Begini Cara Jual Rumah Yang Masih Kredit

1 min read

Begini Cara Jual Rumah Yang Masih Kredit
0
()

Rumah merupakan aset yang sangat berharga walaupun anda membelinya dengan KPR. Namun terkadang karena beberapa hal, anda harus rela menjualnya. Misalnya saja, anda akan berpindah lokasi tempat tinggal atau anda sudah tidak mampu lagi menanggung cicilan KPR. Menjual rumah menjadi alternatif yang efektif daripada disita oleh bank karena menunggak. Menjual rumah yang masih KPR mungkin sedikit sulit. Namun anda tidak perlu bingung, berikut ini artikel yang akan membahas tentang cara jual rumah yang masih kredit.

Baca juga : Begini Cara Jual Rumah Yang Masih Kredit

Cara Jual Rumah Yang Masih Kredit

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk menjual rumah yang masih kredit:

1. Melunasi Sisa Kredit Lebih Awal

Begini Cara Jual Rumah Yang Masih Kredit

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melunasi sisa kredit KPR rumah anda. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sertifikat rumah anda. Sehingga selanjutnya anda mudah untuk menjual rumahnya. Hitunglah sisa tagihan di bank untuk mengetahui jumlah dana untuk melunasi sisa kredit. Untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung menanyakan ke pihak bank jumlah dana yang harus anda bayar untuk melunasi sisa kredit. Biasanya bank juga akan memberikan denda akibat pelunasan dipercepat yang anda ajukan. Kelebihan dari cara pertama ini adalah proses penjualan rumah anda bisa dilakukan dengan cepat. Sedangkan kekurangannya, anda harus menyediakan uang yang cukup besar untuk membayar sisa kredit KPR anda.

2. Menjual Rumahnya Terlebih Dahulu

Begini Cara Jual Rumah Yang Masih Kredit

Jika anda tidak memiliki cukup dana untuk melunasi sisa kredit, maka anda bisa mencoba cara yang kedua ini. Anda harus mencari pembeli yang mau membeli rumah dengan status masih KPR dan sertifikat masih dipegang bank. Setelah mendapatkan pembeli, anda bisa memilih diantara dua cara ini. Pertama, pembeli membayar kepada anda sebagai penjual. Kemudian anda bisa melunasi sisa kredit di bank dan sisa uangnya bisa anda miliki. Kedua, pembeli yang melunasi sisa KPR anda di bank. Sehingga status rumah bukan jaminan lagi dan sertifikat rumah bisa keluar.

Setelah pelunasan di bank selesai, anda dan pembeli bisa mendatangi notaris untuk melakukan akad jual beli dan penandatanganan akta notaris. Dengan begitu perubahan kepemilikan sudah sah. Keunggulan dari cara yang kedua ini adalah anda tidak perlu menyediakan uang untuk melunasi sisa kredit. Sedangkan kelemahannya adalah anda harus mencari pembeli yang percaya dan yakin kepada anda. Karena tidak jarang pembeli memiliki kekhawatiran, misalnya khawatir sertifikat rumah tidak bisa keluar walau sudah dilunasi. Selain itu, anda juga harus mencari pembeli yang memiliki dana untuk melunasi KPR.

3. Melakukan Over Kredit

Baca juga : Cara Jual Rumah Ke Bank Bagi Para Pemula

Cara selanjutnya adalah melakukan over kredit kepada pihak pembeli. Ada dua pilihan over kredit yang bisa dilakukan. Pertama, pembeli melanjutkan kredit anda di bank yang sama. Keuntungannya, dokumen rumah anda di bank yang sama. Sehingga penjual dan pembeli tidak perlu repot mengurus over kredit. Hanya perlu memenuhi persyaratan yang diajukan pihak bank. Kedua, pembeli melanjutkan KPR di bank yang berbeda. Proses over kredit yang kedua ini mungkin akan lebih sulit. Karena setiap bank biasanya memiliki aturan yang berbeda. Selain itu, pastikan pembeli membayar uang muka kepada anda sebagai keuntungan menjual rumah.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjual rumah yang masih kredit. Sebelum menjual rumah, lakukan penilaian ulang rumah anda untuk menentukan harga rumah anda. Lakukan berbagai pertimbangan biaya dan konsekuensi. Lebih baik jelaskan kepada pembeli sejak awal bahwa rumah anda masih dalam proses KPR. Sehingga pembeli mengetahui konsekuensi yang akan ditanggungnya jika membeli rumah anda. Semoga artikel tentang cara jual rumah yang masih kredit diatas dapat membantu anda.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!