7 Cara Menata Rumah Kecil agar Terlihat Luas

2 min read

7 Cara Menata Rumah Kecil agar Terlihat Luas-4
0
()

Rumah adalah istana bagi keluarga. Namun, apa jadinya jika rumah anda kecil? Hal tersebut tentu membuat anda dan keluarga kurang merasa nyaman. Berikut kami informasikan 7 cara menata rumah kecil agar terlihat luas.

1. Gunakan Warna Cerah

7 Cara Menata Rumah Kecil agar Terlihat Luas-4

Tak salah jika warna gelap akan membuat ruangan terasa lebih nyaman. Namun, warna-warna gelap dapat menyerap cahaya bukan memantulkannya sehingga membuat rumah kecil anda akan semakin sempit. Sedangkan warna cerah akan memberikan kesan yang lebih luas dan juga lapang.

Bukan hanya ubin dan cat dinding, anda juga disarankan untuk mengaplikasikan warna cerah pada semua unsur ruangan seperti jendela dan semua interior ruangan seperti sofa, lukisan, tirai, karpet, bantal, dan lain sebagainya.

Apakah anda ingin menggunakan wallpaper? Tidak masalah, anda tetap dapat menggunakannya. Pilihlah wallpaper dengan warna dasar netral. Tidak semua motif wallpaper harus cerah, anda bisa memilih motif dengan percikan warna gelap. Hal ini tetap dapat membuat kesan luas pada ruangan anda.

Baca juga : Cara Menata Rumah Agar Rapi di Setiap Waktu

2. Gunakan Furniture Ruangan dengan Ukuran Besar

Penggunaan furniture berukuran besar dapat anda gunakan dengan syarat warna yang digunakan untuk furniture adalah warna cerah. Hal yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan furniture tersebut dengan luas ruangannya. Jika pemakaian sofa yang lengkap tidak memungkinkan. Anda dapat mengurangi jumlah sofa tersebut. Pilihan lain anda dapat menambahkan pemakaian karpet dengan ditambah bantal-bantal kecil sehingga tetap memiliki fungsi yang sama. Mudah bukan cara menatanya?

3. Aplikasikan Penggunaan Cermin Berukuran Besar pada Ruangan

7 Cara Menata Rumah Kecil agar Terlihat Luas-4

Cara penggunaan cermin besar yang diletakkan pada sudut strategis ruangan dapat anda gunakan. Trik tersebut tersebut sudah digunakan banyak orang. Dengan melakukan hal tersebut akan memberikan kesan lebih luas pada ruangan anda yang kecil.

Peletakkan cermin berseberangan dengan jendela sangat disarankan. Hal ini akan membuat pemandangan yang akan terlihat pada cermin anda dan memberikan ilusi ruangan memiliki dua sisi jendela. Pilihlah cermin dengan warna senada dengan ruangan dan sesuai dengan konsep interor rumah anda. Jika rumah anda menggunakan konsep klasik gunakanlah cermin berdesain vintage dan jika konsep rumah anda modern gunakan cermin dengan bentuk minimalis. Efek yang diberikan dengan penataan tersebut adalah ruangan terlihat lebih luas sesuai dengan harapan anda.

4. Aplikasikan Jendela dan Pintu Berukuran Besar

Tips menata rumah kecil agar terlihat luas berikutnya adalah dengan mendesain rumah anda menggunakan pintu dan jendela berukuran besar. Hal ini akan mengoptimalkan pencahayaan alami ke dalam ruangan sehingga membuat ruangan anda lebih terang dan menimbulkan efek lebih luas. Selain itu, rumah anda juga akan memiliki sirkulasi ruangan yang lebih besar sehingga udara dalam ruangan akan selalu segar. Aplikasikan juga kaca bening untuk menghindari kesan sempit dan pengap pada ruangan anda.

Baca juga : Cara Menata Kamar Tidur Minimalis Agar Terlihat Luas Dan Mewah

5. Jangan Gunakan Ornamen Perabot yang Terlalu Banyak

Anda dapat menggunakan ornamen untuk memperindah ruangan anda. Namun, hindari penggunaan ornamen yang terlalu banyak dengan ukuran dan bentuk yang besar. Lukisan yang sederhana dan warna yang terang memungkinkan untuk dilakukan dengan cara menggantungnya pada dinding ruangan kecil anda.

6. Pasang Penempatan TV pada dinding

7 Cara Menata Rumah Kecil agar Terlihat Luas-4

Jika ruangan anda kecil, peletakkan TV sebaiknya digantung pada dinding ruangan. Hal ini akan mengurangi barang yang ditempatkan pada lantai sehingga ruangan anda tidak akan terlihat penuh ataupun sesak.

7. Perhatikan Keseimbangan dan Keselarasan Ruangan

Tips cara menata rumah kecil agar terlihat luas ini dapat anda aplikasikan dengan tetap menggunakan konsep yang sama pada setiap ruangan anda. Jika anda menggunakan konsep yang berbeda pada setiap rungan maka ruangan anda akan kehilangan identitas jika dilihat dari segi fungsi. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat ruangan anda terlihat semakin sempit.

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!