Cara Melunasi Hutang yang Harus Kamu Ketahui

1 min read

Cara Melunasi Hutang yang Harus Kamu Ketahui
0
()

Memiliki hutang tentunya merupakan salah satu hal yang banyak di takuti orang. Memiliki hutang merupakan sebuah kebalikan dari aset yang kita miliki, hal ini karena semakin banyak memiliki hutang, maka semakin sedikit pula kekayaan yang kita miliki. Maka dari itu ketika anda memiliki hutang, anda juga harus tahu cara-cara melunasi hutang tersebut.

Berikut Cara-cara melunasi hutang yang harus kamu ketahui:

1. Memakai Uang Tabungan

Menabung tentunya mempunyai tujuan tertentu. Seperti halnya tabungan pensiun ataupun tabungan pendidikan. Untuk itu jika anda memiliki sebuah tabungan dan anda sedang memiliki sebuah tanggungan hutang, anda bisa melakukan pembayaran hutang tersebut dengan menggunakan tabungan anda.

Apabila hutang yang anda miliki tersebut meminjam dengan keluarga dan bisa di negosiasi. Maka mintalah waktu yang relatif panjang untuk melunasinya. Namun anda juga harus berkomitmen dalam melunasi hutang tersebut agar tidak memiliki tanggungan lagi.

2. Mencairkan Produk Investasi Yang Anda Punya

Jika anda punya sebuah investasi baik emas ataupun sebuah deposito, maka jika anda ingin melunasi hutang anda, anda bisa mencairkan produk investasi anda. Utang seharusnya segera dilunasi agar anda tidak memiliki tanggungan.

Ketika anda berhasil melunasi hutang tersebut maka jangan lupa anda menyisihkan penghasilan yang anda miliki tersebut.

3. Menggadaikan Barang yang Anda Miliki

Ketika anda ingin mendapatkan uang dengan cepat maka anda bisa menggadaikan barang. Barang yang bisa anda gadaikan sangat banyak sekali mulai dari perabotan rumah, perhiasan dan juga kendaraan yang anda miliki. Ketika anda bisa melunasi hutang dan setelah itu pendapatan anda bisa stabil maka anda juga harus mengambil gadaian tersebut. Hal ini juga salah satu hal yang harus anda lakukan.

4. Meminta Pemutihan Pinjaman

Pemutihan ini tentunya hal yang mudah jika kamu ingin melakukannya. Jika utang yang anda miliki dengan keluarga maka anda bisa menegosiasi dan bisa mengganti hutang tersebut dengan sesuatu. Semisal memberikan sebuah pelayanan yang gratis untuk melunasi hutang anda.

Demikian mengenai cara-cara melunasi hutang semoga bermanfaat.

Baca juga: 

Kartu Kredit serta Cara Melunasi Kartu Kredit tanpa Bayar

Cara Cepat Melunasi Kartu Kredit yang Bisa Anda Lakukan

Cara Melunasi Hutang dengan Sedekah

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!