Belajar Strategi Pola Penyerangan dan Pertahanan Permainan Sepak Bola

3 min read

Strategi Pola Penyerangan dan Pertahanan Permainan Sepak Bola
4.3
(7)

Belajar Strategi Pola Penyerangan dan Pertahanan Permainan Sepak Bola

Belajar Strategi Pola Penyerangan dan Pertahanan Permainan Sepak Bola – Sebuah pertandingan sepak bola akan dimenangkan oleh tim yang mampu mencetak gol paling banyak atau kebobolan paling sedikit. Pengecualian terdapat pada pertandingan yang dimainkan dengan sistem home-away.

Demi mencapai tujuan tersebut, maka setiap tim memiliki strategi masing-masing. Sebuah sistem dibangun oleh tim pelatih bersama para pemain yang akan terlibat langsung dalam permainan.

Dalam permainan sepak bola profesional, teknik dasar menendang (shoot/pass), menahan (control), dan membawa (dribble) bola menjadi kemampuan yang wajib dimiliki oleh pemain. Namun, kemampuan pemain dalam satu tim berbeda-beda.

Keunggulan satu sama lain inilah yang menjadi salah satu faktor penentu pelatih menentukan strategi. Selain itu, pelatih terkadang juga menyesuaikan strategi permainan lawan.

Strategi yang direncanakan akan terwujud jika terjalin koordinasi yang baik dari tiap pemain. Penyusunan strategi tidak hanya selesai dengan satu buah strategi. Perencanaan yang baik haruslah mendetail. Strategi dalam bertahan dan menyerang tentu perlu rencana yang berbeda.

Baca juga :

Istilah dalam permainan sepakbola

Belajar Teknik Dasar Menendang Bola Dengan Baik

Posisi Pemain Sepakbola dan Tugasnya

 

  1. Pola Penyerangan Sepak Bola

Pola penyerangan dalam sepak bola adalah suatu bentuk susunan pemain yang digunakan untuk melakukan serangan ke pertahanan lawan. Tujuan akhir dari pola penyerangan adalah mencetak gol ke gawang lawan.

Dalam menerapkan strategi yang sudah direncanakan perlu stamina yang bagus, kerja sama antar pemain, dan konsentrasi tiap pemain yang tetap terjaga. Dengan teknik dasar sepak bola yang sudah dikuasai pemain dan efektifitas para pemain maka pola penyerangan dapat membantu tim meraih kemenangan,

Selain perlu kerja sama yang apik dari tim, pola penyerangan sepak bola juga terkadang menemui jalan buntu. Selain karena kurang matangnya kerja sama tim maupun indivdu, pola penyerangan juga dapat digagalkan oleh pola pertahanan tim lawan.

Sehingga, perlu untuk membuat variasi pola penyerangan untuk mengantisipasi jika terjadi kebuntuan. Selain itu, variasi pola penyerangan merupakan salah satu strategi penyerangan.

Berikut berbagai jenis pola penyerangan sepak bola:

Melakukan Gerakan Tersusun

Gerakan tersusun adalah suatu pola yang menempatkan pemain sesuai pada posisi masing-masing yang sudah ditentukan. Jadi, para pemain yang sudah ditempatkan di suatu posisi cukup berada di zona tersebut hingga akhir laga.

Misal suatu pemain diposisikan sebagai gelandang tengah. Maka, sejak pertandingan dimulai sang pemain cukup bermain di arena tersebut. Untuk membantu penyerangan tidak perlu terlalu maju ke depan, bahkan masuk ke kotak penalti.

Artinya pergerakan tiap pemain dibatasi oleh posisinya yang juga menjadi zona masing-masing. Begitu pula berlaku pada posisi lain.

Untuk menyusun penyerangan yang baik, maka perlu adanya kematangan strategi yang sudah dilatih berulang-ulang. Kematangan strategi dan latihan pun terkadang juga belum cukup. Ada faktor eksternal seperti mental para pemain. Terkadang terdapat pemain yang merasakan demam panggung, biasanya pemain yang baru bermain atau bergabung dengan tim baru akan mengalaminya.

Penyerangan yang baik akan diawali dari tersusunnya pola mulai dari kiper ke bek lalu ke pemain tengah dan penyerang. Namun, terkadang perlu variasi penyerangan langsung. Misal kiper melakukan umpan jauh kepada penyerang.

Menghadapi Pertahanan yang Rapat

Dalam suatu pertandingan, ketika ada tim yang menyerang maka akan ada tim bertahan. Tim yang bertahan juga memiliki pola pertahanan. Tak jarang pelatih sering lebih mengutamakan pertahanan daripada penyerangan. Solidnya pertahanan lawan dapat membuat tim yang menyerang kesulitan dan frustasi.

