7 Cara Hidup Sehat yang Tidak Mendominasi Waktu Anda

3 min read

Cara hidup sehat
0
()

Cara Hidup Sehat – Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Hidup sehat adalah hidup tanpa memiliki gangguan kesehatan fisik maupun nonfisik. Gangguan kesehatan biasanya terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat atau keturunan.

Penyakit akan mudah menyerang jika pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat dipengaruhi oleh diri sendiri atau lingkungan. Misalnya: terlalu banyak yang difikirkan sehingga mengakibatkan depresi dan stress. Adalagi yang dipengaruhi oleh lingkungan, seperti tekanan pekerjaan, bullying, dan masalah lainnya. Hal itu dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental.

Maka dari itu penerapan pola cara hidup sehat sangat mempengaruhi kesehatan anda loh okers. Nah okeylah akan membahas bagaimana sih cara hidup sehat ala Okeylah pastinya tidak menyita waktu kegiatan anda.

Hal hal kecil yang disarankan Okeylah dijamin sangat sederhana, namun akan membuat hidup anda jauh dari gangguan kesehatan.

1. Perbanyak minum air putih

Air putih satu satunya minuman terbaik yang ada. Banyak sekali riset para dokter bahwa air putih membawa banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun meminum air putih memiliki batasannya. Seperti kata pepatah sesuatu yang terlalu berlebihan itu tidak baik.

Banyak riset menunjukkan bahwa meminum air putih maksimal 7,8 liter dan minimal 2,8 liter perharinya. Sehingga disarankan minum air putih minimal 5 gelas per harinya. Adapula manfaat yang didapatkan seperti:

  1. Mencegah permasalahan kulit
  2. Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  3. Membantu melumasi sendi
  4. Menyehatkan rongga mulut
  5. Menjaga tekanan darah
  6. Melancarkan pencernaan
  7. Menjaga sistem sirkulasi tubuh

2. Meluangkan waktu untuk berolahraga

Rutin berolahraga akan mendapatkan banyak sekali manfaat kesehatan. Okers dapat menyisakan 1 hari dalam seminggu untuk berolahraga. Jika memiliki jadwal yang padat, okers dapat melakukan olah raga setiap hari minggu.

Seiring berkembangnya zaman olahraga dapat dilakukan di sekitar rumah tanpa harus datang ke pusat kebugaran. Olahraga yang dapat dilakukan dirumah atau didekat rumah seperti jogging, berenang, yoga, bersepeda, push up, dan sit up.

 Manfaat olahraga untuk pola hidup yang sehat:

  1. Mengurangi lemak yang ada pada tubuh
  2. Meningkatkan nafsu makan
  3. Mencegah obesitas
  4. Mengurangi stress
  5. Mengurangi risiko penyakit jantung
  6. Meningkatkan kekebalan tubuh

Baca juga : Cara Menata Ruang Keluarga

3. Meminimalisir memakan makanan cepat saji

Seiring berjalannya waktu masyarakat semakin dibumbui oleh hal-hal yang cepat dan simpel. Salah satunya bidang makanan, junk food. Junk food adalah makanan yang kini sedang hits dikalangan masyarakat. Banyak sekali gerai-gerai yang menyajikan makanan ini.

Namun makanan ini memiliki kekurangan jika terus dikonsumsi apalagi setiap hari:

  1. Menyebabkan kolesterol tinggi, dikarenakan junk food mengandung kalori yang cukup tinggi.
  2. Menyebabkan diabetes, kabohidrat dan olahan gula tambahan cukup tinggi juga sehingga menyebabkan resistensi insulindan hipergikeia.
  3. Menyebabkan penyakit gangguan ginjal, junk food juga mengantung natriumyang cukup tinggi juga. Sehingga mempengaruhi kinerja ginjal.

Nah okers disarankan untuk mengurangi makanan cepat saji. Bagi anda yang ingin menaikkan berat badan, junk food memang pilihan yang tepat untuk hal tersebut. Lagi-lagi mengingatkan untuk tidak makanan cepat saji terlalu sering.

4. Menghindari lingkungan yang kotor

Lingkungan yang kotor juga dapat mempengaruhi pola hidup sehat anda. Banyak sekali penyakit yang bersarang dilingkungan yang kotor.Seperti demam berdarah, malaria, kolera, demam tifoid, tetanus, hepatitis A dan penyakit lainnya.

