Home » Sehat Bareng » 8 Sayuran Penurun Kolesterol Untuk Penyakit Kolesterol Tinggi

8 Sayuran Penurun Kolesterol Untuk Penyakit Kolesterol Tinggi

by Aluna
Sayuran Penurun Kolesterol

Penyakit kolesterol membayangi banyak orang. Terutama setelah Hari Raya Idul Adha seperti saat ini. Penyakit satu ini karena tingginya kadar kolesterol dalam darah, yang disebabkan konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Salah satunya daging merah. Untuk itu perlu sekali mengkonsumsi sayuran penurun kolesterol.

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah bisa dilakukan dengan beberapa cara. Diantaranya merupakan konsumsi makanan maupun sayuran penurun kolesterol. Saat mengkonsumsi daging merah yang kaya akan kandungan lemak jenuh serta lemak trans, sayuran-sayuran di bawah ini juga tidak lupa wajib dikonsumsi.

Berikut ini merupakan daftar sayuran penurun kolesterol yang bisa dikonsumsi untuk menetralkan kadar dalam tubuh.

1. Wortel

Sayuran Penurun Kolesterol

Selain kaya akan vitamin, wortel juga mengandung serat. Diantaranya selulosa, hemiselulosa, lignin yang akan dapat membantu memperbaiki proses penyerapan kolesterol di saluran pencernaan. Sehingga nantinya kadar kolesterol yang tinggi dalam darah akan bisa menurun. Berbagai studi juga menunjukan wortel menjadi salah satu sayuran terbaik untuk menurunkan kolesterol.

2. Kentang

Kentang rupanya juga menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol. Meski tentu saja, perhatikan proses pengolahan kentang. Beberapa olahan kentang seperti kentang goreng atau french fries memiliki lemak trans yang cukup tinggi. Sehingga justru harus dihindari.

Sebaliknya, kentang, terutama sekaligus dengan kulitnya kaya akan kandungan serat larut. Mengkonsumsi makanan dengan serat larut yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan serat larut dalam kentang juga terbilang tinggi. Untuk satu buah kentang berukuran sedang, terdapat kandungan 5 gram serat larut.

3. Terong

Seperti juga kentang, konsumsi terong untuk menurunkan kolesterol sudah pasti wajib diperhatikan. Terong goreng yang sering menjadi hidangan lezat memiliki lemak jenuh dari minyak.

BACA JUGA :  9 Penyebab dan Cara Mengatasi Gejala Vertigo

Untuk menurunkan kadar kolesterol, sebaiknya terong dikonsumsi dengan cara dijus. Studi menunjukan 10 ml jus terong saja mampu melawan LDL, yang merupakan kolesterol jahat dan juga trigliserida. Di dalam 94 gram terong diketahui terdapat 2,4 gram serat. Sehingga sayuran berwarna ungu satu ini memang menjadi penurun penyakit kolesterol yang ampuh.

Namun ingat ya! Terong sebaiknya tidak dikonsumsi dengan digoreng untuk menurunkan kolesterol.

4. Bayam

Sayuran Penurun Kolesterol

Bayam sepertinya resmi menjadi sayuran dengan berbagai manfaat. Di dalam satu cangkir bayam diketahui terdapat 6 gram serat. Sehingga sayuran hijau kegemaran Popeye ini memang masuk ke dalam deretan penurun kolesterol.

Selain itu mengolah bayam menjadi penurun kolesterol juga mudah. Bayam bisa dijadikan sayur pendamping lauk untuk menikmati daging. Maupun dicampur ke dalam smoothies yang lezat.

5. Bawang putih

Saat mengolah daging, jangan sampai ketinggalan memberi bumbu dengan bawang putih ya! Bawang putih bukan hanya memberikan rasa gurih dan aroma lezat pada masakan. Bawang putih rupanya juga memiliki manfaat sebagai penurun kolesterol.

Studi menunjukan penggunaan bawang putih akan menurunkan kadar kolesterol. Bukan hanya bisa dicampur di dalam masakan. Untuk membantu menurunkan kolesterol juga bisa dengan konsumsi bawang putih mentah.

6. Lobak

Sayuran penurun kolesterol berikutnya adalah lobak. Lobak juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Di dalam setengah cangkir lobak diketahui terdapat 3 gram serat. Tidak heran bila sayuran ini juga sering kali dipasangkan dengan hidangan daging ya?

Penderita kolesterol tinggi memang tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi lobak. Terlebih juga karena sayuran satu ini memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Penyakit yang kerap kali mengikuti para penderita kolesterol, nih.

BACA JUGA :  Apakah Benar Generasi Millennials Akan Menjadi Gelandangan di Tahun 2020?

7. Kacang polong

Sayuran Penurun Kolesterol

Kacang polong memang disebut-sebut sebagai makanan yang tepat untuk diet menurunkan berat badan. Salah satunya karena kandungan lemak yang rendah, dan serat yang tinggi dari sayuran ini. Menariknya penelitian dari Kanada juga menunjukan hasil bahwa kacang polong akan efektif menurunkan LDL atau kolesterol tinggi.

Sepertinya lezat bukan mencampur kacang polong dengan menu sup daging yang akan dihidangkan?

8. Kacang panjang

Lalapan sepertinya akan kurang lengkap tanpa sayuran satu ini. Bukan hanya lezat, kacang panjang rupanya juga menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol.

Dalam 150 gram kacang panjang diketahui ada 2,6 gram serat yang akan membantu proses pencernaan kolesterol. Sehingga secara langsung akan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah.

American Heart Association (AHA) memang menyadur mengenai makanan tinggi serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Selain itu untuk menyembuhkan penyakit kolesterol juga bisa melakukan beberapa cara lain. Seperti berolah raga dengan teratur, mengatur gaya hidup sehat. Serta menurunkan berat badan dengan diet pola makan sehat yang salah satunya dengan konsumsi banyak sayuran dan makanan berserat.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment