Home » Cari Duit » 5 Cara Mengatasi Belitan Hutang Kartu Kredit

5 Cara Mengatasi Belitan Hutang Kartu Kredit

by Aluna
Hutang Kartu Kredit

Terlilit hutang kartu kredit sudah pasti membuat pusing tujuh keliling. Tidak hanya cicilan yang tinggi setiap bulannya. Bunga kartu kredit juga cukup membebani. Tidak jarang karena tunggakan kartu kredit ini malah jatuh lebih dalam ke hutang gali lubang tutup lubang.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menutup hutang kartu kredit. Cara-cara cerdas ini akan mampu membantu mengatasi tunggakan sampai besarnya bunga cicilan, serta denda keterlambatan pembayaran.

Bila saat ini kamu sedang mengalami beban hutang kartu kredit, cara-cara di bawah ini bisa dicoba untuk mengatasi.

1. Jangan gunakan lagi kartu kredit

Banyak orang yang memilih terus menggunakan kartu kredit, meski tunggakan belum terbayarkan. Bahkan tidak jarang yang memilih melakukan gestun atau gesek tunai untuk bisa melunasi cicilan kartu kredit.

Percayalah, cara ini hanya akan membuat kamu jatuh semakin dalam. Serta pertimbangkan juga besarnya bunga yang didapatkan.

Ketika tunggakan kartu kredit mulai menumpuk, cara pertama yang bisa dilakukan ialah berhenti menggunakan. Saat berhenti menggunakan kartu kredit memang akan ada biaya yang tetap harus dibayarkan. Namun ini tidak akan lebih besar dan membebani dibandingkan bunga bila terus menggunakan kartu kredit.

2. Buat skala prioritas

Cara kedua ini harus dilakukan bila misalnya kamu memiliki tunggakan hutang kartu kredit di lebih dari satu bank. Prioritaskan untuk menyelesaikan salah satu tunggakan lebih dulu. Setelah itu baru selesaikan yang berikutnya.

Untuk membuat skala prioritas, berikut ini beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan:

a. Bunga terbesar

Prioritaskan kartu kredit dengan bunga terbesar lebih dulu. Selain itu juga kartu kredit dengan denda bunga terbesar juga sebaiknya diprioritaskan.

BACA JUGA :  Bingung Cara Menabung untuk Beli Rumah? Inilah Tips Mudahnya!

Misalnya seperti ini. Bila kamu memiliki budget untuk membayar hutang kartu kredit Rp 1 juta setiap bulan. Cicilan minimal untuk kartu kredit A adalah Rp 300 ribu dengan bunga 4% dan kartu kredit B Rp 400 ribu dengan bunga 3%. Maka sebaiknya bayar cicilan minimak untuk kartu kredit A Rp 300 ribu dan Rp 700 ribu untuk bunga. Sehingga nantinya cicilan dan bunga kartu kredit A akan lebih cepat lunas.

b. Hutang terkecil

Pertimbangan prioritas berikutnya merupakan untuk hutang terkecil. Ini merupakan untuk total hutang terkecil, bukan cicilan tiap bulan ya. Lunasi hutang terkecil ini sehingga nantinya kamu tinggal fokus untuk nominal lebih besar.

3. Gali lubang tutup lubang, tapi..

Hutang Kartu Kredit

Cara melunasi hutang dengan gali dan tutup lubang memang tidak disarankan. Namun cara ini bisa dilakukan bila benar-benar tidak ada pilihan lain, serta tentunya dilakukan dengan tepat.

Gali lubang tutup lubang bisa dilakukan untuk melunasi hutang bila memiliki bunga lebih kecil. Serta mampu menutup hutang secara keseluruhan. Misalnya saja kamu memiliki hutang kartu kredit A dengan total Rp 3 juta dan bunga 4%. Bila hendak mengambil pinjaman atau hutang lain, sebaiknya yang mampu menutup keseluruhan hutang kredit A sekaligus bunga. Serta persentase suku bunga di bawah 4%.

Kesalahan saat menutup gali lubang dan tutup lubang ini saat bunga pinjaman berikutnya justru lebih besar. Selain itu juga nominal tidak cukup untuk benar-benar menutup hutang. Bila ini terjadi, kamu tentu hanya akan membuka halaman hutang baru.

4. Negosiasi dengan bank

Nego dengan bank bisa dilakukan saat sudah benar-benar tidak memiliki kesanggupan membayar hutang. Biasanya bank akan memberikan kelonggaran seperti memperpanjang waktu pinjaman serta menghentikan penambahan bunga hutang. Refinance ini bisa menjadi opsi lain saat sudah terjebak dengan hutang kartu kredit yang membengkak.

BACA JUGA :  Perbedaan Kredit Syariah dan Konvensional dalam Meminjam Uang

5. Tambah pemasukan

Ketika sudah menegosiasikan dengan bank pun, cicilan dan hutang tetap harus dilunasi. Cara berikutnya, dan juga menjadi pilihan paling pasti, merupakan dengan menambah pemasukan. Bisa dengan mulai mencari pekerjaan tambahan dan side job. Bisa pula dengan merelakan aset atau menggunakan tabungan untuk menutup hutang kartu kredit.

Kemudahan penggunaan kartu kredit memang membuat kita mudah sekali jauh dalam belitan hutang. Pastikan untuk selalu mengontrol manajemen keuangan sehingga tidak akan terbelit hutang.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Comment