11 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping

3 min read

cara melancarkan haid
0
()

Cara Melancarkan HaidMenstruasi atau haid adalah siklus bulanan alami yang disebabkan oleh proses organ reproduksi wanita. Hal ini merupakan siklus normal yang dialami oleh wanita. Menurut riset proses haid berjalan selama 3-7 hari setiap 28-35 hari sekali. Mestruasi biasanya memiliki beberapa gejala sebelum keluarnya darah, antara lain:

1. Dismenore (Nyeri pada perut bagian bawah)

2. Tubuh terasa lemas

3. Sakit kepala / pusing

4. Keputihan

5. Nyeri dan bengkak pada payudara

6. Jerawat bermunculan

7. Mood dapat berubah-ubah (mudah marah dan sensitif)

8. Tubuh terasa pegal-pegal

Namun beberapa wanita akan mengalami ketidaklancaran haid. Terkadang mereka mengalami 2 atau 3 bulan sekali. Bagi mereka yang menjalani program hamil, tidak menstruasi untuk beberapa bulan adalah hal yang ditunggu-tunggu. Sebab program mereka hampir 95% berhasil.

Tapi bagi yang belum menikah, hal ini akan sangat memusingkan. Nah, kali ini okeylah akan memberi beberapa saran supaya melancarkan haid okers. Cara yang direkomendasikan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping.

Baca Juga : Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Melancarkan Haid Secara Alami Supaya Haid Lancar:

Cara alami yang dimaksud menggunakan bahan bahan alami untuk melancarkan haid. Cara ini sangat aman dan efektif, bahkan tidak menimbulkan efek samping. Berikut ini bahan bahan alami yang dapat melancarkan haid:

1.    Wortel

Menurut Dr. Christiane Nothrup ahli kesehatan perempuan dari Amerika Serikat, wortel memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, dan beta-karoten untuk meningkatkan keseimbangan hormon pada tubuh manusia.

Wortel dapat dikonsumsi dengan beberapa cara seperti: memasukkan dalam masakan atau menjadikan jus. Cara yang lebih ampuh dengan menjadikan jus wortel. Jus wortel ini dapat okers minum setiap 2 kali dalam seminggu.

2.    Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini mengandung sumber esterogen yang baik. Sehingga dapat menstimulasi aliran darah diarea panggul dan rahim. Rempah-rempah ini memiliki banyak manfaat selain melancarkan haid, meredakan nyeri dan mengatasi perut yang kram.

Jamu kunyit, pastinya minuman yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga okers. Ramuan yang sudah ada sejak 4000 tahun lalu terkenal paling ampuh untuk melancarkan haid. Jamu kunyit ini sebaiknya okers meminum 3 kali dalam seminggu, jangan terlalu sering minum ramuan ini karena dapat menyebabkan maag. Akan lebih baik lagi jika berkonsultasi dengan dokter kesehatan anda.

3.    Daun papaya

Daun papaya memiliki kandungan yang cukup lengkap seperti vitamin A, B, D, E, serta kalsium yang mampu untuk melancarkan haid. Okers hanya memerlukan air rebusan daun papaya yang dapat diminum setiap hari. Namun jangan lupa juga untuk menyeimbangkan dengan air putih ya okers. Dijamin haid akan lancar setelah rutin meminum air rebusan daun pepaya, meskipun rasanya sedikit pahit.

4.    Air kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung elektrolit yang rendah kalori dan gula. Sehingga minuman ini bebas akan lemak dan kolesterol. Kandungan lainnya seperti kalium, vitamin B komplek, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, dan seng. Berbagai nutrisi lainnya menjadikan minuman ini sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan haid. Beberapa bahkan dokter melarang meminum air kelapa hijau jika dapat program hamil.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk meminum air kelapa hijau untuk menguangi nyeri saat haid. Okers dapat meminum 1 gelas setiap hari selama masa haid maupun sebelum dan sesudah haid. Namun jika haid sudah lancar, diharapkan untuk tidak terlalu sering meminumnya karena akan menyebabkan penyakit hiperkalemia.

Baca Juga : Cara Diet Alami

5.    Jahe

Satu lagi ramuan rempah-rempah yang dapat melancarkan haid, jahe. Jahe dapat mengurangi kram selama menstruasi dikarenakan mengandung fitonutrien dan enzin yang tinggi. Minumlah setiap pagi hari untuk mencegah nyeri dan kram perut akibat menstruasi. Jangan terlalu banyak, cukup 250 mg saja per hari. Minuman ini sebaiknya disuguhkan ketika hangat seperti jahe hangat atau wedang jahe. Selain memperlancar haid, wdang jahe dapat memperlancar sistem pencernaan.

