4 Cara ke Nusa Penida Nggak Perlu Ribet

3 min read

Cara ke Nusa Penida
0
()

Cara ke Nusa Penida – kali ini Okeylah akan membahas tentang Nusa Penida. Yaey! Nusa Penida, Bali dong? Yaps, kalau bahas tentang Bali rasanya tidak pernah habis diperbincangkan bukan?

Bahkan kalau okers mau keliling Bali dalam satu bulan, belum puas rasanya. Pulau Dewata ini menyediakan berbagai macam destinasi wisata yang sanga eksotik mulai dari pantai-pantainya bak istana surga duniawi, tempat-tempat makanannya yang romantis, wisata spiritualnya yang identik dengan adat istiadat, dan berbagai macam destinasi lainnya.

Pulau Bali, pulau kecil yang berada di ujung timur Pulau Jawa selalu membuat betah para pengunjungnya. Liburan terasa singkat jika dihabiskan di pulau ini. Selalu ada aja destinasi-destinasi baru dan menarik yang dimiliki oleh pulau ini.

Nah, bagi okers yang ingin ke Bali dengan cara backpackeran. Jangan khawatir. Bali menyediakan berbagai trasnportasi yang memudahkan okers untuk mengelilingi Bali. Namun ketika di Bali dan bingung akan liburan kemana. Rekomendasi dari Okeylah adalah Nusa Penida. Salah satu ikonik di Bali yang sekarang lagi hits dikalangan masyarakat.

Bagi okers yang datang backpackeran ke Bali dan akan ke Nusa Penida tapi bingung menggunakan transportasi yang mudah dan murah, banyak sekali caranya. Okeylah akan merekomendasikan cara-cara ke Nusa Penida dengan Budget murah namun fasilitasnya kece abis.

1. Cara ke Nusa Penida dari Bandara Ngurah Rai

Pertama-tama jika okers menggunakan transportasi udara dan berhenti di Bandara Ngurah Rai. Setelah mengalami perjalanan berjam-jam diatas pesawat. Dari bandara okers dapat menunju ke Pelabuhan Sanur-Sampangan. Untuk pergi ke Pelabuhan Sanur-Sampangan terdapat dua cara efektif.

Pertama, okers dapat menyewa motor. Mengelilingi Bali dengan motor sewaan bukan hal buruk bukan? Okers dapat menikmati angin Bali dan pemandangan pulau ini tanpa terhalang kaca mobil.

Jarak antara bandara ke pelabuhan sekitar 16 km sehingga dapat ditempuh dengan 30 menit sampai 40 menit, okers sudah sampai di pelabuhan. Untuk penyewaan motor sendiri sekitar Rp. 60.000 hingga Rp. 70.000 per 24 jam.

dailyhotels.id

Kedua, dari bandara ke pelabuhan okers dapat menaiki taksi bandara atau dapat berjalan sedikit lebih jauh untuk keluar dari bandara dan memesan taksi online seperti Uber, Go-Car, Grab-Car. Namun jika menggunakan taksi dari bandara maka okers harus merogoh uang saku lebih dalam dikarenakan biayanya cukup mahal.

Setelah okers sampai di Pelabuhan Sanur, okers dapat memesan tiket fast boat yang berkapasitas 60 orang dengan harga mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 125.000 per orangnya untuk orang dewasa dan Rp. 85.000 per orangnya untuk anak anak. Harga tersebut sudah termasuk pulang pergi. Hanya dengan 10 menit okers sudah sampai di Pelabuhan Toya Pakeh Nusa Penida.

Baca juga : 10 Tempat Makan Hits di Kota Semarang – Murah, Enak, Unik, dan Instagramable

2. Cara ke Nusa Penida dari Bali (Denpasar, Ubud, dan Seminyak)

Okers sudah berada di Bali semenjak beberapa hari yang lalu dan bingung akan liburan kemana lagi. Nusa Penida dapat menjadi pilihan liburan selanjutnya. Ada banyak pilihan transportasi untuk dapat ke Nusa Penida dari Bali.

Tujuan okers adalah Pelabuhan Sanur yang terletak di Jl. Sanur Beach Street Walk, Sanur Kaja, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227. Jarak yang ditempuh sekitar 7 km sehingga dapat ditempuh dengan 18 menit saja

Jika okers berada di daerah Denpasar, dapat menggunakan transportasi darat seperti penyewaan motor, ojek online, taksi online dengan harga mulai dari Rp. 60.000 hingga Rp. 100.000.

herikyaerial.blogspot.com

Namun jika okers berada di Seminyak, jalur darat masih menjadi favorit dan direkomendasikan untuk ke Pelabuhan Sanur. Jarak yang ditempuh juga lumayan dekat sekitar 15 km dengan waktu tempuh 37 menit.

Harga yang ditaksir mulai dari Rp. 60.000 hingga Rp. 150.000 tergantung transportasi yang digunakan seperti penyewaan motor Go-Car, GrabCar, taksi online dan Go-Jek.