Ini sangat berbahaya bukan bagi anda sendiri ataupun keluarga anda. Nah, mulailah untuk hidup bersih. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk hidup bersih seperti:

  1. Pisahkan sampah organik dan sampah non-organik.
  2. Pelajari cara pembuangan sampah yang benar.
  3. Lakukan kerja bakti setiap seminggu sekali.
  4. Bersihkan rumah setiap hari

Polusi sebenarnya dibuat oleh diri anda sendiri, tapi okers dapat mengurangi hal tersebut melalui pola hidup bersih dan pola hidup yang sehat. Seperti polusi sampah, okers harus memahami betul bagaimana cara pembuangan sampah yang benar.

Baca juga : Apakah Generasi Millenial Menjadi Gelandangan ?

5. Sisihkan waktu untuk liburan

Selain olahraga, liburan dapat menjadi cara hidup sehat. Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika beribur. Okers dapat mengurangi tingkat stress akibat permasalahan pekerjaan atau lingkungan sekitar.

Liburan tidak harus dilakukan ditempat yang jauh. Liburan juga dapat dikatakan dengan quality time untuk diri sendiri. Sisihkan satu waktu dalam satu bulan untuk melakukan meditasi, liburan, atau quality time untuk diri sendiri. Sehingga fikiran okers akan lebih segar.

Adapula manfaat lain yang didapatkan ketika liburan:

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  2. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  3. Membuat umur panjang
  4. Meningkatkan kemampuan kognitif
  5.  Membantu relaksasi otot dan syaraf

6. Istirahat yang cukup

Cara  hidup sehat selanjutnya adalah memperhatikan kualitas istirahat okers. Jika otot mulai kaku, sering mengalami nyeri otot, perubahan mood yang signifikan, tidak dapat tidur dengan tenang,  performa kerja menurun. Nah pada saat itu, okers membutuhkan istirahat.

Istirahat yang dimaksud bukan hanya tidur saja ya, namun dapat diartikan dengan liburan. Namun jika pekerjaan atau tugas-tugas okers menumpuk dan menggangu waktu tidur anda, maka istiharat yang dimaksud adalah tidur.

Tidur yang baik adalah sekitar 6 jam hingga 8 jam setiap harinya. Banyak sekali manfaat kesehatan yang didapatkan jika okers menyisihkan waktu untuk beristirahat:

  1. Meningkatkan konsentrasi dan prouktivitas tubuh
  2. Meningkatkan performa fisik
  3. Menurunkan risiko penyakit jantung
  4. Mengurangi stress
  5. Mencegah depresi
  6. Memelihara emosi supaya lebih stabil

7. Mencintai diri sendiri

Terakhir adalah dengan mencintai diri sendiri. Percuma okers melakukan 6 kegiatan diatas jika, dari diri okers sendiri belum mau menerima. Pola hidup sehat yang satu ini sebagai pelengkap dari rangkaian cara hidup sehat yang sudah di jalani.

Banyak sekali hal yang dapat dilakukan untuk mencintai diri sendiri seperti: melakukan meditasi, melakukan hal-hal yang disukai diri sendiri, memenuhi kebutuhan diri sendiri, mengurangi konsumsi berita negatif, menjauhi orang-orang yang bersifat toxic bagi diri sendiri, menerima kekurangan diri sendiri, dan jangan takut berbeda.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencintai diri sendiri. Ada pula manfaat mencintai diri sendiri bagi kesehatan seperti: mengurangi stress dan mencegah terjadinya gangguan mental.

Cara hidup sehat bukan hanya memperhatikan kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Jika mental okers sendiri terganggu maka hidup sehat juga tidak akan terpenuhi. Mencintai hidup sendiri akan menimbulkan rasa percaya diri, hubungan baik dengan lingkungan, selalu berfikir positif dan masih banyak lagi.

Baca juga : Berbisnis Ala Ibu Rumah Tangga

Baca juga : Hidup Sehat

Nah okers cara hidup sehat ala okeylah ini dapat membantu okers untuk menciptakan hidup sehat dan bersih seperti yang diinginkan. Sekian info dari Okeylah kali ini. Selalu kunjungi blog Okeylah.com untuk mengetahui pembahasan-pembahasan hidup sehat lainnya.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!