6.    Daun Seledri

Daun seledri dilansir memiliki kanungan anti-oksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengurangi kerusakan sel tubuh akibat proses oksidasi dan radikal bebas. Kandungan apiol dalam daun seledri dapat mengurangi rasa nyeri haid. Sedangkan kandungan dalam batang seledri dapat merangsang aliran darah menuju pelvis dan uterus yang berfungsi untuk menginduksi siklus menstruasi. Cara mengonsumsinya dapat dikonsumsi secara mentah, dicampur dengan masakan dan dijadikan jus daun seledri.

7.    Biji Ketumbar

Biji ketumbar memiliki sifat emmenagogue yang dapat merangsang aliran menstruasi. Dalam hal ini bukan biji ketumbar yang dikonsumsi, tetapi air ketumbarnya. Cara mendapatkan air ketumbar cukup mudah, dengan merebus 100 gram atau 1 sendok teh biji ketumbar dengan dua gelas air. Tunggulah hingga mendidih kemudian tiriskan. Saringlah bijinya dan  minumlah ketika air ketumbar dalam kondisi hangat. Sebaiknya minum air ketumbar 3 kali dalam sehari selama menjelang hari menstruasi.

8.    Nanas

Ketika dalam program hamil, okers pasinya dilarang untuk memakan buah nanas, sebab buah ini dapat memicu pendarahan dalam rahim. Namun bagi anda yang dalam masa program memperlancar menstruasi maka buah ini dapat menjadi solusi alternatif. Kandungan bromelain mampu memperlambat proses pembekuan darah sedangkan kandungan mangan mengurangi nyeri haid.

Okers tidak harus mengkonsumsinya setiap hari, namun hanya beberapa potong dalam 3 atau 4 hari menjelang masa menstruasi. Jangan terlalu sering mengkonsumsi buah nanas, sebab dapat meningkatkan kadar gula darah dan gangguan pencernaan.  

9.    Sari apel

Kandungan dalam sari apel mampu mempercepat dan melancarkan proses menstruasi. Cara mengkonsumsinya cukup mudah dengan menjadikan saus salad pada buah-buahan atau dicampurkan ke dalam air putih. Okers dapat meminumnya beberapa hari sebelum masa menstruasi berlangsung. Bagi okers yang memiliki penyakit maag, tidak perlu khawatir dikarenakan minuman ini tidak berbahaya bagi sistem pencernaan.

10. Kayu Manis

Menurut Dr. Kort dari New York kayu manis dapat memperlancar siklus menstruasi. Kandungan kayu manis dalam tubuh dapat menghangatkan tubuh, sedangkan hidrasikalkon dapat mengatur insulin dalam tubuh. Jika insulin berlebihan maka akan menganggu siklus menstruasi. Okers dapat mengkonsumsi kayu manis dengan mencampur ke minuman seperti susu, teh dan jus atau dapat juga dengan merebus kayu manis dengan air (100 ml).

Campuran tersebut akan menghasilkan bau yang menyengat, sehingga okers dapat mencampurkan sedikit demi sedikit sampai terbiasa dengan aromanya. Okers dapat meminumnya setiap pagi dan sore dalam beberapa hari menjelang masa menstruasi.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat

11.    Air Asam Jawa

Air asam jawa menutup rekomendasi dari Okeylah tentang Cara Melancarkan Haid. Minuman satu ini tergolong minuman yang dapat menyegarkan tubuh. Kandungan nutrisi dari asam jawa mampu meredakan nyeri perut, kram, dan pegal-pegal kala menstruasi. Cara pembuatannya cukup mudah: dengan merebus air dan asam jawa hingga mendidih. Kemudian tambahkan gula untuk menetralisir tingkat keasaman supaya aman bagi lambung. Tiriskan dan tunggulah hingga siap diminum.

Disarankan untuk meminum setiap dua hari sekali di minggu-minggu menjelang menstruasi. Minuman ini tidak memiliki efek samping, sehingga aman untuk okers yang memiliki penyakit pencernaan (lambung).

Sekian infomasi yang disampaikan oleh Okeylah tentang Cara Melancarkan Haid . Sampai bertemu lagi di pembahasan-pembahasan lainnya mengenai kesehatan dan pola hidup sehat, okers.

Selamat mencoba !

Baca juga : 11 Cara Melancarkan Haid agar Teratur

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!