Jika okers berada di daerah Ubud, sama halnya dengan sebelumnya (Daerah Denpasar dan Seminyak) dapat menggunakan jalur darat ke arah Pelabuhan Sanur. Biaya yang dikeluarkan cukup lebih mahal karena jarak dari Ubud ke Bali sekitar 21 km dengan waktu tempuh sekitar 46 menit. Jika menggunakan penyewaan motor sekitar Rp. 60.000, taksi online sekitar Rp. 200.000, dan penyewaan mobil sekitar Rp. 500.000 beserta sopirnya.

Setelah sampai di Pelabuhan Sanur, okers dapat memilih penyebrangan dengan 3 cara yaitu menggunakan kapal tradisional (sampan) yang membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai di Nusa Penida.

Cara kedua dengan menggunakan fast boat yang menaksir harga sekitar Rp. 60.000 hingga Rp. 85.000 tergantung armada yang digunakan. Menggunakan fast boat, okers hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit sampai 15 menit untuk sampai ke Nusa Penida.

Cara terakhir adalah menggunakan kapal besar yang berkapasitas 400 orang, tarif yang dibayarkan Rp. 350.000 per orang untuk anak anak dan Rp. 700.000 per orang untuk dewasa.

Baca juga : 13 Tempat Wisata Murah di Pulau Dewata – Dapatkan Foto Kekinian dan Dinner Romantis dengan Wisata Murah

3. Cara ke Nusa Penida dari Padang Bai-Lembar Lombok

Selanjutnya okeylah akan membagikan cara ke Nusa Penida dari Padang Bai. Padang Bai adalah salah satu pelabuhan kapal laut terkenal untuk penyebrangan Lembar Lombok – Padang Bai. Dari Lombok okers dapat menggunakan transportasi darat menuju penyebrangan ini.

radarlombok.co.id

Setelah sampai okers dapat membeli tiket dengan harga Rp. 29.000 per orang untuk anak-anak dan Rp. 46.000 per orang untuk dewasa. Tiket tersebut untuk perjalanan dari Lombok ke Padang Bai.

Setelah sampai di Padang Bai, okers dapat membeli tiket lagi untuk menuju ke Nusa Penida dengan harga Rp. 26.000 untuk anak anak dan Rp. 31.000 untuk dewasa. Perjalanan sekitar 1 jam menggunakan kapal ferry.

4. Cara ke Nusa Penida dari Banyuwangi

Cara terakhir adalah melalui Banyuwangi. Di Banyuwangi okers dapat berhenti di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Biasanya para backpackers menggunakan kereta untuk sampai di Banyuwangi.

Jarak stasiun kereta dengan Pelabuhan Ketapang sangat dekat sekitar 10 menit sudah sampai di Pelabuhan Ketapang, Okeylah menyarankan untuk berjalan kaki selain sehat juga murah.

ngopibareng.id

Setelah sampai di penyebrangan Ketapang-Gilimanuk, okers dapat membeli tiket dengan menunjukkan KTP asli. Biaya tiket sangat terjangkau hanya Rp. 6000 untuk sekali penyebrangan. Hanya 45 menit okers sudah sampai di Gilimanuk.

Setelah sampai di Gilimanuk, okers dapat menunggu angkutan berupa bus dengan muatan 30 orang dan tarif sekitar Rp. 50.000 hingga Rp. 60.000 per orang. Bus tersebut akan mengantarkan okers ke Padang Bai.

Okeylah menyarankan untuk tidak menerima tawaran calo untuk bus saat masih berada di kapal, dikarenakan bus tersebut akan oper (pindah bus) di Terminal Ubung dan harga yang dipatok juga sangat tinggi. Namun jika okers dapat melakukan penawaran dan mendapat harga yang lebih murah, tidak masalah mencobanya.

Selain dengan angkutan umum, okers dapat memesan ojek online seperti Go-Jek dan Grab dengan harga sekitar Rp 25.000 hingga Rp. 40.000 per orang untuk sekali jalan. Dengan jarak tempuh 159 km dan membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam tergantung dengan keadaan jalan raya dan cuaca.

Setelah sampai di Pelabuhan Padang Bai, okers dapat memesan tiket kapal dengan harga yang terjangkau Rp. 31.000 per orang untuk dewasa dan Rp. 26.000 per orang untuk anak anak. Penyebrangan ke Nusa Penida kurang lebih 1 jam tergantung dengan ombak laut.

Nah gimana okers tertarik melakukan backpacker ke Nusa Penida dengan biaya yang murah namun fasilitas yang didapatkan tetap aman dan menyenangkan. Semoga dapat memberi informasi lebih untuk okers yang akan berkunjung ke Nusa Penida. Selamat berlibur ke Nusa Penida, okers. Sekian dan Terimakasih. Selalu kunjungi blog Okeylah.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan lainnya.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!