CEO Okeylah Media Berbagi coretan lewat tulisan untuk memuaskan nafsu otak. Pedoman hidup : Membaca adalah investasi terbesar dalam diri kita

Arti Film Fantasi Menurut Literatur

1 min read

arti film fantasi
0
()

Arti Film Fantasi Menurut Literatur

Film fantasi adalah salah satu genre film yang paling banyak penggemarnya. Genre film ini sering menampilkan efek film yang menakjubkan, dengan latar penuh imajinasi dan alur cerita yang menegangkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )  film fantasi berarti lakon (cerita) gambar hidup bukan berdasarkan kejadian yang sebenarnya atau khayalan.

Film ini lahir dari pengembangan cerita fiksi yang sudah menunjukkan eksistensi sejak awal sejarahnya.

Film yang memiliki daya tarik tersendiri karena dapat menembus ruang dan waktu dibandingkan dengan genre yang lain. Berkembang dari kreatornya baik dari segi cerita maupun sinematografinya. Karena berada di tengah-tengah kutub: nyata dan abstrak.

Kekuatan terbesarnya terdapat pada kemampuan memadukan dan mengkombinasi genre-genre yang lain. Tanpa terkecuali serta dapat dikembangkan secara luas tidak terbatas.

Hal tersebut dikarenakan film ini memuat unsur-unsur dengan karakteristik yang berbeda dari film-film, yang jika memiliki satu unsur dalam pembuatan filmnya, sebuah film sudah dikatakan sebagai film fantasi.

Unsur atau komponen yang dilihat berasal dari unsur naratif dan sinematik pembuatan film yang di dalamnya memuat ide cerita, karakter, dan latar dalam sebuah film.

Ketiga unsur tersebut adalah komponen pembentuk film fantasi yang bersifat fiktif dan imajinatif. Ide ceritanya tidak berdasarkan kenyataan yang bersifat imajiner, yaitu karangan fiksi yang tidak masuk akal. Ppembuat film akan berlomba mengembangkan dan menghadirkan ide-ide yang belum terpikirkan sebelumnya sehingga penonton seakan-akan terbawa dalam dunia baru di luar kehidupan nyata.

Karakter tokoh dalam film fiksi merupakan hasil imajinasi kreator nya dalam wujud yang fiktif, seperti karakter binatang, makhluk luar angkasa, monster, robot, dan karakter non fisik seperti hantu, arwah, dan hologram.

Unsur latar dalam film fiksi mempunyai karakter latar tempat. Sedangkan waktu kejadian imajinatif mempunyai keunikan pada zaman atau dimensi yang tidak diketahui, dapat berupa masa lalu, masa sekarang, dan masa depan dengan peradaban yang dibentuk oleh kreator nya.

Baca juga :
Film Fantasi Terbaik
Urutan Film Harry Potter

Referensi :
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia
2. Danissa Dyah Oktaviani.Konsep Fantasi Dalam Film.Journal Rekam Volume 15 : Oktober 2019

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

CEO Okeylah Media Berbagi coretan lewat tulisan untuk memuaskan nafsu otak. Pedoman hidup : Membaca adalah investasi terbesar dalam diri kita
error: Content is protected !!