dibilang menjadi suatu bisnis baru, lantas bagaimana cara membuat ebook dan prospek bisnisnya di saat ini?

Sebenarnya banyak cara membuat ebook, namun di artikel ini akan diinfokan tentang bagaimana cara membuat ebook dengan mudah, simple, dan pastinya menarik.

Cara Membuat Ebook dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Canva

Disclaimer : Cara membuat ebook ini bisa dilakukan di laptop maupun smartphone kamu

Baca juga : 5 Pekerjaan Terbaru dengan Gaji Besar

Cara Membuat Ebook di laptop dengan Mudah :

  1. Buka situs Canva (Kamu bisa cari di google dengan keyword ‘Canva’)
  2. Setelah masuk ke situs Canva, kamu harus registrasi/daftar terlebih dahulu. Tenang! Daftarnya gratis lho! Caranya juga mudah, bisa menggunakan akun Google maupun akun Facebook
  3. Setelah terdaftar, Tulis ‘Dokumen US Letter’ pada kolom pencarian di situs Canva, kemudian klik cari atau pencet enter pada keyboard laptopmu
  4. Setelah itu kamu akan dihadapkan dengan banyak sekali pilihan desain template untuk cover ebookmu, pilihlah salah satu desain template tersebut yang kamu sukai! Kamu juga bisa memilih template kosong (Tanpa desain) jika kamu ingin mendesain template cover ebookmu sendiri
  5. Setelah memilih salah satu desain template, kamu akan dihadapkan di jendela baru situs Canva
  6. Pada jendela baru ini, kamu bisa mengedit covermu, menambahkan halaman baru untuk ebookmu dengan cara klik kolom ‘tambah halaman baru’. Jika ingin menambahkan tulisan, gambar, maupun video ke dalam ebookmu, kamu bisa gunakan tool icon di sebelah kiri jendela situs tersebut. Mudahnya di canva adalah panduan dari berbagai tool untuk mengedit cukup mudah untuk dipahami, jadi untuk kamu yang masih pemula, cocok banget deh!
  7. Setelah dirasa pembuatan konten ebookmu selesai, saatnya menerbitkan ebookmu atau mengunduh ebookmu, caranya klik kolom unduh di sebelah pojok kanan atas jendela situs tersebut, dan sebelum mengunduh pastikan file tersebut berformat PDF dan untuk halaman pilih ‘semua halaman’, setelah lengkap seperti itu, klik unduh deh!
  8. Dan selamat Ebookmu sudah jadi!
membuat ebook dengan aplikasi canva
membuat ebook dengan mudah menggunakan aplikasi canva

Cara membuat ebook di Smartphone/HP dengan Mudah :

  1. Caranya sama persis seperti cara membuat ebook melalui laptop
  2. Lebih mudahnya, Canva sudah mengeluarkan situsnya sebagai sebuah aplikasi, jadi kamu bisa mengunduh aplikasi Canva di smartphone kamu melalui Google Playstore
  3. Setelah aplikasi canva sudah ada di smartphone kamu, Ikuti cara membuat ebook seperti cara membuat ebook melalui laptop diatas, karena cara membuatnya di smartphone dan di laptop hampir mirip lho!
  4. Selamat mencoba!

Prospek Bisnis Ebook

Bicara mengenai bisnis ebook sama seperti bicara mengenai bisnis menjual suatu produk. Prospek penjualan ebook akhir-akhir ini mulai meningkat, selain ebook ramah dibaca untuk kalangan pemuda, ebook juga bisa dibawa dan dibaca di mana saja dan kapan saja.

Hal yang Akan didapat dari penjualan Ebook :

1.      Uang

Hal ini sudah pasti adanya, contoh saja jika harga 1 ebook dibandrol dengan harga Rp 25.000 saja dan jika ebook tersebut laku terjual kepada 100 orang, setidaknya uang lebih dari 2 juta sudah meluncur ke rekening pemilik ebook. Apalagi jika ebookmu menarik, pastinya harga yang ditawarkan juga akan lebih tinggi serta penjualan akan semakin banyak.

2.      Database Pembaca

Bukan hanya uang, kamu juga akan mendapatkan database dari pembaca ebook, karena umum jika ingin mendownload sebuah ebook atau membeli sebuah ebook, diharuskan untuk menyertakan alamat email atau kontak lainnya. Bahkan juga ada ebook yang sengaja dibuat gratis, dan si pemilik ebook hanya menargetkan untuk mendapatkan database pembaca sebanyak-banyaknya.

Lantas, untuk apa sih database pembaca?

Bisa di buat beraneka ragam, contohnya penjualan produk lain secara bertahap melalui email, mengarahkan database pembaca menuju suatu web atau laman yang diinginkan, memberikan tawaran jasa melalui email dan masih banyak lagi.

3.      Sebagai Sarana Meningkatkan Personal Branding

Intinya begini! Jika banyak orang yang membaca ebookmu, maka kamu akan dikenal oleh banyak orang juga.

Keuntungannya apa dikenal banyak orang?

Banyak banget deh keuntungannya, nanti kalau kamu terkenal juga akan tau sendiri hehe!

Jadi itulah panduan singat membuat ebook dengan mudah dan penjelasan prospek bisnisnya, sebagai anak muda khususnya generasi milenial dan generasi Z, berani coba bisnis ebook ini?

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!