Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman

2 min read

Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman
0
()

Apakah Anda tahu over kredit, apakah anda ingin membeli rumah dengan cara over kredit? Nah, baiklah saya akan jelaskan satu persatu tentang apa itu over kredit dan bagaimana cara over kredit rumah yang benar.

Over Kredit adalah proses pengalihan kredit dari pihak debitur lama ke pihak debitur baru. Contoh kasus begini. Sebelumnya teman Anda melakukan pembelian rumah melalui kredit selama 20 tahun, ternyata setelah 15 tahun berjalan, teman anda menjualnya lagi ke orang lain. Entahlah apa karena faktor finansial menipis atau yang karena yang lainnya. Dan maka dari itu sebelum anda membeli rumah dengan cara over kredit, ada baiknya ketahui dulu aturan mainnya. Karena jika tidak, apabila di kemudian hari terdapat sengketa, anda bisa bermasalah dengan hukum.

Baca juga : Tips Membeli Rumah KPR

Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang Aman

Dalam hal ini terdapat 3 cara yang biasa digunakan orang melakukan over kredit rumah

  1. Lewat Bank

Alasan kenapa harus sepengetahuan bank, hal ini dimaksudkan untuk menghindari kecurangan dari pihak penjual, karena bisa saja pada saat akhir tanggal pelunasan, ia mendatangi bank dan menyelesaikan semua proses administrasi untuk pengambilan dokumen tanah tersebut. Dan pihak bank akan menyerahkannya. Padahal dokumen yang ia ambil oleh si penjual tidak untuk diserahkan kepada anda, melainkan di jual lagi ke orang lain. Jika ini terjadi pihak bank tidak akan bertanggung jawab. Tentu alasan dari pihak bank karena tidak adanya pemberitahuan sebelumnya mengenai over credit yang dilakukan.

Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang AmanAnda dapat menggunakan jasa Bank dalam melakukan over kredit

  1. Lewat Notaris

Menggunakan perantara atau sepengetahuan notaris, memang secara sekilas pembeli lebih kuat karena ada tanda tangan notaris dalam akta jual beli tanah, namun sama saja tanpa sepengetahuan pihak bank, jika kejadiannya sama seperti di atas pihak bang juga akan menyerahkannya. Dan bank tidak mau tau soal over kredit yang sudah anda lakukan pada si penjual.

  1. Di Bawah Tangan

Beginilah Cara Over Kredit Rumah Yang AmanProses transaksi berikutnya yang banyak orang lakukan dalam beli rumah over kredit yaitu di bawah tangan tanpa sepengetahuan pihak bank dan notaris. Memang ini banyak dilakukan karena prosesnya sangat modah dan murah meriah. Hanya cukup menyediakan materai. Tapi yang demikian sangat tidak aman jika dikemudian hari ternyata muncul masalah mengenai kepemilikan hak tanah. Jadi sebaiknya, untuk lebih menjaga keamanan, sebaiknya lakukanlah pembelian over kredit tersebut di hadapan penjual, notaris dan pihak bank.

Baca juga : Cara Mengumpulkan Uang Untuk Membangun Rumah

Prosedur Pengurusan Over Kredit Rumah Yang Aman Menurut Hukum 

Berikut ini ada beberapa prosedur paling aman saat mengurus over kredit menurut hukum yakni:

  • Pertama, saat sudah deal terjadi transaksi dengan penjual, sebaiknya kedua belah pihak datang ke Bank Penerbit secara bersama-sama yang dulu memberikan kredit kepemilikan rumah (KPR ). Sehingga dengan begitu akan lebih aman jika misal di kemudian hari terjadi masalah sengketa.
  • Kedua, bagi penjual wajib hukumnya membawa sertifikat tanah yang mau dijual, karena pengajuan pembelian over kredit hanya bisa dilakukan ketika sertifikat tanah keluar.
  • Ketiga, antara penjual dan pembeli wajib hukumnya membawa sejumlah dokumen data pribadi, seperti KTP, slip gaji, surat keterangan rumah pertama dan fotocopy mutasi keuangan selama 3 bulan terakhir.
  • Keempat, penjual rumah KPR subsidi di minta untuk mengajukan permohonan ambil kredit dalam upayanya mengambil alihkan pembeli sebagai debitur baru.
  • Kelima. lakukan cara aman ini, karena kalau pengajuan penjual dan pembeli sudah di setujui pihak bank, tentunya bank akan meminta tanda tangan perjanjian kredit baru atas nama si pembeli, berikut dengan akta jual beli dan pengikatan jaminan (SKMHT).

Perlu juga anda ketahui, harga over kredit rumah KPR bisa mencapai kisaran angka 7 persen dari total plafon kredit yang sudah diketahui. Selanjutnya informasi lebih lengkap mengenai cara over kredit rumah bisa anda baca dari referensi yang lain di internet. Semoga bermanfaat.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!