Biaya Jual Beli Rumah dan Pajak Penjualannya

1 min read

Biaya Jual Beli Rumah Dan Pajak Penjualannya
0
()
Ada baiknya anda mempelajari mengenai biaya jual beli rumah dan pajak penjualannya jika memiliki sebuah rumah. Apalagi jika anda hendak menjual rumah lama dan membeli rumah baru yang anda dambakan. Setelah anda menjual atau membeli rumah maka anda harus menanggung biaya jual beli dan juga pajaknya. Hal ini memungkinkan uang yang akan anda terima berbeda dengan uang yang telah disepakati saat transaksi. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak mempelajari hal tersebut.

Biaya Jual Beli Rumah

Ketika melakukan proses transaksi jual beli rumah maka anda (penjual atau pembeli) tidak akan terhindar dari biaya lebih. Kebanyakan orang tidak mengerti akan hal ini. Berikut biaya yang akan anda (penjual atau pembeli) keluarkan ketika melakukan transaksi tersebut.

Baca juga : Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai

1. Biaya Pemeriksaan Sertifikat

Pemeriksaan sertifikat dilakukan sebelum transaksi jual beli di kantor pertahanan setempat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa rumah yang akan dijual tidak memiliki catatan seperti sita, blokir, dan permasalahan lainnya. Biaya pengecekan sertifikat berbeda-beda tiap wilayah, biaya tersebut berkisar antara Rp 50.000,- sampai Rp 300.000,-.
Biaya Jual Beli Rumah dan Pajak Penjualannya

2. Biaya Akta Jual Beli (AJB)

Biaya ini adalah biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar jasa pembuatan akta jual beli oleh seorang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Besarnya biaya AJB bergantung dari PPAT tersebut. Biasanya PPAT meminta 1 % dari nilai transaksi jual beli rumah. Tetapi, harga tersebut tidaklah kaku, anda bisa menawar sepanjang harga yang anda tawarkan tersebut disetujui oleh pihak PPAT.
Sebelum anda mengurus AJB anda harus melewati prosedur pengecekan sertifikat, membayar PBB, BPHTB, dan syarat yang lain. Biasanya biaya untuk pengurusan AJB ini akan ditanggung oleh pembeli. Namun, bisa saja ditanggung oleh kedua belah pihak (penjual dan pembeli) jika hal tersebut merupakan suatu kesepakatan.

3. Biaya Akta Kuasa Untuk Menjual

Kuasa untuk menjual diperlukan jika pemilik sertifikat rumah menguasakan penjualan rumahnya kepada pihak lain. Besarnya biaya akta kuasa bergantung pada notaris. Biasanya notaris akan meminta 1 % dari total biaya penjualan. Namun, biaya tersebut masih bisa dinegosiasi.

4. Biaya Balik Nama

Balik nama dilakukan di kantor pertahanan setempat. Proses ini diajukan oleh PPAT dengan membayar biaya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan ditanggung oleh pembeli.

5. Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

Biaya PNBP sekaligus anda bayarkan saat proses balik nama. Besaran Biaya yang harus dikeluarkan adalah 1‰ dari nilai jual objek pajak (NJOP) rumah.

Baca juga : Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman

Pajak Penjualan Rumah

Biaya Jual Beli Rumah dan Pajak PenjualannyaBerikut pajak yang anda harus bayarkan ketika melakukan proses jual beli rumah.

1. Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

NJOP merupakan nilai yang ditetapkan oleh negara sebagai dasar pengenaan pajak bagi PBB. Besaran biaya NJOB berbeda-beda tiap wilayah.

2. Pajak Penghasilan (PPh)

Besarnya PPh adalah 2,5% dari total biaya transaksi. PPh dibayarkan sebelum akta jual beli ditandatangani. PPh dibayarkan di bank dan divalidasi di kantor pajak.

3. Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB)

BPHTB anda bayarkan sebelum akta jual beli ditandatangani. Besaran biaya tiap wilayah berbeda. BPHTB dibebankan kepada pihak pembeli rumah sebagai tanda terima rumah yang telah dibeli.

4. Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP)

NPOPTKP adalah nilai untuk pengurang perhitungan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) atas perolehan hak atas tanah dan bangunan tersebut. Besaran biaya NPOPTKP berbeda tiap wilayahnya.

5. Nilai Perolehan Objek Pajak Kena Pajak (NPOPKP)

NPOPKP adalah dasar untuk penggunaan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB)
Demikian bahasan mengenai biaya jual beli rumah dan pajak penjualannya. Semoga dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi anda.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!