Cara Jual Rumah Ke Bank Bagi Para Pemula

2 min read

Cara Jual Rumah Ke Bank Bagi Para Pemula
0
()

Cara jual Rumah ke Bank agar aman untuk Pemula. Setiap orang pasti memiliki barang yang paling berharga dalam hidupnya. Barang tersebut bisa berupa perhiasan, uang, mobil, rumah ataupun kekayaan lain yang dimilikinya. Bagi sebagian besar orang, rumah dianggap sebagai barang berharga yang dimilikinya. Karena setiap orang pasti akan berusaha menciptakan hunian yang layak bagi keluarganya.

Harga jual rumah yang terus merangkak naik dari waktu ke waktu juga menyebabkan investasi ini menjadi sangat disukai. Namun karena alasan itu pula, tidak jarang rumah juga yang seringkali dikorbankan ketika ekonomi keluarga sedang lesu. Banyak orang yang terpaksa menjual rumahnya untuk menutupi kebutuhan keluarga.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjual rumah. Salah satunya adalah menjual rumah melalui bank. Bagi yang masih belum memiliki pengalaman dalam menjual rumah, berikut ini informasi tentang cara jual rumah ke bank.

Baca juga : Jual Rumah Tapi Gak Laku-Laku Inilah Cara Jual Rumah Biar Cepat Laku

Cara Jual Rumah Ke Bank Bagi Para Pemula

Menjual rumah seringkali dijadikan solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan keluarga. Selain memiliki nilai yang tinggi, pemilik juga mempunyai beberapa opsi untuk melakukan penjualan ini. Salah satu cara yang bisa diambil yaitu menjual rumah melalui bank.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara jual rumah ke bank bagi para pemula.

1. Hitung Biaya Perolehan Rumah

Cara Jual Rumah Ke Bank Bagi Para PemulaSebelum menjual rumah, Anda harus tahu berapa besar biaya yang telah Anda keluarkan untuk membangun ataupun merenovasi rumah tersebut. Perhitungkan semua biaya dengan seksama. Apabila rumah Anda peroleh melalui cicilan dan belum lunas, maka Anda harus menghitung jumlah cicilan yang telah Anda bayarkan. Hasil perhitungan biaya tersebut yang selanjutnya dapat Anda jadikan acuan untuk menentukan harga jual rumah tersebut.

2. Menentukan Appraisa l Rumah Tersebut

Setelah menghitung biaya perolehan rumah, selanjutnya pemilik harus menentukan appraisal dari rumah itu sendiri. Appraisal merupakan nilai dari suatu properti. Perhitungan appraisal ini seharusnya dilakukan oleh pihak-pihak yang kompeten di bidang ini, misalnya appraiser dari bank, agen properti, ataupun appraiser independen yang telah memperoleh sertifikasi. Dengan melakukan ini, Anda akan mengetahui taksiran harga pasar dari rumah tersebut.

3. Menentukan Harga Jual Rumah

Ketika Anda telah usai melakukan perhitungan biaya perolehan rumah dan juga mengetahui taksiran harga yang diberikan oleh appraiser, maka selanjutnya Anda bisa menentukan harga jual rumah tersebut. Tentukan harga yang sesuai. Jangan memasang harga yang terlalu tinggi karena akan menyulitkan Anda dalam menarik calon pembeli. Namun, pastikan juga untuk tidak memasang harga yang terlalu rendah karena dikhawatirkan Anda akan mengalami kerugian.

Baca juga : Panduan Step by Step Cara Pengajuan KPR (Kredit Rumah) Syariah Cepat ACC

Langkah-Langkah Menjual Rumah Melalui Perantara Bank

Ketika Anda memutuskan untuk menjual rumah melalui perantara bank, maka Anda juga harus melakukan langkah-langkah ini.

1. Memilih Bank Yang Akan Ditunjuk

Cara Jual Rumah Ke Bank Bagi Para PemulaHampir seluruh bank memiliki fasilitas pelayanan penjualan rumah. Namun, setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Sehingga langkah yang harus Anda ambil adalah memilih bank yang akan Anda percaya untuk menangani proses penjualan rumah Anda. Pilihlah bank yang memiliki track record baik di bidang KPR.

2. Konsultasi Dengan Pihak Bank

Setelah Anda menentukan bank yang akan dijadikan sebagai perantara, selanjutnya Anda dapat melakukan konsultasi dengan pihak bank. Tanyakan apa saja syarat yang harus Anda penuhi ketika akan menjual rumah. Segera penuhi persyaratan yang dibutuhkan agar pengajuan penjualan rumah Anda bisa segera diproses oleh pihak bank.

3. Ikuti Instruksi Dari Pihak Bank

Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, maka selanjutnya Anda tinggal menunggu instruksi dari pihak bank. Saat ini pula siapkan semua dokumen yang terkait dengan rumah yang Anda jual untuk membuat bank maupun calon pembeli lebih percaya dengan Anda. Sortir semua dokumen sehingga tidak ada yang terlewat.

Itulah cara menjual rumah ke bank yang dapat Anda terapkan ketika hendak menjual rumah Anda. Langkah yang tepat akan mempercepat Anda dalam menemukan pembeli yang potensial untuk rumah Anda.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!