5 Cara mudah menulis artikel untuk pemula

2 min read

cara mudah menulis artikel bagi pemula
0
()

5 Cara Mudah Menulis Artikel

Sesuai anjuran pemerintah seperti saat ini, menjadi penulis lepas temasuk salah satu pekerjaan yang banyak di cari. Sebelum menjadi seorang penulis, terlebih dahulu anda harus mempelajari tentang cara mudah menulis artikel yang baik bagi pemula, apabila sebelumnya Anda sama sekali belum pernah terlibat dalam pekerjaan seperti ini.

Saat ini, dengan semakin berkembang pesatnya kemajuan di berbagai bidang, utamanya teknologi, peran para penulis sangat dibutuhkan untuk membuat konten – konten berkualitas sebagai media informasi kepada para pengguna dunia maya. Dalam perusahaan – perusahan ­e-commerce, para penulis disebut sebagai content writer.

Bagi penulis yang bekerja di sebuah perusahaan e – commerce maupun media online lainnya, permasalahan yang sering dihadapi yaitu para penulis harus mampu menyelesaikan job dengan topik beragam sesuai kebutuhan perusahaan. Melalui cara mudah menulis artikel anda bisa memahami bagaimana langkah mudah dalam menulis.

Budayakan Aktivitas Gemar Membaca

Bagi Anda yang ingin mengisi konten di blog, membaca merupakan cara mudah menulis artikel yang harus dilakukan. Semakin banyak bahan bacaan yang telah Anda peroleh, maka artikel yang ditulis juga semakin baik, karena banyaknya pengetahuan yang bisa anda peroleh dari aktivitas membaca.

Gagasan anda dalam menanggapi suatu permasalahan juga semakin baik. Membaca, selain di dapat dari buku bacaan, juga bisa Anda dapatkan melalui forum diskusi, seminar, maupun membaca dari pengalaman yang pernah Anda alami sebelumnya. Setelah membaca tuangkan hasil bacaan tersebut kedalam sebuah tulisan.

Tuangkan Hasil Bacaan Menjadi Sebuah Tulisan

Agar pengetahuan yang telah diperoleh dari bahan bacaan tidak hilang, langkah mudah menulis selanjutnya yaitu Anda harus memulai untuk menuangkan bacaan agar menjadi sebuah tulisan yang utuh. Tuangkan semua bacaan yang telah anda peroleh dengan gaya bahasa Anda sendiri.

Anda bisa membuat sebuah tulisan dengan gaya bahasa sendiri, dengan tidak mengurangi esensi atau nilai – nilai yang terdapat dalam bacaan. Untuk memudahkan penulisan artikel, bawa buku catatan kecil. Buku tersebut, berisi tentang semua hal yang telah Anda peroleh, baik dari buku, diskusi dan seminar.

Pahami kaidah Menulis dalam EYD dan PUEBI

Semua penulis harus memahami EYD dan PUEBI. Baik penulis pemula maupun penulis profesional. Cara mudah untuk memahami tentang EYD maupun PUEBI yaitu anda bisa belajar melalui buku sarikata, maupun buku lain yang sejenis.

EYD merupakan Ejaaan Yang Disempurnakan, sementara PUEBI yaitu Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Keduanya merupakan kaidah dasar menulis yang harus diketahui para penulis.

Lakukan peregangan saat “writter’s block”

Apabila Anda mengalami writer’s block atau kondisi dimana penulis kehabisan ide. Untuk mengembalikannya Anda bisa menggunakan cara mudah menulis artikel yaitu dengan melakukan peregangan. Perengangan disini berarti Anda sebagai penulis istirahat sejenak dari hal – hal yang berkaitan dengan tulis menulis.

Selain beristirahat sejenak, agar pikiran menjadi fresh kembali, Anda juga bisa melakukan aktifitas lain di luar tulis – menulis, misalnya seperti melaksanakan ibadah. Melaksanakan ibadah, bermain, maupun kegiatan lainnya. Apabila pikiran dirasa sudah normal kembali, Anda bisa melanjutkan menulis artikel pertama untuk blog.

Review Kembali tulisan yang telah dibuat

Langkah terakhir yang harus diperhatikan oleh penulis pemula adalah dengan mengoreksi kembali tulisan yang telah dibuat. Hapus kata maupun kalimat yang sekiranya tidak diperlukan, sehingga tidak menguranngi fokus pembaca ketika membaca artikel yang Anda buat.

Sebelum anda benar – benar mengunggahnya pada blog, mintalah kritik dan saran kepada rekan Anda. Sebelum artikel yang telah Anda dibaca oleh orang lain, para pengguna maya, ada baiknya yang terlebih dulu membaca adalah teman dekat Anda.

Baca juga : 5 Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Menarik

Penjelasan diatas merupakan beberapa langkah dalam membuat sebuah artikel, baik untuk artikel konten blog maupun artikel lainnya. Cara mudah menulis artikel menjadi alternatif bagi para penulis, terlebih penulis pemula yang ingin menghasilkan sebuah karya lewat tulisan

Suka Artikel Ini ?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

error: Content is protected !!