Baca Juga : Strategi Sepak Bola : Parkir Bus Ala Mourinho

Untuk menghadapi tim dengan pertahanan rapat diperlukan kesabaran, konsentrasi, dan kecerdikan. Kesabaran diperlukan untuk menunggu terbukanya celah pertahanan lawan. Konsentrasi juga diperlukan agar tidak kehilangan bola. Sedangkan, kecerdikan perlu karena untuk membongkar pertahanan lawan perlu kecerdikan pemain dari tim yang menyerang.

Mencari Ruang Kosong

Pemain yang tidak sedang menguasai bola harus membantu temannya yang sedang menguasai bola. Salah satu caranya adalah dengan membuka ruang. Membuka ruang atau mencari ruang kosong adalah usaha untuk mempermudah teman melalukan umpan/operan dan melanjutkan penyerangan.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menyusun Penyerangan

Dalam melancarkan penyerangan, perlu adanya pemain yang memiliki tugas masing-masing. Berikut beberapa rincian tugas masing-masing pemain dalam melakukan penyerangan:

  • Pengatur serangan, yaitu pemain yang mendapat tugas mengatur serangan.
  • Membantu serangan (support player), yaitu pemain yang ikut membantu penyerangan
  • Pencetak gol (goal getter), yaitu pemain yang melakukan penyelesaian akhir
  • Pengalih perhatian, yaitu pemain yang memancing (konsentrasi) pemain bertahan lawan agar temannya bisa menerobos ke daerah pertahanan lawan.

Formasi dalam Pola Penyerangan

Formasi yang biasa digunakan oleh tim yang menyerang biasanya menggunakan 4-3-3, 4-2-4 dan 4-4-2. Namun, pada prakteknya variasi formasi yang digunakan bisa saja berubah-ubah. Tak jarang tim yang melakukan penyerangan total hanya meninggalkan 3 pemain bertahan di area tengah lapangan.

Strategi Pola Penyerangan dan Pertahanan Permainan Sepak Bola
4-4-2 Pola Penyerangan Dalam Permainan Sepak Bola
  1. Pola Pertahanan Sepak Bola

Pola pertahanan adalah sebuah susunan pemain yang disusun sedemikian rupa dengan tujuan untuk menggagalkan serangan lawan dan mengamankan gawang tim dari kebobolan. Pertahanan dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu:

Pertahanan Satu Lawan Satu (Man to Man)

Pola pertahanan man to man marking adalah strategi bertahan yang mengandalkan kemampuan individu untuk berduel satu lawan satu dengan lawan. Pemain akan menjaga masing-masing pemain lawan baik saat menguasai bola maupun tidak.

Pertahanan Area (Zone Marking)

Pola pertahanan area/daerah adalah strategi bertahan yang mengandalkan kerja sama tim. Dengan sebuah formasi bertahan, pemain akan menjaga daerah dimana mereka diposisikan. Pergerakan pemain lawan tidak akan mempengaruhi posisi pemain yang bertahan.

Beberapa prinsip dalam melakukan zone marking adalah sebagai berikut:

  • Kerja sama tim
  • Menghambat gerakan pemain lawan
  • Mengamankan area yang dijaga
  • Pertahanan berlapis
  • Membuat lawan kesulitan dan melakukan susunan serangan dari awal atau belakang.
  • Pertahanan Kombinasi

Pola pertahanan kombinasi adalah strategi bertahan yang menggabungkan antara dua jenis pola pertahanan yang sudah dibahas tadi. Pola pertahanan ini adalah strategi yang cukup rumit dan kompleks untuk bertahan.

Pemain pada dasarnya melakukan zone marking. Lalu pada situasi tertentu ada pemain yang terpaksa ataupun sengaja menjebak pemain lawan dengan mengikuti pergerakannya. Di saat itu pula pemain lain akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan temannya.

Formasi dalam Pola Pertahanan

Formasi yang digunakan dalam bertahan terdapat banyak jenisnya. Mulai dari formasi dasar seperti 4-4-2 hingga yang lebih rumit seperti 3-5-2. Tak jarang tim yang ingin memperkuat pertahanan memainkan 3 bek tengah sekaligus ditambah 2 bek sayap dan 3 gelandang dan menyisakan 2 penyerang di depan.

Demikian penjelasan mengenai pola penyerangan dan pertahanan dalam pertandingan sepak bola. Untuk memenangkan suatu pertandingan, pola-pola bertahan dan menyerang perlu dipelajari dan dilatih bersama tim.

Tim yang mampu menguasai pola bertahan dan menyerang dengan baik dan mampu mengimplementasikannya dalam pertandingan akan lebih mudah mencetak gol ke gawang lawan dan menggagalkan usaha lawan untuk mencetak gol ke gawang tim.

pola pertahanan dalam sepakbola
3-5-2 pola pertahanan dalam sepakbola
strategi sepakbola gegenpressing guardiola vs klopp
Strategi Sepakbola : Gegenpressing ala Guardiola vs Klopp

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.3 / 5. Vote count: 7

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!